Posted by: sinyoegie | August 29, 2008

Kenapa Kutunda?

Sinyo pikir semua sudah beres, barang-barang di kost sudah siap diangkat juga pernak-pernik perlengkapan kantor milik pribadi tinggal menunggu dijinjing. Hari terakhir bersama team subnet Semarang telah tiba juga. Kurang lebih lima bulan lamanya Sinyo ditugaskan menjadi kacab Semarang dan kembali ke Magelang bertemu keluarga. Semua file subnet Semarang (baik yang soft dan hard) sudah Sinyo serahkan kepada Ibu Pipit (selamat ya mbak atas promonya). Khusus data subnet Magelang Sinyo simpan dalam hard disk (HD) untuk back-up di kantor Magelang.

Sinyo punya kebiasaan untuk selalu menyimpan cadangan data baik milik pribadi maupun kantor (entah berupa HD, flashdisk, atau cd). Manusia memang tempat lupa dan khilaf, selama bertugas di Semarang hanya sebagian kecil data saja yang Sinyo back-up. mail, tulisan pribadi, kerjaan kantor dll banyak yang Sinyo tunda untuk menyimpannya. Awal-awal bulan masih Sinyo save semua, lama-lama tertunda karena “malas” dan yakin akan kemampuan HD, toh nanti dapat dipinjam untuk copy langsung di komputer kantor Magelang atau rumah.

Setiba di Magelang, hari-hari pertama masuk kerja adalah copy file-file penting dari HD yang Sinyo bawa dari Semarang. Allah memberi ujian cukup berat, ternyata HD ngadat dan mogok kerja. Dimulai dengan sebagaian file error terbaca (Alhamdulilah dengan teracopy beberapa files masih dapat dipindah), lama-kelamaan HD sama sekali tidak terbaca komputer. Jangankan membaca file, terdeteksi bios-pun tidak. Ya Allah kemungkinan besar silinder HD rusak dan untuk recovery data jelas butuh dana segar yang cukup banyak.

Saat itulah Sinyo baru sadar, betapa Allah telah memberi waktu kepada kita terlalu banyak untuk segera mengerjakan segala sesuatu dengan baik. Hanya kita saja yang kadangkala masih menunda-nunda perbuatan baik sehingga waktu yang diberikan Allah seakan kurang. Lebih banyak hal sia-sia kita kerjakan sehingga waktu berlalu dengan cepat.

Jangan ditunda-tunda, jika sudah selesai suatu urusan maka kerjakan hal baik lainnya. Hanya menghibur diri, Sinyo masih beruntung diingatkan oleh Allah bahwa yang hilang hanya berupa file saja. Coba kalau ruh kita yang dicabut tanpa peringatan padahal kita menunda hak untuk sholat, puasa, shodaqoh atau hal baik lainnya, maka “malu” akan menjadi milik kita di akherat. Apalagi jika tertundanya urusan baik tersebut hanya gara-gara keduniaan yang bersifat merusak seperti ghibah dll bukan hanya “malu” , siksa juga kita dapatkan.

PADA HARI ITU MANUSIA KELUAR DARI KUBURNYA DALAM KEADAAN YANG BERMACAM-MACAM, SUPAYA DIPERLIHATKAN KEPADA MEREKA (BALASAN) PEKERJAAN MEREKA. (AZ-ZALZALAH: AYAT 6)

MAKA APABILA KAMU TELAH SELESAI (DARI SUATU URUSAN), KERJAKANLAH DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH (URUSAN) YANG LAIN. (ALAM NASYRAH: AYAT 7)


Responses

  1. sekarang udah dimagelang lagi nyo??

    Komentar Sinyo
    Betul bang, soalnya saya hanya sanggup 5 bulan saja (waktu ditawari pindah Semarang jelas Sinyo tolak soalnya keluarga di Magelang) hehehehšŸ˜‰

  2. Di tempat kerja saya, ada satu orang yang memandang sebelah mata tugas walaupun berulang kali diingatkan terkadang. Alasannya lupašŸ˜¦

    Tapi dia pun punya nilai positif di sisi lain.

    Komentar Sinyo
    Iya sama dengan jaman TVRI dulu, “maaf ada gangguan teknis” qiqiqiq…..šŸ™‚

  3. Mau laporan asuhan keperawatan secara lengkap dapatkan di referensi.morningcamp.com, sayangnya yang terupload baru seratusan askep, kalo menghendaki kasus khusus dapat meninggalkan komentar pada halaman utama

    Catatan Sinyo
    Walau tidak berhubungan dengan artikel Sinyo, site ini cukup menarik sebagai salah satu sumber informasi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: