Posted by: sinyoegie | January 3, 2009

Andai Magelang Banjir

Hampir sepekan ini kota Magelang sepanjang sore sampai dengan malam diguyur hujan, kadang teramat lebat. Hawa kota yang terletak di daerah pegunungan ini semakin dingin menggigit. Tidur harus dengan selimut tebal atau memakai sweater. Saat mendegar rangkaian deru hujan kadang Sinyo berpikir bagaimana kalau kota Magelang banjir..? Teringat dengan saudara-saudara di lain tempat yang terkena banjir. Sungguh cobaan yang diderita saat musim penghujan ini tentu demikian berat.

Hingga detik ini, selama Sinyo tinggal di magelang belum pernah melihat banjir seperti yang terjadi di televisi. Kalaupun iya, paling banjir lokal sebatas mata kaki orang dewasa jika suatu rumah atau daerah terganggu saluran airnya. Selebihnya air mengalir menuju ke bawah, karena memang kota Magelang berada di ketinggian.

Tentu repot sekali jika banjir melanda, selain harus mengusir hawa dingin kita harus bereaksi cepat menyelamatkan diri dan barang-barang jika air terus naik memakan rumah kita. Di televis ada banjir dengan ketinggian 2 meter atau lebih. Bisa jadi harta atau dokumen yang berharga menjadi rusak, belum ditambah berbagai penyakit yang mengiringinya.

Terkadang Sinyo heran, bagaimana orang-orang tersebut setiap tahun bertahan dari bajir, sesuatu yang kemungkinan besar akan terulang lagi. Tidakkah terasa berat? Sinyo tidak tahu alasan mereka, mungkin sama dengan alasan Sinyo kenapa tidak pergi ke kota besar agar dapat uang yang lebih banyak dibandingkan di kota sedang seperti Magelang.

Sinyo berdoa mudah-mudahan semua saudara yang sedang diberi cobaan musibah banjir diberi keshabaran dan ketabahan. Kalau memang ingin bertahan di daerah banjir, mungkin bisa dicari jalan keluar untuk menanggulanginya, seperti yang dilakukan negara Belanda (tentu tidak mencontoh cara negara tersebut dengan mengambil hak kekayaan alam negara lain termasuk Indonesia).

Seandanya Magelang banjir, hm…Semarang tenggelam kali ya..?


Responses

  1. wakh, ndak usah dibayangkan deh pak!
    serem saya,. salah satu yg buat saya betah di Magelang juga karena bebas banjir.,

    (ohya pak, sudah liat jembatan baru di ngembik lor, Pak?? bagus juga, tapi sayang banyak bendera partainya,..)

    Komentar Sinyo
    Belum dhe, hmm coba kapan-kapan saya ke sana. Kalau soal bendera walah wis embuh dhe, pusing saya melihatnya. Tuh para caleg banyak yang senyum pas diambil pic-nya untuk kampanye tapi koq anehnya kelihatan tidak ramah ya hehehehe….mungkin karena sudah eneg lihat bendera. bayangkan duit yang berkibar-kibar itu untuk menyantuni fakis-miskin atau yatim piatu bukankah lebih bermanfaat tah dhe?šŸ˜‰

  2. wah jangan donk….daku iso kelelep bos

    Komentar Sinyo

    Hehe….bagus kan dhe, menyelam sambil cari ikanšŸ˜‰


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: