Posted by: sinyoegie | January 15, 2009

Musnahnya Kecoa

Jika kadangkala kita bangun malam hari dan menuju kamar mandi, wc atau dapur sering kita jumpai kecoa. Kecoa adalah hewan beruas yang berkaki enam masuk dalam kelas serangga. Ribuan spesies kecoa ditemukan hampir di setiap belahan bumi ini.

Kebanyakan orang menganggap serangga ini sebagai hama atau pengganggu. Jika tidak menutup makanan yang terletak di meja, maka malam hari kecoa adalah salah satu makhluk yang “menginjak-injak” santapan tersebut. Padahal tahu sendiri kalau kecoa beredar di seputar tempat-tempat kotor, becek dan banyak materi yang dapat membawa penyakit.

Hampir setiap hari kami sekeluarga menyemprot (dengan anti serangga) bagian-bagian tertentu di seputar pembungan air ke arah got agar rumah tidak di-“jamah” oleh kecoa. Bahkan kadang satu atau dua bulan sekali saluran air yang ke arah luar kami buka dan disemprot secara menyeluruh. Telah ratusan atau bahkan mungkin ribuan kecoa kami bunuh. Bukan hanya kecoa yang demen hidup di air juga yang sering muncul dari celah-celah kayu namun tetap saja selalu ada satu atau dua yang muncul walaupun akhirnya mati juga karena terkena sisa anti serangga.

Tadi malam Sinyo merenung, kalau mungkin kecoa-kecoa tadi dianggap sebagai sebuah “kejahatan” (apapun bentuknya) maka sampai akhir bumi inipun dia akan tetap ada.

Seberapa besar dan banyak orang yang berusaha mencegah kedzaliman, ketidakadilan atau kejahatan di muka bumi ini maka tidak akan pernah berhasil. Karena dia akan selalu ada dan menghinggapi setiap hati dan pikiran manusia manapun selama belum ada hari akhiri. Kita hanya dapat berusaha mempersempit, membatasi atau menghambatnya semaksimal mungkin.

Hanya yang Sinyo takutkan, jangan-jangan bukan kita yang berusaha menghambat atau membatasi tindak “kejahatan, apapun bentuknya” namun sebagai salah satu pelakunya. Wallahu’alam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: