Posted by: sinyoegie | May 5, 2008

Saat Kita Terdzalimi

Dalam islam seperti kita ketahui terdapat hadits dari Rasul tentang orang yang terdzalimi atau didzalimi, maka Insyaa Allah doa orang tersebut akan dikabulkan. Hati-hati dalam bertindak dengan memperhatikan hak serta kepentingan orang lain sangat diperlukan, karena kita tidak tahu hati dan pikiran masing-masing orang. Siapa tahu saat kita bertindak ada orang yang merasa terdzalimi

Pernah suatu pagi Sinyo datang dari Magelang, turun di Banyumanik dan terus naik angkot dan berhenti di perempatan Bangkong. Kala itu hujan gerimis rata mengguyur Jawa Tengah termasuk kota Semarang. Malamnya memang sudah hujan cukup deras sehingga banyak air menggenang di sana-sini.

Berniat menyeberang jalan untuk pindah angkot jurusan Karangayu, tepat dekat penyeberangan ada genangan air cukup banyak. Biasanya orang kalau melihat genangan air maka dia akan hati-hati melewatinya, apalagi jika memakai sepeda motor atau mobil. Mereka lihat-lihat dahulu apakah ada orang di sebelahnya atau tidak, agar tidak terkena cipratan air yang dilewati. Sayang hal itu tidak berlaku untuk orang-orang yang pagi itu lewat perempatan Bangkong, ketika Sinyo berdiri di pingir jalan persis tiba-tiba melitas sepeda motor dengan kencang dan basahlah celana sinyo oleh cipratan genangan air hujan. Belum selesai sinyo mengusap air yang menempel sebuah mobil melintas dengan cepat pula dan tidak kalah dahsyatnya cipratan air yang terjadi. Alhamdulillah yang terakhir ini Sinyo dapat menghindarinya.

Sinyo tidak mau berlama-lama menghitung jumlah kendaraan yang hati-hati atau tidak saat lewat genangan air tersebut karena waktu masuk jam kantor sudah mepet. Mungkin pengendara sepeda motor dan mobil tadi tidak sengaja, karena terdzalimi sinyo bisa saja mengeluarkan sumpah serapah yang boleh jadi akan dikabulkan oleh Allah sebagai doa orang yang teraniaya. Tapi apalah artinya, mungkin mereka tidak sengaja dan lebih bagus jika Sinyo berdoa untuk kesadaran mereka atau hal-hal baik lainnya.

Banyak kegiatan atau aksi orang lain yang kadang membuat kita terdzalimi, jika itu terjadi maafkanlah mereka dan berdoalah untuk kebaikan semua. Kepala boleh panas dan membangkitkan emosi namun hati tetap harus dingin sehingga kesadaran tetap ada bahwa segala hal ada hikmahnyašŸ˜‰


Responses

  1. cool…, cool..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: