Posted by: sinyoegie | August 4, 2008

Wajah

Wajah merupakan salah satu area tubuh yang sangat dominan dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya, walapun citra sesorang biasanya dilihat secara menyeluruh bukan berdasarkan satu per satu bagian tubuh.

Sebab wajah orang dapat saja jatuh hati pada pertama kali pandangan atau sebaliknya menjadi ketakutan dan muak. Entah dimulai sejak kapan namun kebanyakan orang masih salah menilai kualitas diri seseorang hanya berdasarkan wajah semata.

Sudah jamak bahwa dalam film-film (baik asli atau animasi), cerpen, novel, legenda, cerita rakyat dll menggambarkan bahwa seorang (tokoh) yang baik hati mempunyai wajah tampan atau cantik. Kalaupun ada yang berlawanan tingkat perbandingannya kalah jauh.

Sejak kecil kita menerima hal-hal tersebut, padahal saat anak usia dini pencitraan sangat dibutuhkan sehingga mungkin sebagian besar dari kita juga ikut berusaha mencontoh fenomena tentang wajah. Jangan heran kalau kadang anak berkata: “Aku cantik kan?” Boleh jadi apa yang kita temukan dalam kisah-kisah menjadi kenyataan dalam hidup ini karena pencitraan diri saat masih kecil.

Lantas bagaimana dengan orang yang mempunyai wajah tidak seperti tokoh-tokoh idaman tersebut? Sinyo tidak dapat berkata apa-apa namun berikut ini ada 2 hal pengalaman Sinyo yang cukup berharga untuk menjadi modal renungan kita semua:

  1. Pernah Sinyo kentut di kelas, maka bau menyengat berhamburan di ruangan tersebut. Hampir semua murid menutup hidung, karena Sinyo juga menutup hidung maka tuduhan asal muasal kentut dijatuhkan kepada anak-anak yang dianggap nakal dan entah kenapa wajah merekapun juga “sangar”. Saling tuduh terjadi dalam kelas dan Sinyo tetep diam karena mungkin masih remaja, belum berani mengakui kalau Sinyolah yang kentut (Maaf ya teman-teman)
  2. Waktu SLTP Sinyo punya temen sekelas namanya Erwah (Hallo Erwah apa khabar?). Walau beda agama kami akrab dan duduk satu bangku meja. Wajahnya mungkin bagi sebagian orang dianggap tidak layak untuk dijadikan teman, apalagi kalau bicara mulutnya sering bau dan ludah suka melayang beberapa centi ke depan. Banyak hal dia dikucilkan, dicuekin dan dijadikan bahan tertawaan teman-teman yang lain. Sinyo sudah berusaha membela secara maksimal bahwa dia juga layak diterima dengan baik apa adanya. Hal yang paling Sinyo ingat adalah saat guru olahraga mewajibkan semua laki-laki ikut tolak peluru. Erwah sudah ragu-ragu dan malu sekali dengan sorak-sorai anak-anak yang mencibirnya, tapi Sinyo tetep memberi semangat bahwa dia pasti bisa. Alhamdulillah ajakan dan teriakan Sinyo menjadi lecutan banginya dan dia gembira sekali dapat melakukan tolak peluru, Sinyo paling bahagia saat itu. Entah sekarang perkembangan dia bagaimana yang jelas setelah lulus SLTP kami berpisah.

Masih banyak sekali contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari, betapa kadang kita tidak adil mengambil keputusan atau melakukan tindakan hanya berdasarkan wajah dan atau penampilan. Bahkan Mas Fauzil Adzim pun mengalami perlakukan yang sama saat masih kecil dan remaja (Assalamu’alaikum mas Fauzil, satu buku masih Sinyo pinjam ya ^_^ )

Seharusnya dimulai dari kita, bahwa siapapun layak dihargai berdasarkan kemampuan, akhlak dan tindakan terpujinya bukan hanya wajah apalagi penampilan semata. Mungkin Sinyo tidak akan pernah bisa merasakan menjadi orang-orang terpinggirkan namun Allah memberi kita hati dan akal untuk belajar memahaminya.

Ya Allah semoga kita semua termasuk orang yang mensyukuri segala nimat dan karunia yang engkau berikan, tidak ada cacat dalam ciptaan-Mu. Ampunkan kami jika masih ada khilaf terhadap sesama hamba atau makhluk ciptaan lainnya. Amiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: