Posted by: sinyoegie | July 31, 2008

Tiga Sandal Murah

Siapa yang tidak punya sandal? Jarang sekali kita menemukan orang tidak punya sandal kecuali orang-orang tidak waras yang tak terurus oleh negara ini di jalanan sana, bahkan dari merekapun masih ada sebagian yang memakai sandal. Ya, sandal memang murah bahkan jika mau para pegawai yang sudah terima gaji UMR bisa membeli sandal setiap hari walau hanya berupa jepit.

Saat Sinyo ditugaskan di kota Semarang, setelah mendapatkan kost Sinyo membeli sandal jepit dua buah. Satu digunakan saat tugas kantor dan lainnya buat kegiatan di kost. Beberapa waktu berjalan normal kedua sandal aman-aman saja. Sudah garis Allah SWT tepat pada hari yang sama sandal yang Sinyo tempatkan di kantor dipinjam tanpa pemberitahuan begitu juga nasib sandal yang berada di kost-kost-an.

Sinyo ke mushola kampus Unisbank pakai kulit alami alias telanjang kaki. Kemudian Sinyo membeli sandal jepit baru satu buah. Ternyata sandal yang di kantor dipinjam salah satu rekan kerja Sinyo pulang ke rumah, entah kenapa dia tidak meninggalkan pesan berupa tulisan atau yang lain. Sandal itu sudah dikembalikan namum karena Sinyo sudah membeli sandal baru sekarang entah dipakai siapa dan bagaimana nasibnya Sinyo juga tidak mengetahuinya. Sandal yang di kost lebih parah lagi, sampai saat ini tidak kembali.

Sandal jepit memang murah, orang bisa meminjam sewaktu-waktu tanpa izin dahulu kalau perlu tidak usah dikembalikan saja, toh harganyapun terjangkau semua orang, bisa dibeli lagi bahkan 10 biji. Menjadi pertanyaan sekarang adalah sampai di mana tingkat “murah”? Sandal dengan harga Rp 100.000,- menurut sebagian orang termasuk murah sedangkan bagi yang lain amit-amit mahalnya.

So jangan heran apabila banyak orang entah itu pejabat, staff biasa dll mengambil sesuatu yang bukan hak mereka (berupa benda, uang atau yang lain) karena bisa jadi diangap “murah”. Kan negara atau perusahaan bisa mencari lagišŸ˜‰

Jangan-jangan harga diri dan nurani kita pun sudah dianggap “murah” oleh kita sendiri bukan orang lain.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: