Posted by: sinyoegie | June 6, 2008

Tidak Bisa atau Tidak Mau?

Banyak kegiatan yang kita lakukan sebenarnya sia-sia, walau mungkin secara tidak langsung. Padahal dalam Islam kita disarankan untuk menghindari perbuatan atau kerjaan yang kurang bermanfaat. Salah satu contoh adalah menonton Televisi secara berlebihan, apalagi kalau acara yang ditonton sedikit kegunannya. Alasan orang-orang yang belum mau meninggalkan hal tersebut biasanya sangat klasik, karena sudah kebiasaan dan susah (tidak bisa) untuk dihilangkan.

Banyak lagi contoh yang dapat kita ambil, misalnya merokok. Walau sebagian ulama ada yang memberi hukumnya sampai tingkat makruh saja, yang jelas secara ilmu kedokteran merokok merusak kesehatan tubuh, entah diakui atau tidak oleh si perokok itu sendiri. Jawaban yang disampaikan juga sama apabila kita bertanya kepada orang yang sudah biasa merokok kenapa tidak mau berhenti, karena susah (tidak bisa) dan sudah menjadi kebiasaan.

Sinyo juga pernah mengalami hal yang sama, salah satunya adalah saat SMP/SLTP sangat suka sekali dengan film kartun Saint Seiya yang diputar di RCTI. Anime dan manga karya Masami Kurumada ini memang sangat populer bahkan termasuk salah satu anime Jepang yang menjadi pionir untuk mengubah cara pandang animasi di benua Eropa dan Amerika. Karena tergila-gila dengan anime yang satu ini (diputar waktu sholat Maghrib) Sinyo kadang masih mengintip dari balik pintu keluar, padahal sudah terdengar Adzan Maghrib. Begitu Iqomah Sinyo baru ngacirzzz ke masjid dengan masih memikirkan film tersebut (otomatis terlambat kan..?). Kala itu kalau Sinyo ditanya kenapa tidak datang ke Masjid secepatnya saat adzan, yah sama saja dengan jawaban-jawaban pada pertanyaan sebelumnya.

Saat sudah dewasa seperti ini, Sinyo kadang geli sendiri mengingat banyak masa lalu. Sampai sekarang Sinyo masih suka film kartun namun dengan banyaknya kerjaan tidak ada waktu untuk melihatnya (asli pingin banget nonton film naruto yang katanya ciamik, hehe mana ada waktu ya kerjaan saja belum beres). Jadi sebetulnya jika kita mau seharusnya hal-hal tersebut di atas dapat dihindari untuk beralih pada kegiatan yang lebih bermanfaat. Sayang masih banyak orang yang bilang tidak bisa (termasuk Sinyo kali x_x ) untuk melepas hal-hal yang kurang banyak manfaatnya. Jikalau saja kita mau……………..


Responses

  1. Mas sinyo, suka saint seiya yah? Sekarang diputar lagi di spacetoon

    Komentar Sinyo
    Hee….dhe, Sinyo emang sejak kecil dah penggemar anime dan manga Jepun, banyak yang dulu saya ikuti tapi hehehe sudha tua harus sadar ya kalau masih banyak kerjaan yang bermanfaat lainnya, terima kasih atas informasinya yašŸ˜‰

  2. Jadi sebetulnya jika kita mau seharusnya hal-hal tersebut di atas dapat dihindari untuk beralih pada kegiatan yang lebih bermanfaat.

    Setuju banget.
    Daripada banyak nonton TV, lebih baik nge-blog, ‘kan?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: