Posted by: sinyoegie | October 17, 2008

Di Mana Bangkainya?

Ada pepatah yang mengatakan bahwa serapat-rapatnya bangkai ditutupi maka baunya akan tercium juga. Ungkapan itu digunakan untuk memberikan gambaran bahwa serapi-rapinya kejahatan ditutupi maka suatu saat akan ketahuan juga (terbongkar/terungkap). Sejak kecil kita mengenal dan memahami hal tersebut, namun dalam kehidupan sehari-hari benarkah demikian?

Beberapa waktu yang lalu, “kemungkinan” ada bangkai di salah satu kamar kami, karena bauanya menyengat dan terasa betul bahwa itu bau bangkai. Sudah dicari-cari namun tidak diketemukan sehingga akhirnya bau (yang mungkin) bangkai itu hilang sendiri seiring berjalannya waktu.

Bau bangkai hampir mustahil dapat dibendung kecuali beberapa hal yang secara logika dapat menghambat atau bahkan menghilangkan bau bangkai. Jadi secara logika tidak semua kejahatan dapat terungkap, dan memang itu yang terjadi di dunia nyata.

Sayang pepatah di atas tidak dilanjutkan dengan, “jika sudah tercium dan ketemu maka bersihkan/buang” (yah ini mah namanya bukan pepatah tapi cerita hehehehe). Memang banyak indikasi kejahatan tercium, terungkap dan diketahui, namun langkah selanjutnya berupa keadilan hukum belum tentu berjalan baik.

Kita masih banyak melihat, bagaimana orang merugikan milyaran atau bahkan mungkin triliun terhadap negara masih bisa senyum dan hidup senang di penjara. kelak hanya keadilan Sang Khalik saja yang akan membereskan semuanya.


Responses

  1. banyak dosa yang gampang ditutupi,..

    dosa petinggi NKRI ini mungkin,…

    Komentar Sinyo
    Ssttttt (jangan-jangan tulisan stttttttttt juga upaya menutupi?) ;p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: