Posted by: sinyoegie | October 7, 2008

Hilang, Rusak, dan Musnah

Di bagian bawah kantor BMP.NET Magelang terdapat warnet (namanya warnet Beringin), pemiliknya tentu saja bos BMP.NET. Pemasukan dapat dikatakan stabil, kalaupun ada penurunan pada waktu-waktu tertentu saja seperti masa liburan Akper dan Akbid (tetangga sebelah). Dulu Sinyo saat masih menjadi customer support Indonet Magelang (sekang BMP.NEt) diserahi oleh pimpinan untuk mengelola warnet tersebut. Alhamdulillah berjalan normal dan lancar. Saat ini kadang Sinyo masih ikut jaga dikala op sedang izin cuti/libur atau ketika tidak ada crew yang stay di kantor. Suatu saat Sinyo pernah melihat pengunjung membawa masuk helm-nya, biasanya sih ditenteng (dibawa pakai tangan), nah yang ini agak berbeda helm tersebut tetap dipakai di kepala.

Laki-laki yang membawa helm tersebut hanya mengantar seseorang yang akan memakai jasa warnet. Berkali-kali dia masuk dan keluar lagi dengan helm tetap di kepala. Sekali-kali helm diletakkan di meja yang kosong. Sinyo lihat memang helm mahal sehingga sayang memang jika harus hilang ditinggal keluar. Walaupun kadang helm sudah dikunci dengan badan motor, tetap saja namanya maling masih bisa membobolnya jika kita lengah.

Memiliki barang mahal atau berharga (secara materi dunia dihargai mahal) memang seringkali cukup merepotkan. Ada beberapa ketakutan yang menghantui pemilik barang-barang berharga diantaranya:

1. Hilang, ini adalah rasa ketakutan yang paling mendominasi. Bagaimana apabila barang berharga yang kita miliki hilang? Tentu saja akan kecewa, selain harus mengeluarkan biaya mahal tentu untuk mendapatkannya kadang disertai dengan usaha penuh kesusahan dan kepayahan (apalagi jika berhubungan dengan benda antik atau langka). Ditambah jika benda itu mengandung nilai “bersejarah” berkenaan dengan diri sang pemilik tentu akan menambah sedih dan luka apabila barang tersebut hilang. Barang yang hampir sama memang dapat diusahakan kembali untuk diperolehnya namun tentu dengan usaha yang jauh lebih keras.

2. Rusak, walau belum dapat dikatakan setara dengan kata “hilang” namun barang yang sudah rusak hampir dikatakan menjadi cacat atau “hilang” sebagian. Mungkin masih dapat dimanfaatkan namun sudah tidak normal dan tentu akan membuat kecewa pemiliknya. Barang yang rusak memang masih dapat diperbaiki akan tetapi cacat atau luka yang ada tidak akan pernah dapat terhapus seperti saat masih dalam keadaan baru/normal.

3. Musnah, berbeda dengan hilang karena dicuri atau tidak ketahuan “juntrungnya”, lain pula dengan rusak yang masih dapat dimanfaatkan walau cacat, maka musnah untuk menggambarkan bahwa barang yang dimiliki sudah tidak dapat dimanfaatkan. Walaupun dia ada namun hanya akan menjadi sampah dan mengganggu lingkungan saja. Paling banter diloakkan atau dikilokan untuk dimanfaatkan dalam bentuk lainnya, bahkan beberapa barang yang mengandung radiasi/racun betul-betul harus dijauhkan dari orang.

Ketiga hal di atas sangat dijahui dan ditakuti oleh orang-orang yang mempunyai barang berharga di dunia ini. Tidak harus orang kaya, seorang miskinpun boleh jadi mempunyai barang berharga dan mahal walaupun itu hanya sepasang kaos kaki bekas yang masih tampak bagus dan bersih.

Setiap orang akan menjaga barang-barang berharga mereka dengan taruhan darah, air mata bahkan nyawa sekalipun rela diberikan. Sayang seribu kali sayang, sebagian besar dari kita hanya menggunakan untuk barang yang kasat mata (duniawi). Iman yang tidak tampak tidak kebagian untuk dipertahankan serta dijaga, mungkin karena sudah banyak yang tak beriman sehingga tidak ada yang perlu dipertahankan lagi.

Semoga Amal ibadah kita di bulan Ramadhan tahun 1429 H diterima Allah SWT untuk kembali fitri, mohon maaf apabila selama ini Sinyo ada khilaf dan salah. Peace…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: