Posted by: sinyoegie | October 24, 2008

Terlambat

Kata terlambat, cenderung mempunyai konotasi negatif dalam pemakaian komunikasi sehari-hari. Presentasi penggunaan kata tersebut untuk makna positif jarang digunakan kecuali dalam situasi tertentu. Beberapa waktu yang lalu Sinyo mengantar Bunda menghadiri sebuah acara pesta pernikahan di salah satu gedung kota Magelang. Para tamu undangan diberi kesempatan untuk menikmati hidangan mulai dari jam 11.00 – 14.00 WIB. Sebetulnya Sinyo sudah berjanji kepada Bunda akan mengantar habis Sholat Dzuhur (sekitar jam 12.00-an), namun karena di kantor ada masalah link sehingga Sinyo terlambat mengantar Bunda ke pesta itu.

Sinyo sesungguhnya malas datang ke acara pesta pernikahan di Indonesia, ada beberapa faktor penyebabnya yaitu:

1. Kebanyakan harus makan dengan berdiri, pesan rasul jika makan duduk. So kadang kalau pas rame-rame banyak orang Sinyo bergerilya mencari tempat yang bisa diduduki. memang sebagian pesta juga menyediakan tempat duduk namun jumlahnya tidak sepadan dengan tamu yang datang.

2. Diiringi dengan musik dan nyanyian yang hingar bingar sehingga suasana makan menjadi tidak nyaman. Dulu Sinyo pernah menghadiri pesta, diiringi oleh nasyid-nasyid (live atau record) masih lumayan dapat “taste” sambil makan atau minum.

3. Berdesak-desakan bahkan menuju rebutan, nah ini yang susah dihindarkan, namanya juga prasmanan jadi bebas mau makan dan minum apa saja. Betul-betul kayak antri sembako.

4. Kebanyakan pesta diadakan siang hari, panas dan gerah. Masih mendingan kalau dapat gedung yang ber-ac atau angin cukup banyak, sering gedung yang digunakan tertutup tanpa sirkulasi udara yang memadai sehingga betul-betul membuat basah kuyup badan.

5. Banyaknya tamu undangan. Tamu undangan pernikahan di Indonesia memang termasuk yang gila-gilaan. Orang asing jika melihat pernikahan di sini selalu terkejut, betapa banyaknya tamu yang diundang.

6. Bebenturan dengan sholat Dzuhur, Ini cukup merepotkan karena jika datang agak awal maka keburu ingin sholat tepat waktu, tapi jika datang terlambat takut abis dan pestanya hehehehe.

Ternyata keterlambatan Sinyo mengantar bunda di pesta kali ini sangat menyenagkan hati Sinyo dan Bunda. Memang membawa dampak bahwa beberapa jenis hidangan sudah habis tak tersisa (tinggal namanya doank terpampang), namun jumlah yang masih tersedia lebih dari cukup. Alhamdulillah bisa duduk (tinggal pilih, banyak tempat duduk kosong), musik dan nyanyian tinggal satu dua, tamu tinggal segelintir dan suasana ruangan tampak lengang dan nyaman. Sehingga bisa menimakti hidangan yang ada dengan maksimal.

Kejadian ini membuat Sinyo dan Bunda berniat bahwa jika mendapat undangan pesta di gedung, lebih baik datang agak akhir (terlambat). Sudah sholat, tenang menikmati hidangan yang tersajišŸ˜‰


Responses

  1. paling enak mmg pas terakhir nyo, yang nikahan juga bakal ingetnya yang akhir2 doank juga, tapi jangan sampe disangka cleaning service loh :p

    Komentar Sinyo
    halah bos, tapi ya agak malu kan ketahuan banget ambil macem-macem qiqiqiqiqi.. makanya diingat sama pengantinnya (oo yang ambil macam-macam tapi nyumbangnya dikit itu ya hehehhe) ;p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: