Posted by: sinyoegie | June 28, 2008

Tips dan Trik Menghadapi Alergi Pilek

Kalau belum tahu apa itu alergi maka dapat dipelajari lewat search engine, ketik saja “alergi”. Nah Sinyo adalah salah satu orang yang mengidap alergi rinitis (jenis pilek) dan alergi dingin. Sekarang setelah dewasa Sinyo sudah terbiasa dan tidak begitu kerepotan lagi seperti masa kecil dan remaja dahulu. Jika dalam keluarga kita, temen-temen atau saudara dari pembaca ada yang mengalami alergi seperti yang Sinyo derita semoga tulisan ini dapat membantu mengatasinya, berdasarkan pengalaman nyata menghadapinya langsung.

Sinyo lupa tepatnya kapan namun sudah sejak kecil mengalami dua alergi, yang paling merepotkan tentu saja alergi rinitis (pilek). Bunda sudah memeriksakan Sinyo ke dokter dan berusaha berbagai obat namun gagal semuanya. Kata doker, biasanya alergi akan sembuh dengan sendirinya atau beralih menjadi alergi dalam bentuk yang lain (hii…). Dari bacaan yang Sinyo pelajari memang jarang ada orang yang sembuh dari alergi ini, satu-satunya cara adalah pintar-pintar saja menghadapinya. Nah berikut tips dan trik dalam menjinakkan alergi agar tidak semakin liar:

1. Alergi Rinitis

  • Musuh utama adalah debu atau kotoran halus yang melayang di udara. Padahal sebagian besar daratan di bumi ini terdapat debu. Begitu debu masuk sampai dengan tingkat tertentu maka akan membuat hidung kita menjaid pilek. Cara terbaik untuk menghadapai alergi ini adalah mencegah semaksimal mungkin segala hal tentang debu untuk masuk ke lubang hidung kita. Caranya bisa dengan sapu tangan, masker, tisu dan yang lain. Tentu saja kita dapat menyesuaikan pelindung hidung itu dengan situasi dan kondisi. Misalnya jika kita kasir sebuah toko kelontong kecil yang harus sering memegang uang kumel dan kucel (kalau di mall atau toko besar biasanya uang yang ada masih agak baru sehingga jarang yang membawa debu), maka gunakan saja masker dari kain yang sangat bermanfaat agar tidak pilek. Contoh yang lain adalah memakai sapu tangan/masker untuk menutup hidung saat akan menaiki sepeda motor, karena jika berlama-lama berada di jalan yang penuh dengan debu dan kotoran dijamin dah langsung pilek.
  • Panas Matahari dan hawa panas, sampai saat ini Sinyo belum menemukan bagaimana panas matahari serta hawa panas juga membuat Sinyo pilek. Jika berlama-lama dalam hawa yang sangat panas atau terkena panas terik agak lama maka mulai dah mata pedih dan hidung menjadi tersumbat. Mungkin hawa yang panas dan terik matahari identik dengan banyaknya debu yang ada, itu perkiraan Sinyo sementara. Bahkan jika terlalu lama maka hidung akan mimisan, kala masih kecil Bunda biasanya menaruh dauh sirih di hidung Sinyo sambil berbaring agar mimisan cepat menutup. Kalau dari bacaan yang Sinyo dapati, biasanya mimisan terjadi karena terjadi pembengkakan salah satu selaput di hidung disebabkan panas atau hantaman. Apakah ada hubungan antara alergi rinitis dengan mimisan? Sinyo belum paham. So jahui saja hawa yang sangat panas dan terik matahari langsung, kalaupun harus mengalaminya maka usahakan jangan terlalu lama.
  • Angin, nah hindari juga yang satu ini. Hal ini terjadi karena biasanya pada angin debu-debu mudah berhamburan ke mana-mana. Segera tutup hidung atau masuk rumah/gedung saat banyak angin di luaran.
  • Hawa dingin, selain hawa panas maka hawa dingin juga akan membuat Sinyo bersin-bersin. Padahal Sinyo saat menulis artikel ini hidup di Semarang (panas habis) dan magelang (sejuk dingin) dan dapat dikatakan setiap pagi bersin-bersin serta pilek. Sinyo sempat curiga dengan rambut hidung yang terlalu panjang namun walau sudah dikurangi tetap saja terjadi ;). Pakailah jaket atau selimut yang lumayan tebal agar badan terasa hangat sehingga tidak pilek.
  • Es, merupakan salah satu musuh utama karena sangat cepat membangktkan alergi pilek ini. Sinyo punya tips jitu, karena bagaimanapun tentu kita ingin tetap minum es kan? Usahakan agar saat membeli minuman es jangan terlalu banyak jumlah es batu di dalamnya. Jika berupa jus biarkan sejenak agar tidak terlalu dingin sekali atau apabila fresh jus maka mintalah es-nya sedikit saja. Es cream, nah ini dia yang agak susah…karena harus menunggu sampai mencair hehehe..padahal mana enak ya makan es cream cair? (Itu mah namanya bukan es cream hiihihihiiiiii)
  • Siapkan selalu tisu atau sapu tangan, sebaiknya kalau masih kecil (seumuran SD misalnya) carikan sapu tangan yang bersifat menyerap seperti handuk. Hal ini karena anak kecil kadang kerepotan sekali, sehingga biarkan dia buang ingus dalam sapu tangan handuk tersebut (Cuci tersendiri, jangan dicampur dengan cucian lainnya). Pernah saat ujian Sinyo membawa kurang lebih 7 buah sapu tangan handuk, hehehe guru yang sudah hapal hanya geleng-geleng kepala. Tempatkan tisu sebanyak mugkin, baik di rumah atau di kantor agar lebih leluasa saat bersin-bersin atau buang ingus. Percaya dah masalah ingus ini repot sekali sehingga memang harus ditanggulangi dengan cepat. Sapu tangan adalah senjata terakhir saat kita tidak membawa tisu, Sinyo berusaha membawa dua sapu tangan sekaligus, yang di saku kiri persiapan untuk menyeka wajah jika terasa berminyak serta perlindungan hidung dan yang berada di saku kanan digunakan saat pilek mulai mendera.
  • Dari alergi ini, berdampak ke pendengaran dan suara Sinyo. Pendengaran Sinyo selalu berkurang terutama untuk telinga sebelah kanan, saat mahasiswa sempat dua hari seperti tuli, cuma mendengar suara samar-samar. Kadang kalau tidur seperti ada lendir yang berjalan dari hidung ke telinga. Suara Sinyo juga menjadi aneh, kata orang-orang suara Sinyo mirip waria dan banci (Suara kayak sengau berhenti di hidung). Segera bawa ke dokter jika hal ini dialami oleh anak yamg masih kecil, kalau Sinyo sudah terlambat dan telah terbiasa dicap “budeg” dan suara seperti waria hehehe lagian pasti mahal ya (tak ada duitnya hihihi).
  • Banyak-banyaklah minum vitamin dan buah-buahan serta air putih. ketiga hal tersebut sangat membantu daya tahan tubuh, sehingga walau pilek melanda diharapkan tidak berlangsung lama dan berlarut-larut.
  • Usahakan olah raga secara teratur untuk menambah kuatnya stamina pertahanan tubuh, saat sudah bekerja seperti ini Sinyo lebih suka berjalan kaki secara rutin dengan jarak tertentu agar tetap sehat dan bugar.
  • Jika orang yang mengalami masih anak-anak, jelaskan secara singkat dan beri pengertian agar tidak minder terhadap teman-temannya. usahakan juga lingkungan (terutama rumah) bersih dari debu walau tdak mungkin mencapai 100%. Apa yang dilakukan Bunda dengan menjaga kebersihan rumah sangat membantu Sinyo dalam mengurangi serangan alergi ini.

2. Alergi Dingin (gatal-gatal)

Selain alergi Rinitis Sinyo juga mempunyai alergi gatal-gatal terhadap hawa yang sangat dingin atau air yang dingin. Alergi ini tidak terlalu menggangu seperti alergi pilek namun perlu diketahui juga agar badan kita terasa nyaman.

  • Perhatikan dan rasakan baik-baik sekujur tubuh, saat habis mandi air dingin atau ketika menghadapi hawa yang sangat dingin, jika kemudian tiba-tiba terdapat gatal-gatal di salah satu lokasi pada tubuh kita maka ini menandakan bahwa tubuh kita alergi dingin. Salah satu contoh adalah di sekitar siku misalnya, seperti yang Sinyo alami. Dulu Sinyo mengira digigit nyamuk, ternyata setelah terjadi secara rutin dan bentuk benjolan gatal-gatal yang cenderung melebar atau merata maka Sinyo baru memahami tentang alergi gatal ini lain dengan gigitan nyamuk. Bentuknya hampir sama jika kita terkena ulat berbulu yang gatal. Nah jika putra-putri anda atau suadara ada yang mengalami hal ini maka dia juga alergi dingin.
  • Usahakan mandi dengan air hangat jika hawa terlalu dingin dan pakailah jaket atau selimut agar badan tetap hangat.

Masih banyak jenis-jenis alergi lainnya, ada alergi makanan/minuman tertentu, alergi plastik dll. Namun dampaknyanya tidak sehebat alergi rinitis. Bantulah anak-anak kita atau saudara-saudara yang masih kecil untuk mengenali, belajar menghadapi dan menerimanya dengan ikhlas jika memang mempunyai alergi ini.

Dari sisi lain alergi pilek memang dianggap sebagai sebuah kekurangan, namun jika mau melihat lebih dalam banyak hikmah yang dapat dipetik. Salah satunya adalah, seorang muslim yang mempunyai alergi rinitis akan banyak-banyak mengucap kata:”Alhamdulillah” karena tingkat bersin-bersin yang sangat tinggi ;)


Responses

  1. lam kenal sinyo. thanx infony.. aq makin yakin kl aq memang alergi rinitis dr tulisan yg km buat. aq udah ga tau lg nih mesti gmn menghindari pilek tsb. hampir tiap hr pilek2 bahkan mpe tengah mlm, bikin ga enk tdr. hal yg sangat kutakuti saat ni adlh jgn sampe saat pilek kambuh aq ga bw tisu, gila! tu bnr2 menyiksa deuh..

    Komentar Sinyo
    Hi Dede, iya memang tersiksa sekali. Tapi jangan khawatir kita masih dapat hidup dengan normal koq walau mungkin sedikit lebih repot jika dibandingkan dengan orang normal lainnya. Pernah juga Sinyo pilek lupa bawa tisu atau sapu tangan, yah cari kamar mandi atau tempat tertutup dan buang ingus dah di situ (terpaksa… x_x).
    Kalau kita tidak bisa menerima kedaan ini maka akan stress sendiri hehehe..nikmati saja dan hadapi dengan nyaman. Salam kenal juga ya dhe, tetaplah bertahan ;)

  2. Tq ulasannya… Aku mengalami pilek hampir tiap hari, kemarin aku ke dokter THT, beliau kasi tip kalau kita di jalan dengan cuaca dingin usahakan biar pakai kaos kaki.. selama ini aku seneng pakai sandal aja..trus,di sekitar ujung hidung tuh ada saraf yang peka akan dingin, kalau dingin saraf itu akan mengembang trus menutup lubang hidung,hidung tersumbat nafas dari mulut ohh..susah.., semalam habis dari Dokter THT aku mampir beli kaos kaki, malam tidur pakai kaos kaki, plong. enak…. Makasih

    Komentar Sinyo
    Hee sama dengan yang Sinyo lakukan dulu, namun tidak mempan juga untuk Sinyo. Mungkin tingkat alergi juga bermacam-macam ya, ic ic tambah pengetahuan dan terima kasih atas masukannya.

  3. hehe … kok nemu jawabannya di sini.

    Keluargaku keluarga alergi, punya asma dan biduran. Adik, ortu dan anak punya alergi. Aku sendiri dari kecil sampe 3 bulan ke belakang gak pernah ada gejala alergi. Tapi 3 bulan ini, yang namanya bersin, pilek, hidung mampet, mata gatal berair jadi menu harian. Memang sih belum pernah ke dokter. Males ke dokter walaupun di bayarin kantor.

    Mungkin cocok buat yang lain, 2 minggu ini aku selalu minum Vitamin terutama Vit C dengan dosis harian. Tapi hati-hati jgn berlebihan. Alhamdulilah agak berkurang dampak alerginya. Silahkan di coba.

    Komentar Sinyo
    Terima kasih bro masukannya, kalau Sinyo memang sejak kecil menderita alergi sampai umur segini gak sembuh-sembuh. Sudah macam-macam yang Sinyo minum dari K-Link, jinten item, madu, vitamin mulai dari Supradyn (ini yang Sinyo sering beli) sampai C-1000 dll. Capak bos hihihi yang masih Sinyo jalani saat ini adalah jus tomat, Supradyn dan madu ;). Olahraga, makan sehat dan tidur cukup juga sudah dijalani namun tetep saja alergi masih muncul setiap saat…sampai temen-temen sudah kebal denger suara “Sr*tzzzzzzz” berulang-ulang hehehe

  4. maf mas komenx g’ sesuai,cuma mw nawarin cara terbebas dari belenggu pulsa yg slalu merepotkan kita sehari2,bagi mas ato embak2 yg udah berkunjung diblog yg kaya ilmu ini yg bermintat Untuk mengetahui carax..!KLIK JA DISINIMAKASI…!

    Komentar Sinyo
    Semoga laris jualan pulsanya ;)

  5. saya jga alergi pilek,apalagi pagi 2,rasanya seperti tersiksa,gw dah ke dokter tapi ga sembuh 2,bagai mana ini. ntar aku baca blog ini lagi tq atas informasi nya

    Komentar Sinyo

    Shabar dan mencari jalan menghadapinya ;)

  6. thank’s ya info tentang Alerginya.

    Sukses selalu……

    Komentar Sinyo

    Salam sukses juga mas Maryono ;)

  7. Anak sy,umur 5,5 th, ada alergi pilek, klu kambuh adenoid membesar, jadinya susah nafas d. sy sdh bawa ke tht n fisioterapi, gak susah nafas lagi, tp pileknya masih. sudah coba menghindari penyebab alergi, tp masih juga. Tp setelah baca artikel in, sangat membantu sy, benar lho, kalo diperhatikan lagi cuaca panas dia pilek, dan klu dingin juga. Sy jadi bingung hadapinya. Menurut Sinyo, apa adenoid harus operasi? tlg kasih pendapatnya ya? tq

    Komentar Sinyo
    Dear Ibu Marta

    Maaf baru dapat balas dikarenakan saya cuti. Karena saya bukan dokter maka berikut ini Sinyo berikan link yang Insyaa Allah akan bermanfaat bagi ibu:

    1. Tentang adenoid: sumber berita: klik DI SINI
    2. Perlukah adenoid dioperasi?: sumber berita: klik DI SINI

    Nah, kalau ibu baca tampaknya tidak ada hubungan langsung antara adenoid dan pilek/alergi yang dialami oleh putra/putri ibu. Hanya memang pilek sangat memacu adenoid meradang atau membesar. Sebaiknya, menurut pengalaman saya, banyak minum atau makan buah, jus dan sayur yang mengandung vitamin. Olah raga ringan secara teratur dan jangan terlalu lelah. Hindari debu, terlalu panas dan dingin. Hindari minum ES, sebaiknya kalau minum yang hangat-hangat saja.
    Insyaa Allah akan membantu, terutama dorongan moril bu, karena dengan mental dan semangat yang kuat dia akan dapat melewati rintangan dan ‘mungkin’ ejekan dari teman-temannya yang usil dengan alergi ‘pilek’ ;) Selamat berjuang bu, tetap semangat.

  8. salam kenal sinyo …

    aku jg penderita alergi pilek, kurang lebih 2 tahun yg lalu … awalnya aku cuman iseng cabut bulu hidung karena risih bulu hidungku ada yg panjang he..he..he.. tak tahunya berdampak buruk.

    paling parah kalau pagi hari pas sehabis mandi dan mau berangkat kerja (bersin2 dan keluar lendir) terasa tersiksa banget.
    tapi bener apa yg dikatakan sinyo asal kita sabar menghadapinya semua akan terasa ringan.

    bagi temen2 yg suka cabut bulu hidung hati2 lho, kalau bisa dihentikan aja deh kebiasaan itu sebelum terlanjur kayak aku.

    Komentar Sinyo
    Hehe…saya geli baca tulisan pak Goprek geli, bisa-bisanya bulu idung dicabut. Kalau geli karena terlalu panjang dipotong saja pak…agak repot tapi ya daripada dicabut :p

  9. aq jg dah 18 thn mengidap pilek alergi n sampe skrg masih..berat banget ampe kdg suka sebel krn mengganggu aktivitas sehari2..sdh semua dicoba dari ke dokter sanpai ke alternatif..dr obat kimia sampe obat herbal..segala macam vitamin jg..aq putus asa..but setelah baca ini aq jd sedikit terbantu..paling ga jd tau kalo aq ga sendiri n berusaha ikhlas menerima. Oya kalo ada yg bs sembuh boleh dong sharenya

    Komentar Sinyo
    Sinyo pernah diberitau Bunda kalau ada tetangga yang bisa sembuh di usia 40-an tahun, katanya sih sembuh dengan sendirinya. Tapi kalau yang Sinyo tahu namanya alergi susah disembuhkan, paling mencegah atau mengurangi saja. Cara terbaik memang mengerti dan memehami alergi kemudian berusaha mencegahnya. Peace ;) tetap shabar.

  10. enam bulan ini saya sering biduran, pada saat cuaca dingin maupun panas. Dan hampir sebulan ini anak saya yang berusia 2 tahun 1 bulan terkena pilek ga sembuh2. Kata dokter, pileknya karena alergi juga..kasian deh ngeliat nafasnya susah dan belum bisa buang ingus.

    Komentar Sinyo
    Kepada Bunda Naila salam kenal

    Untuk tahu pilek tersebut alergi atau bukan mohon ditunggu saja bu, karena kalau memang alergi maka ‘kemungkinan’ akan dialami seumur hidup. Jika hanya karena cuaca ekstrim yang terjadi beberapa bulan ini (anak saya sudah 3 bulan juga belum sembuh pileknya), maka semoga hanya disebabkan kondisi suaca yang tidak menentu ini. Tetap semangat ya bu ;)

  11. aku bersin disertai pilek meler terus lari ke mata pula.mata ber air lalu gatal. kalau ga di kucek gatal di mata ga sembuh. aku belum tahu mencegah hal tsb. kemungkinan hal tsb terjadi kurangnya kekebalan tybuh dan berolahraga.tx

    Komentar Sinyo
    Saya rajin olah raga dulu waktu muda, sekarang pun masih aktif menggerakan badan walau hanya sekedar bersih-bersih rumah. Gizi dan vitamin juga terjaga namun tetap saja pak, saya mbelerrrrrrr…..hampir setiap hari dengan tingkat yang berbeda.

    Mata sering pedih dan merah, anggapan orang saya baru bangun tidur atau habis nangis. Dari referensi yang saya dapatkan memang tidak ada ‘penyembuhnya’ (kalau dianggap penyakit). Hanya saja ada beberapa pengobatan alternatif yang menawarkan dapat menyembuhkan alergi pilek, dicoba saja pak ;)

  12. saya juga menderita rhinitis alergi sejak sma, kayanya gara2 suka cabutin bulu hidung, hampir tiap hari bersin dan meler, sengsara banget, jadi ga sabaran dan emosional, sekrg anak saya 5,5 thn juga menderita rhitis alergi dan adenoid bengkak, nafas melalui mulut, dan tingkah lakunya jadi rada aktif, krg konsentrasi, sdg mempertimbangkan operasi adenoid, Ibu Marta bisa ga bagi pengalaman tentang adenoid, apakah anaknya sudah sembuh?

    Komentar Sinyo
    Rasanya kalau hanya gara-gara mencabut bulu hidung tidaklah benar bu, karena saya lihat beberapa teman saya yang suka mencabut bulu hidung tidak mempunyai alergi pilek. Logikanya behkan kalau bulu hidung panjang akan semakin memicu alergi yang diderita, makanya kadangkala bulu hidung yang agak panjang saya potong.

    Saya merasakan alergi pileh sudah sejak kecil jadi waktu itu bulu hidung juga masih imut-imut. Memang sampai saat ini alergi pilek masih menjadi misteri dalam dunia kedokteran dan kesehatan. Biasanya jika kita konsultasi ke dokter akan diberitahu akan sembuh dengan sendirinya. Beberapa referensi yang pernah saya baca, alergi akan berpindah menjadi bentuk alergi lain. Benar atau tidak, yang jelas kadangkala saya juga mulai gatal-gatal saat dingin tiba, padahal sebelumnya tidak.

    Tetangga Sinyo (namanya bu Harsoyo) kata Bunda juga mengalami alergi pilek sejak kecil, sembuh dengan sendirinya pada umur 40-an lebih.

    Jadi menurut Sinyo, memang paling efektif saat ini adalah menjaga stabilitas emosi dan menghindari hal-hal yang memicu alergi tersebut. ;)

  13. saya juga ngalami seperti itu, tapi insya.alloh udah qodar nya dari yang maha kuasa, qt sebai manusia cman bisa berusa n berdo’a saja, adapun hasil nya itu kita serahkan saja pada yang maha kuasa. tx

    Komentar Sinyo
    Mantab……………;)

  14. Saya jg seperti itu sejak SMP sampe sekarang saya berumur 22 thn, sering sekali menganggu aktivitas saya, sering setelah bangun tidur bersin sampei lebh dari 10 x lalu siang baru sembuh, kadang2 ga ada apa-apa juga bersin lalu pilek ga berhenti-henti, sering menganggu aktivitas saya, saya bingung harus bagaimana supaya ga bersin2 dan pilek lg…

    Komentar Sinyo
    1. Shabar, ini cobaan
    2. Cari jalan untuk menguranginya seperti tips yg saya berikan
    Tetap semangat :)

  15. sudah 6 tahun saya mengidap renitis sekarang saya 26 tahun, tips saya:
    1. setelah anda bangun pagi mengalami gatal mau bersin sekalian kucek dan dorong tulang rawan anda, atau di dipijit hingga habis rasa gatal itu, keluarkan semua lendir lewat hidung sampai rasanya habis kemudian keluarkan lewat mulut saya yakin anda pasti paham(karna itu kebiasaan kita). apa bila itu dilakukan setelah itu sampai malam aman tanpa pilek yang penting tidak terlalu berlebihan debu masuk kehidung anda.
    2. selalu sedia CETERIZINE (generik juga bagus) di rumah dapat dibeli di apotik2 rp.4000 an. minum apa bila kumat parah minum 1 x 1 langsung tidur.
    3. sedia kan juga INHALER yang disuka dan cocok. digunakan apa bila mulai rasa gatal timbul sesaat. pokoknya jangan sering sering ya klo sering juga gak pa pa dari pada meler hayooo.
    4. kalo mau aman walaupun ini agak sulit karna aktifitaskita dan hobi kita. ini paling ampuh tidur jangan malam2 jam antara 9 dan 10 paling malam dan bangunnya jangan siang2 paling mentok jam 6 pagi usahakan lebih pagi lagi. bahkan saya pernah coba cuma tidur 4-5 jam contoh tidur jam 00:00 bangun jam 5 malah gak usah melakukan tips 1. intinya usahakan jang sampek lebih 7 jam tidur klo bisa 4,5, 6 atau 7 jam tidur tergantung kebutuhan dan enjoynya kita. sebenarnya ini yang tersusah apa lagi saya tidur jam 11:00 bangun jam 9 pasti saya anti sipasi dengan tips 1. itu yang ter ampuh pagi pagi.
    5. masih berkaitan tips 4, setelah anda bangun putar leher dengan perlahan dan rasakan peregangan dan gerakkan kekiri kekaran konsentrasikan pada pundak dan ruas tulang leher. sehingga terasa agak ringan dan lemas otot leher.
    6. ambil air wudu’ dan segera solat subuh ini juga sangat berpengaruh karena wajah dan ubun2 kena air serta badan bergerak atau memanas karena melakukan gerakan solat. ( bagi agama lain coba cuci muka dan basahi sampai ubun2 dan lakukan olah raga ringan saja pokoknya konsentrasi pada otot leher kaki(JONGKOK BANGUN)tangan dan bahu
    Semua TIPS ini saya lakukan baru 9 bulan lalu dan sangat efektif dari pada tahun tahun menyiksa sebelumnya. semoga Sinyo dan kawan kawan cepat sembuh dan begitu pula harapan saya.

    AMIN AMIN AMIN YAROBBAL ALAMIN

    Komentar Sinyo
    Amiin, semoga dibalas dengan kebaikan yang banyak :)

  16. mas sinyo dan kawan kawan sependeritaan sudah 1 1/2 bulan ini aku ter bebas oleh pilek yang selama ini aku derita, intinya gini aku dapet obat yang bisa menyembuhkan alergiku tapi aku jelasin dulu aku ini mantan distributor mlm makanan suplemen, itu pun aku bergabung karena ingin sembuh dari alergiku tapi nihil. nah kemarin ya munggkin juni awal ada saudaraku bawain obat mlm tapi prusaan lain dan aku sih tak tolak soalnya aku juga sekarang alergi mlm tapi aku tau bahwa barang yang di prusaan mlm juga gak sembarangan kwualitasnya karena aku pengen sembuh jadi aku minta aja tuh obat, karna dia sodara dikasih sih terus aku minum tuh obat eeeehhh perutku mules mules, tapi aku yakin sama aromanya obat itu kayaknya cocok buat ngobatin.. aku nekat aja aku tetesin ke lobang hidung kiri- kanan uuuhhhhh rasanya sakit benerrrr.,, gak enak blasss coba aja bayangin kemasukan debu aja langsung meler nah ini kemasukan cairan yang rada sengau waduhhh tersiksa bener langsung aku lari ke kamar mandi aku keluarin dari hidung dan dari mulut sampek bener bener bersih keluar semua dan sumpah rasanya gak enak banget,,,,, dalam hati ni antara mencari sembuh atau tambah parah, malam itu aku meler lagi gara2 obat itu masuk hidung. tapi aku gak kapok hari ke dua aku masukin lagi wah rasanya sama gak enak banget dan karena meler nya berlebihan aku minumin caterizine seperti biasa klo lagi kambuh hari 3 4 5 aku memang gak pilek tapi itu biasanya efek ceterizine masih terasa,, hari ke 6 ke 7 loh kok aku gak pilek, klo pagi2 apa lagi wah aku malah sedikit percaya sama obat yang aku tetesin itu akhirnya aku tetesin lagi untuk yang ketiga kalinya dan aku siapin mentalku untuk rasa sakit yang aku rasakan pada saat obat itu masuk kehidung. saat aku masukkan obat itu aku tahan sekuat aku bisa sampek rasanya nyampek ke kuping kuping baru aku lari kekamar mandi keluarin semua. setelah bersih langsung aku minum ceterizine terus tidur dan esok paginya aku bangun dan memeriksa lubang hidungku karena aku sudah 6 tahun gak pernah punya upil dan aku senang sekali aku punya upil lagi kayang dulu dulu sampek sekarang aku belum pernah pilek seperti 6 tahun belakangan. tapi klo kena debu ya paling paling ber air dikit terus ilang gak seperti 6 tahun belakangan jaangankan kena debu liat ibuku nyapu aja udah meler sangking sensitif nya ni hidung. aku gak nyaranin makek obat ini klo gak bisa ngeluarin ingus dari mulut soaanya benar benar menyiksa dan aku gak bertanggung jawab. cuma aku ngasih tau kabar gembira buat orang orang yang ingin sembuh dan sudah bosan dengan pilek ini tetep aku gak nyaranin ikut mlm aku aja gak ikut tapi aku akui emang bagus dan aku sangat berterima kasih berkat ada obat ini namanya aku gak enak nyebutin di forum ini kan lumayan yang punya obat ngiklan gratis tapi gak apalah yang penting aku udah ngasih tau yang aku alami demi kebahagian semua orang yang ingin sembuh namany “propolis” dari pt melia klo gak salah cari di internet banyak kayaknya iklannya semoga berhasil

    Komentar Sinyo
    Semoga bermanfaat untuk yang lain :)

  17. Alhamdulillah bisa baca artikel kamu, saya jadi ngerasa ga sendiri. saya ibu rumah tangga (28 thn) sudah 2 tahun pilek ga sembuh-sembuh, saya ud berobat ke berbagai dokter sampai di ronsen segala tapi ga ada hasil. dokternya ga bisa kasih penjelasan yang memuaskan. saya coba terka-terka sendiri kalau saya alergi debu. saya sampai pindah rumah ke lingkungan yang lebih bersih, walau pileknya berkurang tapi tetap aja masih pilek suara jadi sengau n ga bisa nafas dgn lega saat tidur.

    saya akan coba saran dari kamu semoga ada perbaikan di tubuh saya.

    Komentar Sinyo
    Selamat mencoba mbak Aulia, tetap semangat :)

  18. saya mo sharing aja nih, saya juga mengidap alergi flu kyak ini sampe2 klu kumat bngt bersin dr pagi sampe sore non stop bersin terus, tp klu meler mungkin saya masih bisa atasi dng merokok dan setelah itu saya bersihkan hidung dng air bersih dan membiarkan hidung jng sampe gatel ato kena debu tp klu kebanyakan meler saya langsung jd laper bgt, laper nya minta ampun sampe2 seluruh badan saya gemeteran , saya mo nanya apakah ada obat’a ni penyakit ato apa bisa di bawa k pengobatan alternatif cape euy gini terus n malu, masa klu lg kambuh crooottttt sembarangan hehehehe maksudnya minusnya hehehehe

    • Terima kasih sharingnya mas, kalau setahu saya sampai dengan saat ini belum ada obat untuk itu. Dia akan hilang (sembuh) dengan sendirinya, biasanya seiring dengan bertambah usia. Ada yang berpendapat alergi itu tidak hilang, tetapi berpindah dalam bentuk lain. Saya mengalami sendiri, intensitas ‘pilek’ jauh berkurang setelah mendekati ‘tua’ ini. Dulu waktu kecil dan remaja meler melulu.

      Ada beberapa pengobatan alternatif yang menawarkan penyembuhan, saya belum pernah mencobanya. Sabar ya :)

  19. dah 11 tahun ini aku terjangkit rinitis hingga membuat bulu hidungku tumbuh subur 4~5 cm.alergen semacam debu,dingin.hawa hujan,parfum dan bau masakan bahkan hidung yang tersenggol membuat alergi kumat.membuat prestasi menurun karena konsentrasi belajar dan waktu istirahat terganggu (insomnia).rasa sakitnya sih gak seberapa tapi rasa malu itu yang luar biasa,malu karena dicap jorok dan menjijikan.dihina teman,dijauhi teman dan aku pun mengisolasi diri hingga kehilangan kemampuan bersosialisasi.haruskah seumur hidup begini…

    • Allah memberi cobaan sesuai dengan kemampuan kita mas, ayo semangat. Sinyo masih kok renitis sampai sekarang tetapi tidak akan pernah menyerah :). yo berjuang…

      • Sinyo met kenal ya? Aku wonk njowo iki, aq alergi pilek keq yQin wez suwe men, tp aneh’y ne’ digowo bepergian kwi plong pa maneh dgowo krjo kwi g pilek. Tp kLo dkontrakn busyet mzty pilek, jare dokter alergi g ush diurusin ntr sembuh ndiri, tp nyiksa gini ogah. . Pye jal q esih bimbang. . .

      • Sinyo met kenal ya? Aku wonk njowo iki, aq alergi pilek keh yQin wez suwe men, tp aneh’y ne’ digowo bepergian kwi plong pa maneh dgowo krjo kwi g pilek. Tp kLo dkontrakn busyet mzty pilek, jare dokter alergi g ush diurusin ntr sembuh ndiri, tp nyiksa gini ogah. . Pye jal q esih bimbang. . .

      • Salam kenal mas Aziz. Nggih niku kulo mboten mudeng kok saget mekanten. Kulo namung berbagi pengalaman mengatasi alergi pilek selama meniko namun mboten saget ngobatin, criose dokter nggih sami mengkih mantun piyambak :)

  20. Hmm.. Mungkin vira alergi pilek ini dari dulu, dulu waktu kecil pernah kedokter sering pilek diperiksa dan terus katanya alergi sama debu debuan gitu, ga boleh makan es, mie, chiki dll, suka amandel sama pileeeeek terus (dan karna pilek terus jadi minum obat dokter terus) pas di cek katanya sinusitis dan sempet di terapi sinar beberapa bulan tp cuma sampe sembuh pileknya, gak lama pilek lg tp cuma di hajarin sama buah buahan sayuran aja sembuh sih tp gak lama pilek lagiii, telinga kiri tadinya waktu kecil cuma agak gak denger, tp klogasalah sjak kls 6sd yang kiri malah jadi gak denger samasekali, sampe sekarang, jadi yang denger cuma yang kanan, itu juga suka tambah kecil dengernya kalo lg pilek, sekarang yakin nih kalo vira punya alergi pilek ini :( emang alergi pilek ini bisa bikin tuli total ya? soalnya waktu itu pernah periksa ke THT katanya telinga kiri vira sih uda ga bisa sembuh lg, down banget ini sampe sekarang blm bisa nerima, makasih banget ya ka sinyo infonya.. ketemu disini deh akhirnya

    • 1. Sabar
      2. Berusaha untuk selalu sehat, saya juga dulu sempat ‘tuli’ selama tiga hari karena ada lendir yang turun dari idung ke telinga (perasaan saya waktu itu). Kagak mendengar dengan jelas.
      Alhamdulillah walau masih sering kesusahan akan alergi ini, tetapi dengan sabar dan berusaha sehat akan siap menghadapi keadaan yang kurang menyenangkan hati ^_^

  21. whh… aq bwgt tu..aq malah bnyk bwgt alerginy..kna debu lngsung meler bersin2,ad hewn brbulu jg.,paling parah l0 lg mudik ke wn0s0b0 pzt lngsung g brani mand,.jaket tebal,,ka0s kki,syal..masker g pernh lepz..hehehe,.blm lg pluz gatel2 tp di wajah..truz makanan jg bnyk alerg..udang..t0ngk0l..pzt lngsung bengkak ne muka.. kmana2 g pernh absen bw obt alerg…naah..kl0 kna panas matahari lngsung puyeng ne kpala migren…hehehe,.tp ttp dibikn enj0y aj lah..sabr kunci utamany..

    • Benar Bunda, sabar kuncinya ^_^

  22. Mas sinyo alerginya sama seperti anak saya yg umur 8 thn sampai sekarang masih adakah obatnya, atau nantinya akan menyebabkan sinus tdk trmks

    • Dear mas Sutisna, setahu saya sampai sekarang belum ada obatnya. Memang ketahanan tubuh dapat ditingkatkan, namun sama sekali tidak menghilangkan. Hm..kalau menjadi situsitis tergantung penanganannya dan tingkat alerginya. Untuk sinusitis dapat dicari di Google, banyak kok :) termasuk penanggulangannya. Alergi yang saya derita termasuk parah, tetapi Alhamdulillah tidak berlanjut menjadi sinusitis, setidaknya sampai hari ini.

  23. salam kenal mas sinyo,, aku juga mengalami alergi pilek, aku cuma ingin tau penyebab utamanya apa,, soalnya aku nggak pernah keluar rumah 24jam di dalam rumah kalau di bilang debu penyebab utamanya aku rasa nggak?apa karna ac ya?dan tadinya cuma aku dn sekarang malah anaku yng pertama ngalami yg sama,kadang dia batuk2 dan anehya setap bangun dari tidur,dan aku tinggal di sadi arabia segalanya tertutup mhon saranya

    • Salam kenal mbak Lulu. Maksudnya pemicunya ya mbak? Kalau pemicu bisa macam-macam mbak. debu hanya salah satunya, saya juga alergi terhadap panas yang berlebihan, dingin yang berlebihan (dalam kasus saya memang debu yang utama).

      Dalam kejaian yang mbak Lulu alami, coba pelajari lebih lanjut. Dalam pikiran saya, AC tidak menjamin ruangan kita terbebas dari debu mbak. Mungkin mengurangi, tetapi kalau bebas susah karena kita butuh udara dan debu (atau pertikel-partikel pemicu alergi pilek ikut terbang bersama debu).

      Amati jam-jam pilek, nah coba tutup hidung dengan sapu tangan atau masker. Seteleh diuji coba beberapa kali ternyta masih pilek walau dengan masker, usahakan badan hangat. Pakai jaket misalnya. Nah jika dengan jaket ternyata pilek berkurang, berarti alergi terhadap hawa dingin (pemicunya hawa dingin). Semoga membantu ya ^_^

  24. SINYO ak tuh pucinggg ma flue brkepanjangan dg gatal2 dkuping,dtengorokan.dmata,and sluruh wajah..kesel bgt sinyo blum tersembutnya smpe2 g bs napas…kdg2 ganggu tdur tiba2 meler sendiri trus bersin2 dr jam 3mlm mpe jam6 pg g kelar2,,kdg2 jg dr bgun tdr smpe jam 12 siang…skg mkn seafood ja g bsa mta lsg bengkak n merah2 …cairan yg dkeluarin kyak air meler , suka lwt tengorokan jg….aduh sinyo tlg solusinya…mkshh.

    • Dear mbak Fifi, setahu saya alergi rinitis tidak dapat disembuhkan kecuali dengan menghindari penyebabnya, ada juga beberapa kasus alergi yang sembuh dengan sendirinya. tetapi kalau baca kasus mbak Fifi tampaknya harus konsultasi kepada dokter ahli THT, karena sudah menyangkut makanan juga. Sabar ya mbak dan tetap semangat :)

  25. hlo sy hesty…uda lama banget saya mengalami pilek setiap hari,,gejalanya mata saya gatal,hidung meler,ingus cair dan kepala pusing,,,ini saya alami kalau waktu bangun tidur ,kalau udara panas atau dingin sekali,kalau saya menjemur baju atau melipatnya,dan kalau saya menyapu.sudah minum vitamin setiap hari”enervon c” tapi tak juga kurang juga pileknya,,,adakah obat yg lain yg lebih jitu untuk mengobati pilek ini…atau cara meminimalkan agar saya tidak pilek lebih sering lg,,,

    • Salam mbak Hesty, apa yang dialami sama dengan saya mbak. Saya sudah mencoba berbagai ‘ramuan dan teknik’ modern dan tradisoonal. Kata dokter sih alergi ini belum ada obatnya, satu-satunya cara ya mengurangi atau menjauhi penyebab alergi. Pengalaman orang-orang yang saya kenal, mereka akan sembuh setelah berumur 40-an tahun ke atas. Ini saya juga sudah mulai jauh berkurang dibandingkan waktu anak-anak atau remaja. Tetapi tetap kalau beraktivitas saya selalau memakai penutup hidung dan menjaga tempat agar selalu bersih selalu. Untungnya saya hidup di pegunungan (kota Magelang), jadi sangat terbantu :). Semangat ya mbak…

  26. thanks ya atas sarannya…ternyata kita masih sm2 anak magelang tp sayang skrg saya uda pindahdan stay dibalikpapan,,,yg jauh dr udara bersih

    • Sama-sama mbak, sabar ya dan terus berjuang ^_^

  27. kalau saya untuk biduran dan filek ,minum serbuk dau sambiloto tapi sangat pahit sekali. kalu bisa dimasukkan ke dalam kapsul, pagi 2 kapsul , siang atau sore, atau malam 2 kapsul. Alhamdulilah sangat membantu . pada saat ingin diminum jgn luipa memohon kepada Allah swt. jadi tidak bergantung pada obat tersebut.

    • Alhamdulillah, semoga dibalas dengan kebaikan yang banyak atas masukannya :) pak ^_^

  28. Bener gan (y) gw ngerasaiin itu gan

    • Semoga sabar dan mengatasinya dengan bijak mas :) semangat ^_^

      • Salam untuk semuanya, apa yang anda alami sama dengan saya , sudah mencoba berbagai ‘ramuan traditional sampai yang modern , Kata dokter harus kita cari penyebab alergi tersebut karena penyakit yang disebabkan karena alergi ini belum ada obatnya, satu-satunya cara harus dicari penyebab alergi tersebut atau menjauhi penyebab alergi. Saya kena flu dari sekolah SMP sampai sekarang telah berumur mendekati 50-an tahun ,tapi alhamdulillah penyebab alergi sudah saya temukan ” ASAP ROKOK ” setiap hidung menghirup asap rokok terasa gatal2 dan FLU langsung bergerilya , heeem begitu terkena asap rokok saat itu juga FLU ku kumat.Jadiii kalau aku mau menghisap rokok aku harus minum obat yang namanya renos dari apotek , berbentuk kapsul isinya kaya pasir warna warni. Aku pesan saran aja tolong catat aktifitas seharian dan cari penyebab flu yang sebenarnya.

        Dari makanan : check yang kita makan serta bumbu2 dapurnya
        Dari cuaca : dingin panas mendung
        Dari lingkungan : udara pagi sore , polusi , asap pembakaran rokok dll.

        Terimakasih dan selamat mencari penyebab alergi

      • Terima kasih atas masukannya, semoga dibalas dengan kebaikan yang banyak, aamiin ya Allah :)

  29. hi sinyo … senasib ni . aku jga punya alergi rinitis . repot sekali yaa … harus terus punya tissue :( n bersin tu bikin cape , keluar air mata terus”n .

    • Sabar mbak Dian, dibalik cobaan pasti ada berkah…minimal bagi penjual tisu :) semangat mbak ^_^

  30. Sy Ayuni,baru mulai alergi debu dan pilek tahun 2011 di usia 26 tahun, pdhl wktu kecil, remaja sehat2 saja. ternyata ini diturunkan dari ayah saya, hehe..Awalnya susah bgt ya buat sabar dan ikhlas krn jujur mmg sangat mengganggu aktivitas.stlh membaca informasi ini wah sangat membantu! Ayah saya yg berusia 54 tahun saat ini sudah sembuh dr alergi, bs juga krn usia, bs juga krn kebiasaan ayah meminum jus noni (mengkudu) dari Tahiti #malah ky promosi y,wkwk. Sy blm ikut minum itu, tp semisal nanti bener2 sembuh krn minum jus noni, akan sy share’kan ke teman2 :)
    Makasih banget buat mas Sinyo dan semua yg berbagi di blog ini..Tetap Semangattt!

    • Dear Mbak Ayuni

      Kalau dari berbagai referensi ilmiah yang saya baca, alergi dapat berganti-ganti mbak. Entahlah, mungkin yang terjadi pada mbak transformasi alergi yang lain? Tapi apapun yang terjadi tetap kita nikmati. Nyo sudah terapi macam-macam mbak sejak kecil, tetapi memang cara paling ampuh menghadapi/mencegah sebelum alergi datang. Selain itu aman-aman saja.

      Terima kasih atas masukannya, semoga jus mengkudu itu ada rasa apel atau strawberi ya mbak, tidak tahan baunya ^_^ (atau jangan-jangan mengkudu dari Tahiti manis dan wangi ya? kekekeke :D )

      Cemungud…

  31. sinyo aku dari kecil memiliki alergi seperti ini,sedangkan aku bertempat tingal di daerah pegunungan.Dan bekerja di tempat AC..kalo uda begitu gmana dong?

    • Dear mbak Titix, saya juga tinggal di Magelang (kota Magelang) termasuk pegunungan, selama hampir 8 tahun bekerja di ruangan AC pula. Sampai saat ini cara terbaik mencegah alergi adalah istirahat cukup-minum vitamin seimbang-mencegah alergi sesuai dengan penyebabnya. Jika mbak alergi pilek yang disebabkan dingin, banyak berolah raga dan memakai baju hangat. Kalau perlu saat tidak bekerja bisa memakai masker, kalau di tempat kerja boleh memakai masker ya lakukan saja demi kelancaran kerja juga kan?. Semangat ya mbak dan tetap hidup sehat ;)

  32. Terimakasih infonya kaka Sinyo .. Alergi rinitis ini ya namanya :(
    aku skg udah mhsiswi smst 5 yg udah bosen ngrasain pilek hampir tiap hari tiap pagi yg ujungnya sakit deman n ga bisa aktivitas, apalagi daerah rumahku d puncak . Sedikit lega kalo brgkat k kost yg udaranya tengahan . obat udah ga mempan juga mulai smp minum obat+obat tetes d hdung tp tetep ga ada fungsi . aku kira gangguan pendengaranku karna demamnya tp mgkin karna pileknya yaa .
    kalo liburan kuliah gini siap2 de tisu yg banyaak ..
    kalo nemuin obatnya/tips yg lebi mantab post lagi/send via email ya kak .. Hehe Terimakasih .

    • Sabar ya mbak Gita, neh saya semakin tua kok rasanya sudah mulai jauh berkurang. Kata tetangga saya yang alergi Rinitis dia sembuh sekitar usia 50-an tahun, jadi kesimpulannya semakin tua akan berkurang. jangan melihat sisi ‘buruknya saja’, sisi pahala mengalir terus karena sakit kan mengurangi khilaf dan salah yang kecil-kecil :) . Semangat mbak, pasti bisa….fokus pada hal lain agar terlupakan ^_^

  33. terxta sy terkena alergi dingin.sy sampe malu karena dibilangin “penyakitan”. hmm…sy baru tw klo ini alergi dingin,krn dlu setau sy, alergi sy hax pd makanan laut dan telur.
    terimah kasih infox…:)

    • Tetap semangat menjalani hidup, sabar ya ;)

  34. Hi Sinyo.dari yang kamu tulis diatas.. bikin aku bertanya2.. apakah aku rinitis??? hehehe, dari dulu cuma ke dokter umum, blm pernah ke THT. terus beberapa diagnosis bilang klo ini ada sangkut pautnya ama PDA yg aku derita. terus aku operasi kmrin Mei.. tp ternyata aku masih saja sering pilek, tiba2 hidung tersumbat, bersin, dan yg pailng sebel bikin aku krok2 buat buang lendir di tenggorokan gr2 ingus yg terseumbat terus ketelen2 dan ngendap di tenggorokan -_- kadang juga ngerasa “melas banget sih aku” :D #btw, kata ustad Danu flu itu karena kita terlalu spaneng ama sesuatu, dan Insya Allah bisa sembuh dg merubah pola pikir . oke Sinyo.. semoga kita lekas sembuh total ya. aamiin

    • Mungkin mbak Idham, karena alergi memang susah diberantas (paling maksimal dikurangi). Kalau masalah pola pikir berkaitan dengan penyakit ‘biasa’ (terutama yang berhubungan dengan syaraf) mungkin iya mbak, hanya saja kalau alrgi saya ‘kurang yakin’ karena memang kadangkala datangnya secara sporadis.

      Sebagai contoh, dalam beberapa hari saya sama sekali tidak pilek (mbeler) sama sekali, bahkan ketika sedang bersih-bersih. Tetapi dilain waktu, entah baru duduk atau baru bangun tidur ambil air wudzu, habis itu mbeler dalam jumlah banyak. Polanya sudah saya ‘teliti’ dan ‘ditandai’ tetapi yang ditemukan memang sangat acak. Saya hanya dapat menghindari hal-hal yang jelas terasa seperti debu. Hawa dingin juga tidak memastikan saya ‘mebeler’ begitu saja. Jadi memang alergi, termasuk rinitis, sampai sekarang belum terpecahkan secara ilmu pengetahuan, baru sampai pada tahap hipotesa atau dugaan sementara pada data yang telah terkumpul.

      Saya beri contoh satu lagi mbak, putri bungsu saya barusan kemarin gatal-gatal di seluruh badannya selama hampir 2 hari (bentuknya bentol-bentol seperti digigit nyamuk, kemudian menjalar dan menyatu banyak sekali). Kami curiga karena hawa dingin yang mendera (negatif karena hawa dingin bukan cuma menerpa hari itu), habis makan cumi (negatif karena dia juga selama ini suka makan cumi..bahkan setelah gatal-gatal dia makan cumi tidak apa-apa) atau ulat bulu (sudah kami cek Umi-nya juga kagak kena berarti bukan ulat bulu). Kami telusuri satu per satu ternyata bukan ketiganya. Kami cuma membeli obat alergi gatal diminum sekali langsung sembuh beberapa menit kemudian.

      Hikmahnya…supaya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT, lahbersin terus kan berucap ‘Alhamdulillah’ :)

  35. Semangat semua teman2, masih banyak saudara2 kita yang kondisi kesehatannya lebih buruk dari kita

    • Siap mas Juan, terima kasih atas nasihat dan semangatnya :)

  36. kini saya tahu, you are not alone, saya sudah mengalami pilek lumayan lama hampir 4 tahunan tapi tahun ini mungkin yang terparah, ternyata memang terdiaknosa rhinitis alergi dan terkena sinusitis edmoidalis, setelah diusut beberapa anggota keluarga besar saya juga mengalaminya, termasuk tante saya, beliau lebih lama berpengalaman dalam alergi ini padahal dia bekerja dalam bidang ahli gizi, nah lo…, setelah saya cari info dari tante, sebaiknya tidak melakukan operasi sinus karena hasilnya kemungkinan sama saja atau bisa memperparah, dia menyarankan untuk melakukan imunisasi influenza, karena dia sendiri “terbantu” (setidaknya 70%) dengan imunisasi tersebut, tapi sampai saat ini saya belum melakukannya karena ternyata banyak dokter yang tidak menyarankannya (tanpa rekomendasi dokter saya tidak bisa lakukan imunisasi), tapi tidak ada salahnya dicoba kan?, lanjut banyak teman sejawat yang mulai muncul gejala rhinitis alergi, setelah saya baca memang baru muncul saat dewasa muda seperti saya n beberapa tmn saya, sampai saat ini pun saya masih diribetkan dengan ini terutama jika menyetir mobil, bisa dibayangkan menyetir mobil dengan membawa handuk sedikit basah dan mengusap usap hidung sambil memegang stir hahaha, mungkin Alloh SWT menyuruh saya untuk hidup lebih bersih dan bersabar, banyak hikmah yang bisa saya ambil dari sakit ini, tetap semangat kawan….

    • Terima kasih masukannya Mas Baskara, semoga dibalas dengan kebaikan yang berlimpah, Saya sendiri sekarang sudah mulai jarang alergi pilek, benar kata orang akan sembuh dengan sendirinya :)

      • Aamiinn… yups, pernah saya konsultasi ke dokter katanya bisa diringankan juga dengan penyuntikan alergen (imunoterapi) ke tubuh kita, tapi butuh terapi rutin sampai 3 tahun…

      • Terima kasih atas masukannya mas :) semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman yang bermasalah dengan alergi rinitis.

  37. Hehehe saya juga punya alergi, mungkin bagi yang punya biaya bisa tes alergi pakai prick tes(klo ga salah nulisnya) alias tes tusuk di kulit atau tes darah IgE RAST, biar ga tebak-tebak buah manggis istilahnya, semoga kawan yang punya sakit alergi diberi kesembuhan oleh Alloh Aamiinn….

    • Terima kasih Mas Bagas atas masukannya, semoga bermanfaat :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: