Posted by: sinyoegie | January 23, 2008

Tips n Trik Menulis Walkthrough Game

Baru kali pertama menulis walkthrough langsung bikin kapok dech. benar-benar butuh waktu yang cukup lama padahal di kantor kerjaan lagi menggunung. Waktu itu iseng-iseng chat ama bang Vic (punggawa Hot Game yang sudah lapuk umurnye hehe) Sinyo pingin saja nulis walkthrough Obscure II (versi PS2), rasanya seperti apa ya..? Eh ternyata memang di redaksi belum ada dan dipersilahkan mengerjakannya..idih dari sekedar bercanda tanya-tanya koq jadi betulan waaaa……

Tapi tetap harus professional donk, dengan waktu yang amat sempit maka Sinyo kerjakan dengan marathon sehabis pulang kantor. Jangan ditanya dech, Bunda dan Umi ngomel-ngomel dengan sadisnya aww… sungguh merana. Dah gitu sulitnya minta amit neh game dan yang bikin bete makan hard disk banyak kale ;(

Setelah kelar, hehehe…lumayan puas waktu liat di majalah plus honor cukup buat beli game ori barušŸ˜‰. Nah supaya rekan-rekan sekalian tidak mengalami hal yang sama dengan Sinyo maka berikut tips & trik untuk menulis walkthrough sebuah game:

  1. Pastikan bahwa walkthrough yang akan kita buat belum dipesan atau belum dibuat oleh penulis lainnya, sebaiknya konfirmasi dahulu dengan redaksi majalah yang akan kita tembak. Jangan lupa tanyakan deadline yang ditentukan, apabila redaksi tidak memberikan batas waktu alakah baiknya kita tetapkan saja sendiri supaya menjaid pemicu semangat menulis. Mengenai no telpon redaksi dapat dilihat di majalah atau numpang cari via internet.
  2. Setelah mendapat kepastian, maka segera siapkan alat-alat untuk mengambil data. Jika pakai komputer maka HD harus besar karena otomatis kita akan merekam semua data ketika memainkan game. Jika memakai alat khusus untuk capture dengan media televisi atau yang lainnya (misalnya handycam dll) maka harus sudah menguasai dengan baik cara pengoperasiannya. Jangan sampai sudah main game agak jauh ternyata belum terekam. Ingat bahwa alat apapun yang kita gunakan akan mempengaruhi gambar-gambar yang kita inginkan, so mengenai hal ini dapat ditanyakan ke toko elektronika atau toko komputer di kota masing-masing.
  3. Usahakan main game semaksimal mungkin, maksudnya jangan hanya asal jalan, namun teliti juga apabila ada hal-hal istimewa yang mungkin tersembunyi di dalamnya, seperti bonus item, map rahasia dls.
  4. Mulailah menulis walau game belum selesai, ini akan menjadi draft atau tulisan kasar, sambil meng-capture gambar-gambar yang diperlukan. Jangan menunda tulisan sampai game selesai kita mainkan, karena jika dilakukan maka siap-siap saja lemburšŸ˜‰ capek dech…..
  5. Jika kesulitan menamatkan game, carilah informasi di internet, jika tidak menemukan juga coba ajak temen atau rekan-rekan yang lain membantu. Apabila masih belum kelar juga, maka tindakan terakhir adalah telepon redaksi untuk membatalkan tulisan yang sudah kita sanggupi.Hal ini berkenaan dengan kepercayaan redaksi yang telah diberikan sehingga kelak saat kita ingin menulis lagi tidak bermasalah.
  6. Setelah game berhasil tamat, maka editlah tulisan yang sudah “dicicil” sebelumnya plus gambar yang dibutuhkan, jika dirasa belum lengkap carilah di situs resmi game itu.
  7. Teliti kembali apakah tulisan dan gambar sudah siap, sebisa mungkin gambar kualitasnya bagus agar keren ketika dicetak nantinya. Jika sudah OK semua langsung dech kirim (bisa lewat mail atau dapat juga via pos berupa cd).

Nah sekarang tinggal menunggu kiriman uang dan majalah yang kita nanti-nantikan. Selamat berusaha dan semoga bermanfaat.


Responses

  1. skarang masih bisa ga ngirim walktrough ke hotgame???
    gw juga pengen nih..
    trus kalo mo chatting ama redaksi hotgamenya dimana??>>

    Komentar Sinyo

    Masih dhe selama majalah HG terbit hehe, silahkan hubungi mas Adit, untuk YM bisa tanya langsung kepadanya. Berikut alamat lengkap mas Adit.

    Adhityaswara Nuswandana
    Editor in Chief Hotgame Magazine
    Gedung Gramedia Majalah 6th Floor
    Jl. Panjang 8A, Kebon Jeruk
    Jakarta Barat 11530
    Ph: (62-21) 5330150-70 ext 33360
    M: +628129042003
    Fax: (62-21) 5347956

  2. makasi infonya…
    jadi bukan ama bang vic lagi y…

    Komentar Sinyo

    Bang victor sudah mengundurkan diri dari HG tahun 2008 akhir, hmm sekarang buka toko komputeršŸ™‚ . Semoga sukses.

  3. hi there


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: