Posted by: sinyoegie | April 14, 2011

Geraham Terakhir (Geraham Bungsu)

Sudah satu pekan ini Sinyo benar-benar dibuat tak berkutik, bengkak gusinya karena pertumbuhan gigi geraham terakhir atau bungsu. Tidur kurang nyenyak, berbicara tak nyaman apalagi makan…amit-amit susahnya. Sebenarnya apa dan bagaimana cara menangani geraham terakhir ini?

Gigi geraham terakhir atau bungsu biasanya sudah terbentuk benihnya sejak umur 12 sampai 15 tahun (hmm harus dengan rotgen), dia akan tumbuh ke atas (dalam beberapa kasus tidak tumbuh sama sekali alias terkubur di dasar rahang) sekitar umur 17 sampai 21 tahun. Tapi tidak sedikit pula yang sampai tua kayak Sinyo neh baru erupsi (muncul), padahal sudah 30 tahun lebih kekekeke.

Kala si Geraham muncul, sakitnya sungguh pedih serta nyeri, seluruh badan akan terasa panas demam dan pegal-pegal. Jangankan makan, ada air masuk dalam gusi yang bengkak saja sudah sakit bukan kepalang. Bicara susah, beraktivitas terasa tidak nyaman, apalagi jika sampai terpegang orang lain….Sinyo jamin nangis dah.

Sampai sekarang dokter gigi juga masing bingung (nah lo, mereka saja bingung apalagi kita?), sebenarnya apa fungsi gigi geraham terakhir. Menurut analisa mereka, hal ini banyak dialami penduduk Asia karena perkembangan gigi sudah semakin cepat namun tidak diikuti oleh perkembangan tulang rahang. Hanya Allah yang Maha Tahu apa tuh fungsi gigi. Yang jelas istri Sinyo pernah kehilangan gigi geraham satu buah karena busuk (hiii ketahuan jorok ya kekekeke), nah geraham terakhir itulah yang menggantikannya. So….mau sakit gigi dulu biar geraham terakhir dapat muncul dengan sukses? Kalau Sinyo mah ogah hahahaha…

Namun, untuk yang giginya utuh, maka kemunculan geraham terakhir ini lebih banyak mendatangkan masalah. Mulai dari sakit kepala dan berbagai penyakit lainnya yang berhubungan dengan urat-syaraf gigi. Hal tersebut belum termasuk susunan gigi yang akan berubah menjadi berantakan dan tak karuan. Itulah kenapa sebagian besar dokter gigi menyarankan pembedahan minor untuk gigi bungsu. Sayangnya ne, di tahun 2011 saja, sekelas RSU akan mengenakan biaya pembedahan gigi bungsu sekitar Rp 500.000,- belum termasuk rontgen. Jadi kalau di dokter spesial dapat 3 kali lipatnya, ingat itu baru satu gigi hihihiiiiiiiiiii.

Orang-orang dengan dana standart seperti Sinyo ini, rasanya sayang untuk melakukan pembedahan geraham terakhir. Duit segitu bisa buat biaya sekolah anak berapa lama tu..? Akhirnya pilihan yang paling masuk akal adalah dengan do’a, air mata, shabar dan usaha kecil-kecilan untuk menahan rasa sakit tumbuhnya gigi ini.

Nah berikut tips dari Sinyo saat gigi geraham terakhir tumbuh atau erupsi (Sinyo ini juga belum selesai tumbuhnya) untuk anda yang belum mengalaminya:

1. Siapkan bubur dan pisang untuk konsumsi sehari-hari (kadang 3 hari sampai satu pekan), dapat juga makanan lunak lainnya. Minuman berenergi atau mengandung nutrisi tinggi juga sangat dianjurkan.

2. Sediakan obat pemati rasa (di apotek, sesuai dengan saat tulisan ini dibuat, harga dosis tinggi sekitar Rp 5.000,- an/butir dengan ketahanan sekitar 6-12 jam) berbagai dosis. Saran Sinyo sebaiknya diminum saat kita memang memerlukan untuk kegiatan kerja, jika tidak hindari mengkonsumsi obat ini karena ‘racun’ kekekeke. Jadi pakai ketika keadaan benar-benar genting.

3. Cari suasana tenang dan siap-siap berdzikir setiap gigi bergerak dan gusi bengkak (percayalah ini mengurangi dosa-dosa kecil kita ;). Cobalah mengganjal dua pipi dengan bantal atau kain, hal ini sangat membantu mengurangi rasa sakit.

4. Jangan bertemu dengan teman, saudara apalagi ‘musuh’ yang usil, sekali pipi kita terpegang atau terdorong tak sengaja maka rasanya ingin lepas saja kepala ini.

5. Matikan HP atau koneksi Internet saat terasa sakit, karena takut kita akan lepas kontrol mengelola emosi sehingga dapat menimbulkan salah paham. Hidupkan saja kala sakit agak mereda dan mintalah do’a kesembuhan dari mereka.

6. Periksa gusi yang bengkak sehabis makan dan sikatlah gigi pelan-pelan (jangan sampai ada makanan masuk dalam gusi) dan kumur dengan yang segar-segar (mouthwash).

Nah, semoga membantu dan jangan khawatir jika suatu saat kita mengalaminya. Apabila memang ada duit sebaiknya cabut saja. Misalkan tak membawa masalah kita benar-benar layak bersyukur atas anugerah gigi ini. Namun yang bermasalah seperti Sinyo, yakin bahwa saat hal itu terjadi maka kita sedang dibersihkan oleh Allah. Supaya ingat dan bertobat ;)


Responses

  1. uhhh. . . gila nih, lg sakit bgt giginya, makan enak pun jd ga enak , , mksh ya info,a. . .

    Komentar Sinyo
    Shabar…..shabar dari cari obatnya, cegah selanjutnya..kalau sakit gigi ;)

  2. ugh udh 3 hari demam, gigi graham bungsu dua2nya, kanan kiri lagi erupsi ..aampuuun mpe mata merah nahannya, tlinga leher pipi panas bgt, ga bisa makan, ga bisa ngomong ditambah sariawan pula ..sakiiiit :_(

    Komentar Sinyo
    Kalau pas malam minum obat dhe beli di apotik supaya bisa tidur, agar badan tetep sehat. Minum susu atau yang bergisi sebagai ganti makan, pisang dan bubur untuk mengganjal perut. Saya hampir 3 pekan belum sembuh total…badan kurus agak drastis ne:) Shabar…shabar

  3. dinda da 25 thn br tumbuh nich si geraham bungsu, mo mati rasanya, d seminggu sakidnya, denger sinyo 3pekan,jd pgn mati

    Komentar Sinyo
    Jangan mati dulu dhe, sayang belum nikah ^_^. Shabar, kalau tidak tahan beli obat di apotik ada. tetapi pakanya kalau malam saja. Minum sereal dan bubur, dah semoga cepat sembuh ya. Itu hukum alam dari Yang Kuasa :)

  4. benar2…kepengen mati rasax…..ga tahan banget dg rasa sakitx….
    dah hampir 2 minggu kujalani penderitaanq…akibat gigi graham bungsu ini, sama dg sinyo..pdhal dah lbih 30 jg

    Komentar Sinyo
    Kalau tidak tahan beli obat di apotik yang dosis tinggi, tahan 12 jam doank ^_^. Minum sereal dan susu untuk asupan gizi :) semoga cepat sembuh

  5. Bener sekarang aku lagi kesakitan gara-gara ada gigi graham bungsu yang sedang muncul sehingga gusiku terasa sakit, sakitnya minta ampun ditambah sariawan lagi, aduh, tolong-tolong bener-bener menyiksa makan gak bisa cuma bubur aja. semoga Allah SWT cepat menyembuhkan sakit ku ini ….

    Komentar Sinyo
    Aamiin ya Allah ;)

  6. haduuuuuuuuuuuuuuuuh, skit banget nih gr2 graham bungsu. . .mana letak numbuhnya g sejajar ma graham depannya, tempat buat numbuh dah g muat. . .yg tambah nyiksa, giginya gesekan ma dinding mulut, jadi tambah penderitaannya. . .huhuhu
    moga cepet sembuh y, mau apa2 g enak, sensi mulu bawaanya :'(

    • Semoga cepat sembuh, aamiin ya Allah :)

  7. iya ini baru ngrasain tumbuh..ya ampuuun rasanyaa DAHSYAT!! tidur ga nyenyak,susah buka mulut,rasanya cenut2..mana tiap hari kuliah padat dari pagi ampe sore,,kl lagi muncul rasa sakitnya pas lg kuliah hanya bisa mengepalkan tangan,,hahahhaa
    btw makasih ya infonya..jadi tau harus ngapain…=) semoga ni gigi normal sehat wal afiat,,Amiin~

    • Sabar dan semoga cepat sembuh ^_^

  8. tx bwt infonya…
    Emng beneeer,,,,sakitnya setengah mati,,!!

    • Ma-sama, semoga cepat sembuh :) . Kalau tidak tahan beli obat saja, semangat ^_^

  9. thanks infonya… dah dua minggu nie gigi bener2 nyiksa… dah tampak sieh giginya dah merobek2 gusi tapi bengkaknya blom sembuh2 juga… sepertinya tumbuhnya miring deh :(( hiks..hiks…

    • Sabar ^_^, kalau tidak tahan beli obat pengurang sakit, tahan sekitar 16 jam yang dosis tinggi :). Tetapi jangan terlalu sering minumnya, ntar teler ^_^. Selamat berjuang, kalau ada uang bawa ke dokter biar gigi rapi dan tidak sakit lagi….oke 6_^

  10. da 3 hr nyeri geraham bungsu tumbuh.. ampuunnnn sakiitttt banget… ditambah sariawan pula.. mana lg nyusun skripsi.. komplit dah..

    • Sabar….kayaknya lagi musim ne, apalagi hawa dingin ^_^ semoga cepat sembuh :)

  11. Ampuuunn,, nyiksa banget gan !! Terpaksa tiap 4 jam sekali minum puyer bintang7.. Syukuri aja gan, mgkn ini peringatan dr Allah, agar kt smua tau bahwa umur kita smakin singkat..

    • Mas Farrel, beli obat di apotik ada yang khusus untuk tumbuhnya gigi ini, lumayan bertahan sekitar 15 jam (diminum saat benar-benar sakit saja, karena dosis tinggi). BTW, sabar ya ^_^

  12. sakittttnya gigi geraham bungsu ku tumbuh
    makan apa z jd serba salah”’

    padahal pengen banget makan bakso, mie ayam,
    aduhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  13. trimakasih atas penjelasan dan tipsnya…
    Waaah,sy sdh 5 hari ini sakit krn tumbuh gigi graham bungsu.
    MasyaAllah…nikmaaaaaat…sekali rasanya.
    buat apa2 gak nyaman. Suasana sepi aja terasa sakit,apalg rame. Waaah,bs berapi2 rasanya.
    Apalg ane kerjanya ngurus anak2 orang,buanyak sekali n rameee… Tambah nyuuut..nyuuut..nyuuuut.
    waktu ane periksakan ke dr.gigi,katanya suruh sabar,coz ini wajar.
    Dan biasanya 1 bulan lbh baru sembuh total. o..ooow…
    tp kalau sy mikir2,sayang sekali kalo dijabut. Ini kan karunia dr Allah swt.,yg wajib disyukuri.
    Mungkin saat ini qt blm tau apa manfaatnya,tp kelak pasti akan mengetahuinya.
    Temen2…minta doanya yach…
    Smg kalian tdk merasakan sakit yg seperti ini…
    Amin..
    Thanx..

    • Semoga cepat sembuh dan kembali beraktivitas lagi. Saat mengajar minum obat saja dulu, lumayan tahan 12 jam ^_^, sabar ya.

  14. huaaaa ternyata diumur 18tahun muncul gigi bungsu.Tadinya aq kira sakit gigi biasa.Eh ternyata gigi bungsu nongol.Huaaa gak enak banget rasanya.Mau makan sulit minta ampun.Udah 2 hari ini aq ngrasain sakit.Semoga cepat hilang rasa sakit ini.Biar aq bsa konsen lagi belajar buat snmptn.Aaamin…..

    • Itu normal dik :), beli obat lumayan tahan 12 jam kalau pas pelajar atau ujian. Semangat semoga lolos ya, aamiin. Cepet Sembuh ^_^

  15. Apa yg anda tulis mewakili yg kurasakan 1Minggu ini. Tp makanan apapun tetap kumakan gak harus bubur……… Yg bermasalah gusi tapi Kepala pundak lutut kakiq merasakan jua

    • Semangat ya mbak Ida, semoga cepat sembuh :)

  16. emm saya juga sedang menderita sakit yang 1 ini…
    kenapa pertumbuhan gigi geraham dibarengi sariawan ya…
    aw aw aw…
    nyeriiii semua rasanya mulut ini… :'(
    kalau dibiarin atau ga di operasi2 gituh bahaya nggak ya???

    • Ada yang berbahaya ada yang tidak, berbahaya maksudnya sakit saja, kalau sampai meninggal sih tidak ^_^. Punya Nyo karena dibiarin gigi gerahan depannya hancur, kalah sama yang bungsu :)

  17. Ia nie , ak ckrg jg ge dlm keadaan serupa,mpe skt smua , pipi , gigi , telinga , mata jd ikt sdih jadi’a…
    Do’ain ak ea biar cpt smbuh,g thn nie…

    • Semoga cepat sembuh ya dik, sabar ^_^

  18. Samaa..rasanya cekot-cekot..aku udh 4hari nih..gusinya ak oleskan albothyl aja tiap hari..

    Sinyo dl akhirnya sembuh brp lama?

    • Ada obatnya kok mbak, tetapi dosis tinggi hanya bertahan sekitar 6-8 jam, beli saja di apotik. Sinyo sembuh biasanya sekitar sepekan (setiap gigi dalam proses nongol), jadi byangkan tuh sampai selesai :) tumbuh normal. Harusnya salah satu gigi diambil agar tidak berantakan. Maklum karena duit cekak, maka yah apa adanya saja. Sakit dinikmati ^_^ semoga cepat sembuh :)

  19. nasib saya serupa -_-
    umur udh 24 msh numbuh gigi belakang.. pertama saya pikir sariawan, 5 hari pertama makan masih bisa walo nahan sakit sdikit, hari ini makan bubur aja udh susah setengah mati.. pakek cataflam yg 50g manjur ga ya buat ngilangin sakit?

    • Ada di apotik obatnya, tahan sekitar 12 jam, lumayan dipakai ketika malam hari saat tidur. Minum yang bergizi pengganti makan, semangat ya ^_^ (tanya penjual di apotik tahu kok)

  20. *ralat, maksudnya cataflam 50mg

  21. sakiiitttttt kayak ngemut permen ga abis abis permennya,,,hahhaahaa…mau makan susah,,,tapi ada hikmahnya juga sih pertumbuhan gigi geraham aku,,kan ini bulan puasa..hehe jadi ga makan,,,tapi pekerjaan aku melayang di udara tiap hari,,,jadi tambah sakit kena pressure,,,gmna doonk,,,bantu doa ya,,

    • Sabar mbak Ani, semoga cepat sembuh. Kalau tidak tahan beli obat di apotik ^_^ lumayan mengurangi sakit selama 6-8 jam :)

  22. kebetulan nih aku juga lagi ngrasain tumbuhnya gigi reraham bungsu , hheheh buat buka mulut aj sakit, hhheheeh moga cepet sembuhhhh yang lagi tumbuh gigi geraham bungsu

    • Semoga cepat sembuh mas Arif ^_^, sabar :)

  23. makasiihh yah tips nya. bnr2 amat sgt membantuu.. :)
    sy jga dlm masa galaiuuu2 bgt nya sakit gigi… udah sekitar 2mingguan. makin hari makin sakit
    dr kepala smpe dagu sakit smwa. gigi depannya berasa kedorong sm ni gigi bungsu.
    pengen mkn ini itu gag bisa enak.T_T
    bnr2 cara diet alamii ni.. cm bsa mkn bubur aja jdnya… T_T
    oh ya, sy di kasih tau tmn sih berkumur dg air garam setiap abis makan, mgkn sprt antibiotik alami. jd mencegah infeksi krn sisa mknan yg masuk. hehehee..
    doa’in cpt sembuh yahh.

    • Semangat ^_^ , semoga cepat sembuh :) aamiin…

  24. emang sakit betul kalo pas nyerinya kambuh q ja pernah 3 hari 3 malam g sembuh2 tuh nyeri. g bisa makan minm tidur dan akhirnya q teriak sekencang2nya biar dah tetangga keganggu sedkit wkwkkwk g tahahhaannnn

    akhirnya kata bos ku untuk menurangi gejala sakitnya minum ja vitamin C, perbanyak konsumsi vitamin c baik yang tablet to yang cair kayak you c.

    q coba alhamdulillah stelah minum nyerinya agak reda, jadi boleh di coba minum vit c sehari sekali tiap hari kalo sakitnya mulai jarang datang kurangi konsumsinya jadi seminggu 2-3 kali.

    • Terima kasih atas masukannya mbak/mas Lastrik, semoga membantu teman-teman yang sedang mengalami tumbuh kembang gigi bungsu ^_^. Semoga dibalas dengan kebaikan yang banyak :) aamiin.

  25. Saya juga lagi menderita penyakit serupa nih om. Saya suka sekali dengan postingnya. Apalagi kalimat penutupnya itu. Bikin tambah sabar serta malah bersyukur. Alhamdulillah, terimakasih om sinyoegie. :-)

    • Sabar mas Andung dan semoga lekas sembuh ^_^

  26. Ia neh, sakit nya gak ilang udah 3hari….

    • Semoga cepat sembuh, sabar ^_^

      • Adohh,,ampon dj sakit nya…
        Jadi kepengen mati ja…
        Sariawan pula ge…
        Pdhl udah 2 hari sakit nya gk hilang2…

      • Beli obat mbak ^_^, sabar dan semoga cepat sembuh :)

  27. Aku dah ampir satu minggu ne sakit nya
    awal nya aku kira sakit biasa demam meriang nyeri tulang atau masuk angin atau krna kcapean
    stelah 3 hari baru trasa skit di mulut, langit2 nya lidah gusi pd sakit.kirain jg panas dalam. Lama2 baru sadar mgkin ada gigi yg tumbuh. Tnyata benerrrr….. Di sudut sana ada gigi yg udah mengoyak dinding mulut. Sakit banget rasanya, mkn apapun ga bs. Bdn lemas krna ga mkn nasi. Ampuuuuuunnnn deh sakit nya ga ketulungan.
    Stelah baca artikel ini aq baru bnr2 yakin klo lg tumbuh gigi. Trus brani minum obat sakit gigi. Makasiya….

    • Semangat ^_^, semoga cepat sembuh :)

  28. Hiks… sama, lagi ngrasaiin sakitnya gigi graham numbuh…. mana harus kerja sama kuliah pula, ampuuuunnnnn…..

    tapi ada sisi positifnya sik, saya yang smula gembul jadi seksian dikit #eh :p

    soalnya udah 3 hari kaga makan, cuman minum air putih ma mung bean kotakan doank :( lemes bin pusing….

    • Beli obat dik, supaya bisa mengurangi rasa sakit waktu malam hari agar dapat istirahat. Cari minuman yang berernergi, semoga cepat sembuh :)

  29. Huaaaaaa.. Ak jg lg ngerasain skitnya ni. Geraham kiri atas numbuhnya miring g sejajar sm gigi dpnnya.. Trus jg sariawan dlm bgt bnyk bgt dskitar gusi yg bengkak itu. Mkn skit. Buka mulut jg skit. Albothil tiap hari g mempan. Cataflam jg g mempan. Amoxilin 3x sehari jh g mmpan. Gmn dong ni . Udah 5 hari blm sembuh jg. Kalo sminggu gmn g kurus ntar.. Yg pny cara buat mengurangi skitnya share donk tmen2. Tq… Ak 25th..

    • Waaaa…kalau yang ini tampaknya parah sekali neh, segera dibawa ke dokter saja agar ditangani secepatnya. Semoga cepat sembuh dan sabar ya :)

  30. Aku jg lagi ngalamin gigi bungsu tumbuh kayaknya… Tp kok ini diikuti sm sakit tenggorokan ya? Susah sekali buat menelan makanan, jangankan makanan utk menelan ludah saja suakittt.. Saya jd bingung ini saya benar Sdg ngalamin prtmbuhan gigi bungsu ato ga.. Thankyouuu

    • Mungkin mbak Ratna sedang gigi tumbuh sekaligus panas dalam yang menyebabkan kerongkongan ‘sariawan’. Kalau bahasa Jawa bernama ‘pancingen’. Waduh doble-doble tuh mbak sakitnya, sebaiknya dibawa ke dokter saja agar diberi obat yang mujarab :). Semoga cepat sembuh ^_^

  31. umurku baru 20 tahun, dan aku sudah merasakan sakitnya si gigi bungsu ini…
    huuuaaa, kenapa tuh gigi gag tumbuh sekalian pas aku kecil aja sih, kenapa baru nonggol sekarang…
    sakit nya masyaaa allah..
    bikin galau lahir batin (︶﹏︶)

    • Justru itu normal mas Sasa, umur 17-25 gigi bungsu baru nongol. Kalau di atas 25 itu baru abnormal termasuk saya yang tumbuh di atas umur 30-an tahun…merana doble ^_^. Semoga cepat sembuh :)

  32. ampun,,,.
    gatal, pedih sakit,,,.
    erupsinya sih udah ampir 1 bulan tapi kenapa sakitnya baru sekarang dan gigiku baru nongol sedikit aj….
    kira-kira nyampe tumbuh sempurna itu berapa bulan ya????

    • Tergantung pertumbuhan gigi masing-masing, ada yang agak cepat tetapi tidak sedikit yang lambat (posisi gigi juga berpengaruh). Pada kejadian yang saya alami tumbuh sampai tuntas sekitar 4 tahun -_- …………..lama sekali ihik. Semoga cepat sembuh :)

  33. sabr2,, aq jg lg nglamin sakit tumbuh gi2 geraham bungsu,, udah bertahun2 tapi gak sempurna2 jg,, haduh,, skitnya sering kambuh,, rasanya mau pingsan aja,, biasanya kalo udah nyeri aku kasih bawang putih yang ditumbuk terus dikasih garam sdikit, ditempelin dah tu ke gi2 geraham yang nongol, lumayan bisa ngurangin rasa nyeri,,yang mau cb silahkan, smoga bermanfaat. ;)

    • Terima kasih atas masukannya ^_^, sama dengan saya tahunan baru sempurna :)

  34. nanya dong, benerann itu gigi bungsunya ga dioperasi? terus gimana, keluar gitu giginya? :/ soalnya saya juga mengalami hal yang sama sangaaaattt sakit terutama kambuh di sore-malam :( terima kasih

    • Sebaiknya dioperasi kalau ada biaya, kalau saya kagak kuat biayanya -_- , semoga cepat sembuh :)

  35. Beeehhh bener2 sakitnya mnta ampun…bdanku nyampe demam ƍäª bsa mkn buat ngmng ma nelen ludah ajaa sakit beuuuddd….

    • Semoga cepat sembuh mbak Yulia, untuk mengurangi rasa sakit beli saja obat di apotik, lumayan 12 jam bisa tidur nyenyak ^_^

  36. wah,,,ane juga sakit kaya gitu,,,udah 4 hari,,yang ane tanyakan setelah seminggu sakiitnya reda ga mas….??

    • Tergantung dik, itu kan tumbuh keluar terus sampai utuh secara bertahap. Nah tahapan-tahapan itu kadang antara 3 hari sampai 1 pekan lebih. Kalau sedang ada aktivitas sebaiknya minum obat agar menahan rasa sakit, sabar ya dan semoga cepat sembuh :)

      • Haduuhh…. mending qu dikejar anjing,, dikejar setan.. sumpah gigi aqu skit bgt…. udah dua hari ini nyeri gk karuan menyerangku.. gr2 mo tumbuh gibungnya,, dri cataflam.asam mefenamat,amoxillin udah diminum tpi cuma bertahan 2 – 3 jam ajha,,, jdi musty minum obat tyuz,,, ya Allah…. sakitttt…. gimana caranya biar cpt ilang nyeri..n cenut2nya…. hikzhiikzz…

      • Sebaiknya kalau sudah benar-benar mengganggu aktivitas bawa ke dokter agar mendapat perawatan, minum banyak vitamin dan makan bubur. Semangat dan semoga cepat sembuh :), aamiin.

  37. Bener bgt,,knp hrus numbuh d saat sibuk ginie..apalagi klo pas dines malem rasa’y pgen uring2an ajh

    • Sabar mbak Widie, memang cobaan bagi kebanyakan manusia terutama Asia Tenggara (pada orang Eropa atau Amerika jarang ditemukan), semoga cepat sembuh dan tetap semangat menjalani hidup :)

  38. Emang sakit sekali… dah hampir 2 taun, gigiku sering kumat sakitnya..
    mau cabut gigi, ngeri mbayanginnya..

    • Juga ngeri ‘duit’ yang harus keluar jika operasi ^_^, sabar dan semoga lekas selesai ya mbak :)

  39. umur ku 21th gan awalny kena gigi sensit5if d geraham depan eh pas sembuh tba2 gigi geraham pling ujung bagian atas da yg nongol. skt minta ampun. klo nutup mulut gigi keswenggol ja skt bgt T___T bru 2 hr nih haduh…

    • Umur 21 masih dalam batas ‘normal’ gigi bungsu. Kalau membaca keluhannya sebaiknya dibawa ke dokter karena benar-benar mengganggu, ayo segera ke dokter ;)

  40. Adddduuuuuuhhhhhhhh……. Sakiitttt,,,,,,,
    Tp msh harus ngurusin si kecil sendirian……
    Mau d cuekin, ga mungkin….
    D minta ngert, apalagi….
    Hhhmmmm……

    • Kalau tidak sedang menyusui, sebaiknya minum obat agar berkurang sakitnya terutama pada malam hari. Jika dengan obat masih belum berkurang sebaiknya segera diebawa ke dokter :). Semoga cepat sembuh..

  41. hari keempat ngrasain ngilunya… g hanya di bag giginya, tapi tenggorokan juga.
    buat nelen ludah aja sakit banget…
    hehehe, ada hikmahnya juga sih, yg jelas makan berkurang
    n lebih banyak diam…

    dibawa enjoy ajah…
    makasih om infonya.

    • Sabar dan semoga cepat sembuh ^_^ , aamiin ya Allah.

  42. sakit bukan main emang….kalo ke dokter kira’ d apain ya ma dokter?gusi bengkak sampe menonjol d leher…

    • Biasanya dikasih obat mbak, tindakan operasi kalau sudah sembuh :)

  43. haduh….uda 5hari ni nyeri gara” tmbh gigi bungsunya
    mau makan jadi males…sakit…..
    kok tumbh giginya miring gak sama kyk depannya ya…
    ampun dah,,,,,

    • Gigi bungsu biasanya miring atau menabrak gigi lainnya, salah satu akan kalah atau berantakan semua. Sebaiknya konstultasikan kepada dokter, semoga cepat sembuh ^_^

  44. sakitnya sih gak seberapa.. cuman pening ikut2an sakit…
    sudah ke apotik beli obat gusi gigi numbuh ,, sehari 3x.. hari pertama lumayan entengan minum 4x.. hari kedua kayak gak mempan lagi obatnya.. sudah diminum 4x sehari gak adem2. malah berdarah,,, apa lagi mecar gusi ya,, udah keliatan kok seperempat..
    ditambak koneksi lelet… kayaknya dah pas banget tuh kolaborasi,,
    kakkakakkakak
    pasti ada hikmahnya… lagi aku nikmatinnn….

    • Coba dibawa ke dokter, mungkin perlu penanganan khusus? tetapi jika memang tahan…lanjut menikmati tumbuhnya gigi bungsu ^_^ . Semoga cepat sembuh :)

  45. rasanyaa DAHSYAT!! tidur ga nyenyak,susah buka mulut,rasanya cenut2.tumbuhnya gigi graham kiri yg atas miring jd tmbh parah gusinya sobek+bengkak

    • Sabar…kalau sudah tidak tahan beli saja obat di apotik atau toko obat, nanti akan dipilih yang sesuai. Semoga cepat sembuh, kalau tidak ingin gigi berantakan bawa saja ke dokter ^_^ semangat :)

  46. saya umur 17 tahun, skrg geraham bungsu kiri belakang lagi berusaha nongol ,dan rasanya sakit bgt gusinya :”(
    tapi anehnya ,kok tenggorokan sebelah kiri saya juga sakit ya?
    Apakah cuma sy yg seperti ini? Makan jadi makin menderita..kumur ga enak, apalagi sikat gigi..huhuhu

    • Biasanya memang begitu dik, jadi sekalian sariawan segala. Tidak cuma makan, bahkan minum kadang juga sakit ^_^ . Coba kalau tidak tahan bawa ke dokter atau beli obat di apotik untuk mengurangi sakit. Sabar dan semoga cepat sembuh :)

  47. Gigi geraham hancur dan tumbuh kembali setelah 17 tahunAku udah 1,5 bulan sakit gigi gara” si gigi bungsu muncul =.= . Gigi geraham aku yg satunya masih utuh, tapi tiba” ada berlubang dan rapuh, pas diperiksa eh ternyata gigi bungsu nongol. Menderita bgt apa lagi pas final semester :( . Pas udah beli cataflam 50 mg lumayan bisa senyum meski sampai sekarang pipi aku agak bengkak sebelah kanan

    • Sama dengan saya, tetapi geraham depan terdorong hingga hancur lebur (tersisa sedikit ^_^ ), semoga cepat sembuh dan sabar :)

  48. mas mw tanya nih haduh gk perlu ke dokter bisa sembuh dengan sendirinya? kira-kira brp lama ya? udah 3 hari nyeri haha, trus tanya mas kok tenggorokan buat menelan ikut sakit juga ya? apa mas pernah ngalamin tenggorokan sakit juga saat si bungsu tumbuh terimakasih mas hehe

    • Bisa, tetapi ya itu harus tahan banting. Saya juga tidak ke dokter kok, cuma kalau sedang sakit tingkat dewa beli obat di apotik untuk mengurangi rasa nyeri. Iya tenggorokan juga ikut sakit, entah penyebabnya sariawan atau ada hubungannya dengan tumbuh gigi, itu beberapa teman juga mengalami hal yang sama.

      Sabar dan tetap tenang (kurusan sedikit kok ^_^ )

  49. mas,,,kalo saya udah 2 minggu blum sembuh2,,,,
    kalo normalnya berapa lama si mas???

    • Bawa ke dokter saja mas, biasanya sepekan sudah sembuh…tetapi nanti tumbuh lagi sampai tuntas. Jadi sakit itu ada karena gigi mau muncul, bertahap. Ada yang smapai setahun atau lebih :)

  50. Asli deh sakitnya…. mau tidak mau harus di than…… mudah mudahan gak ada yg nyebelin di sekitar gw… senggol dikit gw gampar… ughhhhhhhh….

    • Sabar…jangan main gampar ntar saling gampar malah ^_^ , semoga cepat sembuh :)

  51. ass… sudah 3 hari ini gigi bagian kanan bawah belakang sakit karena tumbuh gigi… gak kuat rasanya nahan sakit yang melebihi sakit gigi… pengen nagis aja rasanya .. mau tidur susah.. jangankan makan buat nelen aja gak bisa.. mau ngomong susah… gimana nih solusinya.. dah di bawa kedokter dah di kasih anti biotik tapi masih aja cenut2.. apakah harus di cabut giginya atau harus di adakan operasi kecil2an atau pengangkatan gusi… sedih sekali rasanya…..

    • Wa’alaikumussalam. Mbak Anisa, coba konsultasikan kepada dokter ahli gigi, kalau memang bedak kecil memang terbaik akan dilaksanakan setelah sakit hilang. Obat anti sakit coba digerus dulu sehingga dapat diminum. Sabar dan semoga akan mendapatkan solusinya :)

  52. mantappp nich gan,, ane juga ngalami,,, rasa x nikmat banget,,, sampai” udah gk ada nafsu makan.

    Mohon do’a x gan, semoga ane tetep kuat menghadapi ini semua.

    • Semoga cepat sembuh, aamiin :) Sabar ya mas ^_^

  53. aku jg mengalami itu…klo lagi akut sakitnya lebih parah dri yg seblunnya…ku baca2 artikel gigi bungsu tumbuh ternyata jgn dianggap remeh loh…klo udah kena ini.ada hikmatnya supaya kita rajin sering2 gosok gigi n pake mouthwash supaya gigi kita tetep steril…karna kuman2 itu klo udah masuk k gigi geraham akan menyebabkan infeksi..dan infeksi menyebabkan kista di rahang..dan akhirnya kista akan menyebabkan kanker tulang rahang…ada baiknya kita menabung untuk nantinya biaya pembedahan..mencegah dgn menjaga kebersihan mulut itu perlu ..

    • Terima kasih atas masukannya :) semoga dibalas dengan kebaikan yang banyak.

  54. ya ampun tak kira cuma aq aja yang ngrasain ini,sakitx minta ampun nyeri,gatal,perih campur aduk jd satu & aq pasti langganan sakit kyk gini,,,,udah di saranin ma dokter buat cabut gi2 tp bener mas sinyo mahal,,,,1,5 jt /gi2x apa ngak 3 jt kalau 2 gi2,,,,,aq salut ma mas sinyo buat artikel ini sedikit byak nampung & dengerin keluhan teman2 yg lgi skit menyiksa kayak gini,,,,,,,,,,tp obat apotikx itu apa????

    • Akan dibantu oleh mbak2 yang jaga apotek, macam2 kok. Semoga cepat sehat ya :) Semangat…

  55. saya sudah yg keberapa x ngalaminnya, karena munculnya perlahan2 dan ganti2an…skrg lg sakit lebih dr yg kmren2, karena siap cabut gigi geraham jg, tiba2 si gigi bungsu malah muncul, lengkaplah sudah T_T

    • Sabar mas, saya juga lama tahunan baru selesai. memang tergantung dari keadaan rahang masing-masing. Semoga cepat sembuh :)

  56. broo,ente brpa lama itu beres erupsi gigi grham nyaa,nanti klo dah beres gmna itu,gw sakitt bngt ini asliii dahh udah seminggu kenaa

  57. setelah aq bca artikel and komen dr tmen2 rsanya jd semangt buat nahan sakit,, ku kira cma aq yg ngrasain sakit kyak gitu,, gusi sakit, buat mksn sakit, buat nelen sakit, buka mulut sakit, diem aja sakit, apalagi bicara,,, trnyata stelah aq periksa,kata dkter aq mau tumbuh gigi.. aq kaget bgt… akhirnya aq sruh beli betadin kumur…tp mlah stelh kmur skit bgt n pusing,, y allah,, semoga giginya tumbuh dg baik dan baik2 saja.amin,,,

    • Semangat dan sabar ya :)

  58. sakit banget rasa.a . rasa’a gk kpengen punya gigi dah .
    bdan semua sakit bnget .

    • Sabar mas Joshua, setelah sembuh pasti senang lagi punya gigi. Semoga cepat sembuh :)

  59. Berbagi ceritaaa… ak jugh ngalamin yg sama. Graham bungsu bru numbuh, dn yg bikin suakit bener itu, kta dokter karena lahan untuk dia Numbuh itu sempit.,tersiksa sm sakitnya. smpe2 ak hrs sediain obat terus di kantong. Krn klo skit ny kmbh tersa pengen mati aj. Tp betul kta Pak Sinyo, dgn bgtu ak sering Banget zikir Smbl nangis. Solat bhkn smbl nangis Jg. Skitny it dikepla kyk Migran luar binasa.. smpe keleher2.. tp takut jg klo hrs minm obt trs. Aplg obt ny dosis tinggi. Mau opersi gigi grham Aj Sih, tp blm nyiapin nyali..

    • Semoga cepat sembuh, kalau saya bukan takut operasi tetapi karena kagak ada duitnya ^_^ kekekee…semangat :)

  60. bnrn dh qu tumbuh kanan kiri skt smp ke kepala panas dingin gmna dnk biar smbh…

    • Ke apotek beli obat sementara untuk mengurangi rasa sakit, nanti tanya petugas/penjaga apotek, mereka sudah tahu. Better bawa ke dokter :) Semoga cepat sembuh.

  61. omagaaahh ,, sakit gigi yang ini luar biasa banget ,, lebih” dari sakit gigi yang biasanya ,, mau gigit ajah harus berjuang dulu sambil nangis-nangis karna saking sakitnya ,, mau tumbuh ajah harus di tampol dulu nih gigi..
    alhasil cuma bisa makan makanan yang berkuah seperti soup , soto ,, dan itupun cuma kuahnya ajah yang di makan ,, isinya nggak di makan sama sekali,, :'(

    • Bubur dan sereal termasuk yang wajib, telen langsung tidak usah memikirkan rasa, paling penting perut ada isinya. Tetap semangat dan semoga cepat sembuh :)

  62. ahhhh…..banyakk ngomongg…loeh…….nih gue sakit sekali ini gigi saya…. T_T, btw thanks atas tipsnya…..

    • Semoga cepat sembuh ya ^_^

  63. aaaakkkkk ini udah 3 hari sakit bgt
    padahal lg sibuk nyusun tugas akhir
    rasanya tuh pengen dcabut aja sekalian giginya
    btw thanks infonya

    • Sabar, segera meinum obat agar tugas akhir berjalan lancar. Semoga cepat sembuh :)

      • Uda hampir seminggu nie gigi sakit :(
        Padahal numbuh uda dari 2 tahun lalu tp belum sempurna malah berlubang dan parahnya senin kemarin ada makanan masuk lubang pas lg kunyah sakit ampe sekarang…
        Terutama 2 malam ini gak bisa tidur pala pusing,cenut” sakit banget T_T

        Uda besok minggu nunggu senen baru ke dokter gigi T_T gak kuattttttttt~

        Thanks tips na berguna banget obat penghilang sakit besok cb cari cukup untuk mau tidur az …

      • Iya mbak Risma, bawa ke dokter saja, sudah termasuk parah itu. Saya juga tahunan baru muncul, hanya saja karena tidak ada dana untuk ke dokter jadi dinikmati. Semoga cepat sembuh dan sabar :)

  64. ada yang bisa tolong ga, udah terlalu lama nih gigiku tumbuhnya lambat banget, udah hampir 2 tahun sering nyeri tp waktu tahun lalu msh ujungnya aja, masuk tahun ini gusinya lebih mekar, aku udah 1 bulan nahan sakit hampir tiap hari ):, udah minum obat penahan sakit juga hampir tiap hari, tp lama2 takut juga efek obatnya, gimana dong…sakitnya sampe ke kepala, mata cenut2, bahkan kalo nyeri banget rasanya sampe di punggung, pokoknya serasa nyerang syaraf2, stress jadinya, mau bedah takut ada efek samping utk syaraf, ada yg punya advice?please..menderita banget..

    • sama gigi ku juga numbuhnya sangat perlahan… dari umur 17 sampai skrg 20 kambuh lagi :(

  65. Tq bro…tpi sumpah skt amat nigh gusi,mungkn tips di atas bsa membantu…

    • Semoga cepat sembuh mas Miko, sabar :)

  66. Parah banget ni, dari jam 5 sore sampe 5 pagi gk bisa tidur, rasanya gusi kaya di bedah hidup hidup….,*sabar2 , but makasih tips2 nya…

    • semoga cepat sembuh, kalau pas malam beli obat penahan rasa nyeri di apotek biar bisa tidur :) sabar… 6_^

  67. sinyo mau tanya nih, gigi bua bawah kena kulit kegigit gigit jadi nimbulin sariawan, nyiksa bgt :( apakah sama cara pengobatannya
    triiims

    • Dear mbak Yulia, kalau itu kayaknya letak gigi tidak normal. Sebaiknya dibawa ke dokter mbak untuk ditata ulang (pakai behel kali nanti), gak bisa ngebayangin sariawan terus setiap hari…semoga lekas menemukan solusi ya mbak :)

  68. wah saya juga punya pengalaman mengenai graham….dulu pas graham bungsu tumbuh di sebelah kiri bawah rasanya sakit bukan main…sakit sekitar 3 bulanan tapi ga skit terus2an,,kadang sebulan kambuh 2-3x…pas udah nongol gedhe tu gigi malah bawa2 masalah lain…gusi ane robeknya gedhe banget..malah jadi tempat nampung sisa makanan…dan parahnya udah gosok gigi pun ga bakalan ilang tuh sisa makanan,,,ya harus dikorek manual…kalao tiap habis makan harus bersihin ya repotnya minta ampun….pada akhirnya ane biarin abis makan cuma gosok gigi doang ga pake korek2an lagi…eh suatu hari gusi ane terasa sakit..makin hari makin sakit..dan akhirnya bengkak gede dan sakitnya bukan kepalang..sampe malu kalo keluar saking bengkaknya nih pipi…obat penghilang rasa sakit yang ane beli pun g bisa ngilangin tuh sakit…dan seperti ada yang tumbuh digusi ane..soalnya kalo dielus2 pipi rasanya kok keras gitu…setelah menahan sakit sekitar semingguan ane beraniin diri buat mencet tuh pipi yang kerasa keras kalo dielus, soalnya penasaran..meski nahan sakit yg luar biasa pas mencetnya ane coba tahan…dan alagkah terkejutnya saya ternyata mulut ane udah penuh dengan nanah…saya sempet muntah setelah tau itu nanah…ternyata yg bikin pipi saya bengkak itu merupakan infeksi yg dihasilkan oleh sisa2 makanan yg bersembunyi di sela gusi…setelah nanah dikeluarkan pipi mulai berkurang bengkaknya dan perlahan sembuh sampe sekarang dan ga kambuh lagi…..dan itu sudah sekitar setahun lalu….kabar buruk menimpa ane…sekarang graham bungsu tumbuh lagi..tapi sekarang di bagian kanan bawah…ya Allah kuatkan hambaMU ini…sorry kalo terlalu panjang,,, :D

    • Ya Allah, seram amat pengalamannya sampai bengkak. Iya memang jangan sampai ada sisa makanan tertinggal di gusi, kalau saya mendingan puasa saja dah….minum itamin atau susu saja sebagai bahan energi. Semoga cepat sembuh dan lahirlah gigi terakhir ^_^ , cemungud :)

  69. gusi graham bengkak udah aku alami sejak 17 thn, dan kejadiannya lebih dari 3x, sekitar 1 tahun yg lalu akhirnya numbuh juga cuma kecil.
    skrg usiaku 20 tahun gusi graham kiriku kembali sakit dan semakin sakit di hari ke 4, posisi gigi graham bungsu kiri dan kanan udah lumayan gede, tapi tetap blum sesuai dengan ukuran semestinya. posisinya pun miring skrg yg sangat sakit sebelah kiri bengkak gak bisa mingkem, posisinya pun miring, udah minum kataflam sama obat kumur cuma mereda sementara. hari ke 4 ini bener paling puncak rasa sakitnya sgt mengganggu aktivitas :( kepala leher demam, dan seluruh tubuh meriang dan menggigil kedinginan. entah sampai kapan penderitaan ini

    • Bawa ke dokter mas, saya juga lama sekali prosesnya (proses setiap orang berbeda, tetapi ada yang langka mungkin termasuk mas). Nyo bahkan sampai umur kepala 3 baru selesai. Kalau sudah tidak kuat segera dibawa ke dokter , takutnya ada kelainan mas. cepat sembuh dan semoga sabar :)

  70. seminggu ini saya merasakan rasa sakit yg ruar biasa akibat dari tubuhnya gigi bungsu padahal saya sudah berusia 37 tahun,ketika rasa sakit itu datang saya mengkonsumis antibiotik memang sesaat hilang rasa sakit itu,buat sinyo trimakasih infonya sangat bermanfaat bagi kita………

    • Sama dengan saya mas Acep, terlambat tumbuhnya. Sabar dan atwakal mas, insyaa Allah banyak hikmahnya :). Semoga cepat sembuh.

  71. dari umur 18th hingga sekarang 25th,gigiku blm tuntas tumbuhnya. klo numbuh dikit,trs berhenti, dan berulang2.
    Kayaknya yg tahun ini tumbuhnya sudah mau tuntas.
    tapi ini rasanya yang paling “dahsyat”. sdh satu mggu bengkaknya.
    kbtln bln puasa,jadi gk makan n kumatnya pas malem.
    btw,thanx ats infonya. :-)

    • Iya mas Ahong, kadang memang perlu waktu lama ada yang terlambat hingga umur 35 tahun ke atas, sabar dan tetap semangat menunggu lahirnya si gigi bungsu :)

  72. hadeww… aq juga lagi ngalamin sakit bangettt… bengkak lagi.. hadeww… termasuk mas sinyo ini hebat yach.. g ke dokter juga.. ini kata dokter juga harus di cabut.. hadeww… takut + biaya mahal pula. kemarin gigi bawah sebelah kanan. gigi bawah sebelah kanan udah enakan ganti sekarang sebelah kiri bawah.. hadewwwww sakit bangetttttttt… bengkak juga lagi… dikasih cataflam, amoxilin, neuralgin g mempan. jadi harus nahan sakitnya ini… tapi mas sinyo gpp juga ya g di operasi gitu?? apa g sakit2 terus?

    • Gpp dik, cuma ya itu: gigi berantakan bahkan ada yang pecah karena terdorong oleh yang baru. Tapi gpplah, saya bukan artis juga, yang penting istri terima kekekekek ^_^ . Semoga cepat sembuh dan tetap semangat :)

  73. sepppp… thanks buat info nya…. :)

    • Sama-sama semoga bermanfaat :)

  74. bisa tidak kita opersi gigi bungsu dengan cara suntik tidur

    • Kalau setahu saya operasi gigi bius lokal, tetapi supaya lebih jelas langsung saja konsultasi kepada dokter gigi mas :)

  75. Aduh aku udah dariumur 15 nglamin ini. skrg 17 masih aja berlanjut. lagi jaman ujian. susah mau bolos. mau belajar aja susah. mau istirahat gak tenang. serba susah. Tapi setlh bca postingan ini jadi agak smgt.
    Mau tnya emg klo pipi bgka itu gara2 apa? nanah? mohon doanya aja yaa

    • Berarti agak awal ya, karena normalnya sekitar umur 17-an tahun. Bengkak biasanya karena efek dari pembengkakan gusi saat gigi akan bergerak atau tumbuh. Sedangkan jika timbul nanah biasanya karena saat bengkak ada ‘bakteri’ atau makhluk asing yang tertinggal di lubang tempat bengkak gusi. Sebaiknya saat bengkak hindari mengunyah pada bagian yang bengkak atau cukup minum sereal, mineral sebagai pengganti cairan tubuh dan vitamin untuk menghindari makan (puasa dahulu dari makan).

      Tetap semangat dan lekas sembuh :)

  76. Nut nut………nuT………nyeRi nya foooooooL,jgan janaGan jangaaaaaaaaaaan lgi ckuP ni Za…..gara2 gigi gRahAm paNggiLan krJa gx tAk tRimA:'(

    CpT,cPt Lah semBuh gi2 dan guSi ku……………

    • Semoga cepat sembuh Mbak Shinta, jika tidak kuat segera dibawa ke dokter untuk diberi obat. Tetap semangat ya :)

  77. Talita-28 taon…
    saat aq ngomen nih… lg nahan cenat-cenut nih gusi… astagaaa… rasanya bikin galau…graham yg udh ada jd sakit banget…kesentuh (br kesentuh loh) sm graham atas sakitnya ampuunnn… byangin kl ga sengaja kebentur tuh…udh seminggu nih… smpai kapan kah selesainya… hikzz

    • Biasanya gigi tumbuh sempurna dalam hitungan tahun (1, 2 atau lebih), sakit terasa saat pediode tumbuh yang dapat datang kapan saja. Sebaiknya minum sereal dahulu sebagai pengganti makanan (minum vitamin serta mineral juga) dan beli obat di apotek (better ke dokter saja) untuk mengurangi rasa sakit. Jika ada uang berlebih dicabut saja gigi bungsunya (lewat operasi kecil) agar tidak merusak susunan gigi yang sudah ada. Tetap semangat dan sabar ya :) Semoga lekas sembuh.

      • gigi bungsunya smp skrg belum nongol… cm sakit n bengkaknya doang yg nongol dluan… biasanya munculnya di hari keberapa sih setelah merasakan sakit??

      • Berarti Mbak Talita termasuk yang agak ‘terlambat’ sama dengan saya, biasanya di usia 17-25 (ada sebagian yang memperkirakan 18-30) gigi bungsu sudah selesai tumbuh. Kalau dari pengalaman saya pribadi, memang diawali dari bengkak dahulu karena dia bergerak dari bawah. Sebenarnya kebanyakan gigi bungsu itu sudah selesai jadi di bawah gusi, hanya tinggal bergerak muncul di permukaan. Muculnya lama Mbak, sedikit demi sedikit biasanya. Jadi setelah ini Mbak akan sembuh, beberapa waktu kemudian akan bengkak lagi sampai muncul. jika gigi bungsu muncul selama setahun atau dua tahun, maka bisa jadi sekitar sebulan atau dua bulan sekali akan membengkak gusinya (durasi waktu bisa lebih cepat tergantung posisi rongga mulut).

        Jika tidak tahan sebaiknya diopreasi saja atau konsultasikan ke dokter. Tetap semangat ya Mbak :)

  78. Gigi bungsu ku udah tumbuh sempurna di umur ku yg 30 tahun tapi knapa masih sakit,kmrin saya priksa ke dokter gigi katanya gigi bungsu ku nabrak gigi bungsu yg di depan nya dan gigi yg didepan gigi bungsu harus di cabut tapi saya paling takut yg nama nya dokter.
    Klo saya biarkan apa tdk apa2 .
    Rasa sakit nya dasyat bgt smpai ke ubun2.
    0bat yg paling bgus buat menghilangkan sakit gigi ini apa ya mas.

    Trma kasih.

    • Kasus Mas Indra sama dengan saya, akhirnya gigi yang depan kalah dan pecah (hancur) jadi bentuknya aneh gerahamnya, tidak menempati posisi secara sempurna. Kalau saya karena kagak ada duit waktu itu hihihi. Jik saran dokter dicabut, mendingan dilakukan saja Mas, in syaa Allah itu yang terbaik. Kalau tidak dicabut ya akan membengkak sampai posisi gigi sempurna, kemungkinan salah satu kalah sehingga pecah.

      Salah satu obat untuk pembengkakan gusi ada Cataflam, dosisnya macam-macam Mas. Tetapi mengomsumsi ‘obat’ secara terus-menerus juga kurang baik menurut saya :) . Semoga cepat sembuh!

  79. Bener tuh aq umur 20ja baru nongol ni gigi bungdu aduh sakit nya bernanah dan berdarah penngen di cabut ja rasa ny

    • Kalau sudah bernanah, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter saja Mbak Aisah. Semoga cepat sembuh.

  80. dolo yg kanan ga ada mslh, sakit wajar lah, bengkak juga, abis d bawa k dktr katanya gpp. umbuh jg cepet. nah yg kiri numbuhnya salah, jd kaya nyodok gusi gt,sakit nya jauh lebih parah dr yg kanan, uda d ronsen, kata dokternya suru operasi, d potong gusi yg kesodok gigi biar bs nongol semua ntu gigi :'( sakitnya luar binasa

    • Sabar ya Mbak Anggi, semoga cepat sembuh dan semangat :)

  81. Ni lgi tumbuh geraham terakhir nya… Udah hampir 2 minggu… Ampunnnn sakittttnyaaa
    Tumbuhnya berbarengan lagi.
    Dri mulai panas dingin, sakit kepala, tonsillitis, panas dalam LENGKAP
    Sampe badan turun drastis krn gk bs makan(alhamdulillah kuyussss :D )
    Kemaren nyoba resep tradisional : kunyit,1buah jeruk nipis sama madu 2 sendok. Lumayan ngurangin sakit..

    • Semoga cepat sembuh Mbak Dini, terima kasih berbagi TIPS :)

  82. mas sinyo gigi bungsu nya sembuh ya udh mas ? butuh brapa lama pengembuhan nyq ?

    saya juga lagi kena nih gigi bungu. cuma skrng lg proses pengobatan sendiri. setiap pagi kumur air garam tambah air hangat buat ngurangi bakteri dan infeksi virus.

    • Saya sudah sembuh Mas, lama kalau proses saya, sekitar 8 tahun karena selain terlambat, juga dikarenakan saya biarkan geitu saja. Tumbuh alami, sampai gigi depan yang terdorong patah :) . Sebaiknya konsoltasikan kepada dokter jika ada biaya. Cukup mahal soalnya kalau operasi.

  83. iya skittt bgt berasa gusi pada bengkak.. malah baru 1 hari.. hiks-hiks

    • Semoga cepat sembuh Mbak Mutia :)

  84. klo abiz cabut gigi seminggu stelah abiz obatny kerasa pusing, leher sakit buat nelen jg sakit, kira2 knp n obatny ap yaa…

    • Mas Hasan, tampaknya kalau itu harus dikonsultasikan dengan dokter spesialis. Karena mungkin ada hal khusus terjadi. Segera dibawa ke dokter saja Mas, semoga lekas sembuh.

  85. makasih om infonya, gigi geraham paling belakangku ini tumbuhnya barengan pula, jd bengkaknya simetris gitu hahaha. kalo dipake ngunyah aduh sakitnya istimewa. kalo gak dibedah gakpapa kan om? baru bayangin aja udah ngeri. kira kira bengkaknya ini sampai berapa hari ya?

    • Bengkak biasanya sekitar 3 hari – sepekan (seminggu) . Iya tidak apa-apa, hanya nanti gigi sedikit berantakan dan harus setia menahan rasa sakit :) . Semoga lekas sembuh ya.

  86. amin.. makasih om. oiya, dan baru sadar ketika ngaca mata jadi merah, kenapa lagi ini om, apa mungkin ada tips atau saran untuk mengatasi mata merah ini, soalnya kalo pake obat tetes mata penyebabnya kan bukan karena iritasi..

    • Obas tetes mata biasanya untuk iritasi ringan, sebaiknya minta obat ke dokter agar lebih baik hasilnya. Tetap semangat dan lekas sembuh :)

  87. mksih mas sinyo infonya, ni aku juga lagi nahan sakit bgd udh 3 hari ini nih sakitnya, pengen bolos kerja aj rasanya nih aku bca di web2 kok banyak yg nyaranin dicabut ato dibedah ya? nih aku liat si udh muncul dikit tp ketutup sm gusi kemerahan gitu. misal dibiarkan aj gak papa kan mas?

    • Ya tidak apa Mbak Ocha, tetapi biasanya nanti posisi gigi menjadi berantakan. Nah, selain itu Mbak harus sering-sering menahan sakit gusi saat tumbuh secara bertahap :) . Saran saya, jika ada dana, dioperasi saja agar tidak mengganggu pekerjaan. Cepat sembuh dan semangat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: