Posted by: sinyoegie | February 7, 2009

Hiasanpun Merusak Hutan

Andai jeritan bumi, pohon-pohon dan hutan di bumi Indonesia ini dapat terdengar maka mungkin kita tidak akan kalah sedihnya saat melihat pembantaian manusia di Palestina. Coba browsing soal kerusakan hutan di negara yang kita cintai ini. Bahkan para pimpinan bangsapun sanggup menjual harga dirinya demi merusak sebuah ekosistem hutan (apapun jenisnya, lihat berita Tanjung Siapi-api Sumsel).

Mungkin karena curah hujan di Indonesia termasuk tinggi sehingga orang dengan seenaknya menebang pohon tanpa memperdulikan dampaknya. Mereka mungkin berpikir, ah nanti kan juga tumbuh kembali. Kata salah satu dosen Sinyo dulu bercerita, di Singapura bahkan bangunan rumah menyesuaikan letak pohon yang sudah tumbuh karena memang di sana ketat sekali perlindungan pemerintah soal pohon.

Banjir, tanah longsong dan kebakaran hutan sudah tidak menimbulkan kesedihan apa-apa, yang ada adalah saling mencaci dan memaki serta menuding salah orang lain. Jarang yang mau mengevaluasi dirinya sendiri, bagaimana dia memperlakukan pohon atau hutan.

Coba anda lihat di sekeliling anda, entah di tempat tetangga atau bahkan jangan-jangan di tempat anda sendiri, hiasan rumahpun berupa potongan-potongan pohon (terbuat dari semen atau yang lain). Maka jangan salahkan anak-anak kita jika kelak beringas dalam membabat pohon atau hutan, karena sedari kecil sudah terbiasa bermain dengan lingkungan yang terlihat gundul.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: