Posted by: sinyoegie | July 23, 2008

Terkenal

Kebanyakan orang ingin terkenal, karena saat kita menjadi terkenal identik dengan kemudahan (keleluasaan mendapatkan kolega, job, karir, tindakan dll). Sinyo kadang geli saat melihat seorang yang dielu-elukan (entah itu artis, pejabat, ustadz atau yang lain) oleh banyak orang bahkan sampai menangis, teriak-teriak dan juga pingsan. Hal yang Sinyo jahui sejak kecil. Memangnya ada yang salah kalau terkenal…?

Sama sekali tidak, adalah hal yang wajar jika seseorang berbuat (entah) baik atau buruk kemudian menjadi dikenal dan disukai banyak orang. Pengamatan kita arahkan kepada orang-orang yang menganggap seseorang terkenal, yaitu diri kita ini. Berdasarkan apakah kita beranggapan bahwa seseorang itu terkenal dan layak untuk dikenal. Kebanyakan dari kita hanya melihat dari “luar” saja tanpa menelusuri lebih lanjut yang terdapat dalam bagian “dalam”.

Di kampung Sinyo ada seorang ustadz, terkenal di luar kota sebagai dai jempolan dan jika mengadakan pengajian di masjid kampung maka orang yang datang lumayan luar biasa, walau dari luar kampung. Kenapa jarang atau bahkan tidak ada orang kampung yang ingin datang di kegiatan pengajian ustadz tersebut? Jawabnya simple, karena orang kampung tahu dan paham bagaimana tingkah laku, tindak-tanduk dan kegiatan si ustadz sejak kecil sampai dewasa. Orang luar? Hanya tahu apa yang disampaikan oleh sang ustadz di mimbar saja.

Banyak hubungan antara dua pihak (entah dalam bentuk pernikahan, pertemanan, persahabatan, atasan-bawahan dan masih banyak lagi) gagal dikarenakan apa yang terlihat di “luar” jauh dengan hal di “dalam”nya. Tampaknya hubungan yang terjadi baik-baik saja, adem, mempesona serta menyenangkan namun tidak sedikit terkuak bahwa kenyataan yang ada rapuh dan busuk. Saat bertemu saling memuji tidak tahunya saling mencaci kala berjauhan.

Orang yang “terkenal” dalam hati dan pikiran kita biasanya berusaha kita ikuti entah sekedar mecontoh gaya bicara atau rambut sampai dengan tuntunan tindakan. Seperti apa orang yang terkenal bagi kita maka dapat menjadi gambaran tentang kita sebenarnya.

Siapa orang terkenal dalam hati dan otak kita? Jawabnya ada pada perilaku kita sehari-harišŸ˜‰


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: