Posted by: sinyoegie | February 18, 2009

Tentang Artikel Kota Kayu Agung

Saat kita berusaha berbuat baik, belum tentu semua orang dapat menerimanya. Jangankan Sinyo, Rasul saja yang jelas-jelas membawa kebenaran masih dicaci dan dimaki, apalagi saya yang merupakan manusia biasa yang dhaif.

Berkenaan dengan artikel saya yang berjudul: Kayu Agung Kota Penjahat..? yang sebelumnya untuk konsumsi publik, sudah saya jadikan private atau milik pribadi beserta semua tanggapan, pertanyaan dan jawaban. Berikut ini ada mail dari dhe Dopit yang ingin melihat artikel tersebut sekaligus jawaban saya:


Dikirim Tgl 17 Februari 2009, jam 10.44 PM)

asslmkm,
maaf sebelumnya,
perkenalkan, nama saya dopit.

saya pernah tinggal di kayuagung. dulu saya siswa sma n 3 kayuagung. saya memasuki sekolah tersebut pada tahun 2003.
pada waktu itu, bapak sudah tidak lagi mengajar di sekolah tersebut, sehingga saya tidak sempat belajar bahasa perancis dengan bapak.
dan sekarang tinggal (kos) di jogja, sedang kuliah.

saya merasa sangat penasaran dengan judul yang bapak tuliskan, tetapi saya belum bisa membaca secara utuh artikel tersebut. jika bapak tidak berkeberatan, tolong saya diizinkan untuk membaca artikel tersebut.

Bapak bisa memberikan saya password supaya saya bisa membacanya. atau bapak bisa juga mengirimkan artikel tersebut via email saja.
karena menurut saya kayuagung tidak terlalu jahat. akan tetapi sungguh sangat tidak dilarang jika bapak memiliki pendapat lain.
atas perhatian bapak saya haturkan banyak terima kasih.
salam,

dopit

Jawaban Sinyo

Assalamu’alaikum dhe Dopit

Terima kasih atas mail-nya. Sebelumnya mohon maaf artikel tersebut tidak dapat saya publikasikan kembali, dikarenakan berbagai pertimbangan yang saya pikir akan baik bagi semuanya. Beberapa pertimbangan tersebut adalah sbb:

1. Mengurangi prasangka buruk: Sungguh saya cinta KAG, silahkan tanya teman-teman saya di sana. Bahkan kami sudah seperti saudara sendiri, diantaranya kadang main ke kantor saya. Niat utama saya menulis artikel adalah mengenalkan KAG dengan segala keunikannya kepada warga Indonesia. Hal-hal yang unik dan menarik untuk dibaca (entah itu dianggap baik atau buruk) sesuai dengan kesan yang saya tangkap di sana tertuang dalam tiga buah artikel. Tapi ada beberapa pihak yang berprasangka buruk kepada saya, belum membaca dengan teliti dan cermat sudah emosi dan memaki.

2. Mengurangi hinaan dan cacian: Beberapa tanggapan (yang tidak jelas pengirimnya, tidak menunjukkan jati diri) sudah penuh dengan cacian dan hinaan bahkan membawa kata-kata yang “kotor” kepada ortu saya. Saya berpikir, apalah artinya ingin berbuat baik namun orang menjadi salah sangka dan berbuat yang tidak adil. Saya mengevaluasi diri, antara manfaat dan mudharatnya, jika mereka yang menghina dianggap dosa itu tentu sebab karena saya tentunya.

3. Mengurangi debat kusir: Blog merupakan salah satu media yang baik untuk berlatih berdebat secara sehat, bukan debat kusir (orang ingin saling menang sendiri tanpa memberikan alasan dan bukti). Saya pribadi sebenarnya sudah berusaha memberikan jawaban berdasarkan apa yang saya ketahui, namun lucunya hampir tidak ada tanggapan dan selalu memutar-mutar (tidak fokus pada tema). Saya sibuk dengan pekerjakan apalagi sedang ada proyek menulis buku, repot sekali menanggapi tulisan-tulisan yang sama/serupa (apalagi dari orang yang tidak jelas) tanpa membaca dengan cermat.

Tiga hal utama di atas yang ingin saya minimalisir, walaupun saya tahu kemungkinan itu akan tetap ada entah di tulisan berkenaan dengan KAG atau yang lain.

Perlu adhe ketahui bahwa dalam artikel dengan judul tersebut di atas, saya:

1. Tidak pernah menyatakan kota Kayu Agung sebagai kota penjahat (Duta), saya hanya menulis indikasi-indikasi sesuai yang saya ketahui saat 2 tahun di sana. Di sini, tidak ada yang kontra, kebanyakan salah sangka seakan-akan saya men-judge bahwa kota kayu Agung adalah kota Duta, padahal tidak. Bahkan warga kota KAG yang menulis tentang Duta sendiri sama sekali tidak “diadili”.

2. Tentang wanita, saya hanya menulis sesuai dengan masukan dari rekan-rekan guru dan murid (saat mengajar di sana). Di sini paling banyak pro dan kontra. Sampai membawa nama etnis segala (Jawa-Sumatra). Padahal suatu reportase, tentu sesuai dengan masukan si pengirim pesan, jika ada hal yang dianggap kurang benar, dapat ditambahkan dalam tanggapan. Saya bahkan tidak menyebut para wanita tersebut dari mana, tapi beginilah kebanyakan dari kita, belum membaca dengan cermat sudah memaki-maki.

3. Tentang perubahan kota ke arah lebih baik dalam artikel tersebut di atas, dan dua artikel saya yang lain soal KAG, hehe…tahu sendiri hampir tidak ada yang menyinggung dan menyentuhnya. Intinya saya adalah “salah” 100%.

Semua tuduhan (termasuk saya dianggap mencari sensasi demi menaikan trafik, padahal trafik terbesar blog saya ada dua yaitu majalah WE dan HG) sudah saya jawab, namun tidak ditanggapi kembali atau beralih kepada makian dan cacian.

Nah, dengan alasan-alasan itu, tentu adhe paham kalau saya harus membuat artikel itu untuk konsumsi pribadi.

Terima kasih dan mohon maaf😉

Catatan: kepada semua rekan-rekan di KAG, peace be upon u 4ever!!

Salam
Sinyo


Responses

  1. www.
    terimakasih banyak atas tanggapan Sinyo..:)
    maaf merepotkan.

    memang benar, semua orang pernah salah (bukankah memang tempatnya salah). tapi tidak harus merasa bersalah terus-menerus kan….

    begitulah memang sifat manusia selain tempatnya salah, juga lebih senang dipuji dibandingkan dikritik.
    jadi, untuk Sinyo: jangan menyerah, semangat!
    kalau kita berbuat baik tidak perlu ada yang ditakutkan. karena Allah pasti menyertai langkah Sinyo, amiiinnn….

    eh iya, hampir lupa.
    saya juga pernah menemukan tulisan dengan topik yang sama, duta. tapi memang sepi dari komen. saya juga heran.

    tapi, yang jelas tidak pernah menganggap Sinyo sebagai penjahat atau apalah yang lainnya yang tidak baik koq…
    saya suka malah sama sinyo…
    apalagi artikel yang “Uniknya Menikah di Kayu Agung”
    good job bangedh!!!!

    memang benar sih, dengan adanya tulisan ini akan menambah pengetahuan orang lain tentang kayuagung, buktinya aja nih… q menemukan tulisan-tulisan ini dari searching di search engine dengan menggunakan keyword: kayuagung.

    akhirnya, special buat Sinyo: terima kasih dan teruskan perjuanganmu!

    salam,
    dopit

    Komentar Sinyo

    Terima kasih dhe atas masukannya, dhe Dopit tinggal di Jogja tah sekarang? kalau ada waktu main saja ke rumah atau kantor. Doakan juga buku Sinyo nantinya kalau sudah terbit dapat bermanfaat bagi umat.

    Salam sukses selalu dan jaga diri baik-baik di sana ya😉

    Sinyo

  2. .bUaDt SiNyO MkCIE iia DaH bWaD aRtiKeL tNtanG Kayuagung…

    Komentar Sinyo
    Salam kenal Deca, iks tulisannya model-model ABG hehehe…, iya Sinyo menulis 3 artikel tentang KAG, soal idul Fitri (Midang), Pernikahan dan satu deskripsi kota KAG. Yang terakhir Sinyo konsumsi untuk pribadi dikarenakan mengundang kontroversi. Miss KAG…., TC Deca😉

  3. bang sinyo tampilin dong, soalnya saya penasaran banget tentang kayu agung.
    saya selalu denger dari orang kalo kayu agung tuh kampungnya para perampok.
    abang kan pernah menetap disitu dan tau benar seluk beluk kayu agung.
    saya ini orang palembang tapi dari lahir sampe gede hidupnya di tangerank. jadi saya gak tau tentang kampung saya, saya taunya cuma denger dari orang, kadang saya mikir kok kayak di film-film aja yah kayu agung tuh, emang bener hampir semua penduduknya yang laki” merampok semua, dan apa bener kalo dulunya ngerampoknya di luar negeri juga seperti malaysia,singapore,thailand,dan eropa ….

    Komentar Sinyo
    Hi dhe Oby

    Maaf jika mungkin mengecewakan adhe, bukannya Sinyo takut dihujat namun alakah baiknya jika sesuatu yang menimbulkan kontroversi saya simpan saja. Ada yang setuju ditampilkan namun tidak sedikit yang ‘marah’ dengan tulisan saya. Bukankah di dunia ini selalu ada dua sisi?

    Tentang Kayu Agung, memang ‘dulu’ cukup banyak laki-laki yang menjadi ‘duta’ (sebutan untuk orang yang merantau di negeri orang untuk menjadi ‘penjahat’) namun ‘sekarang’ tinggal sebagian kecil. Banyak yang sudah beralih profesi dengan berbagai macam usaha seperti berdagang atau bahkan menjadi pegawai suatu instansi.
    Memang sangat sensitif hal ini, sebetulnya bagi saya itu adalah sesuatu yang ‘unik dan menarik’ dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang. Namun tidak semua orang KAG setuju jika ‘duta’ dijadikan ‘andalan’ untuk promo KAG, padahal gang Dolly di Surabaya juga menjadi salah satu ‘ikon’ kota Surabaya, wallu’alam.

    Sebagian besar ‘duta’ memang melakukan kejahatan di luar negeri, karena pantang bagi mereka menyakiti saudara sendiri. Namun ada beberapa yang bilang untuk latihan mereka melakukannya di kota-kota besar di Indonesia. Sebagian besar ktp mereka sudah berubah bukan KAG lagi, karena memang sudah terkenal sebagai kota ‘duta’, di Malaysia terutama. Waktu saya di sana, ada beberapa yang pulang ke KAG sudah meregang nyawa, bahkan jarak meninggal dan kepulangan sekitar sebulan (kasihan ya, padahal dalam Islam kan disarankan segera dikubur). Ada rumor bahwa ‘duta’ yang meninggal dijadikan ‘praktek’ para calon dokter di negara tempat beroperasi, wallahu’alam, jika memang benar tentu kasihan sekali. Bukankah jasadnye tidak berhubungan secara signifikan dengan perbutannya?

    Terlepas dari ‘duta’, KAG sama dengan kota-kota lainnya. Mempunyai daya tarik tersendiri berkaitan dengan adat istiadatnya, tapi saran Sinyo jangan pergi ke sana saat musim kemarau tiba, karena sering asab dari kebakaran semak-semak atau hutan melandanya😉

  4. AssWrWb…Salam Kenal,saya Wildan.Saya asli KAYUAGUNG.Saya sempat membaca tulisan Sinyo: KAG Kota Kejahatan.Trus trang,saya menyukai itikad baik sinyo dlm mengenalkan kota KAG mlalui Internet.Hanya 1 hal yg mngecewakan saya,yaitu:JUDUL.Kalau saja judulnya bukan itu(KAG Kota Kjhttn);mungkin persepsi dan apresiasi dri masyarakat akan berbeda.coz,masy kita seringkali judge the book by the cover.Saya tdk trsinggung/marah dgn tulisan sinyo,krn memang itulah kenyataannya.Hanya saja,penggunaan judul yg tepat akan membuat citra KAG lebih baik d masy kita.Trims.WassWrWb

    Komentar Sinyo
    Wa’alaikum salam wr wb

    Terima kasih atas masukannya😉

  5. Duh,jd makin pnasaran sm KAG! Dr dlu sy trtarik sx sm budaya sumsel,eh dpt pacar orng KAG!kt dy KAG emang bnyk pnjahatny tp dluar daerah!syng yah artikelny g blh dbaca,tp pak sinyo appun isi artikel i2 ga akan mrubah pndpt sy tntng KAG!jd tolong dkirim k email sy ya pak?pliz..buat bukunya tntng KAG jg?

    Komentar Sinyo
    Seperti daerah lainnya, KAG mempunyai hal baik dan buruk, akan tetapi soal Duta atau penjahat itu menurut Sinyo sangat unik dan menarik bahkan saya pikir satu-satunya kali ya di dunia. Sayang, niat promosi malah disalahartikan dan tidak semua pihak menyetujuinya. So biarlah artikel tersebut terkubur dalam karena takutnya akan membawa masalah dikemudian hari. Maaf ya dhe, tidak dapat menyebarkannya. Tapi jangan khawatir tentang LAG masih ada koq yang mengupasnya, coba saja di cari pada paman google😉
    Salam kenal ya dan sukses selalu.

  6. Asalamuallaikum, Wr,wB
    Wah..kelewatan sekali bila anda memandang Kota Kayuagung tercinta ku itu sebagai kota penjahat. bukankah yg namanya penjahat berarti Orang identif melakukan perbuatan Zolim. Sedangkan Kayuagung Merupakan sebuah kota kecil dimana aq dilahirkan……tapi singkat kata alangke baiknya kalau artikel anda itu di beri judul dengan Tema” Sosok Pahlawan Robin yg berkelana menjelajahi dunia”.>>>>Aq RASsa ITU LEBIH baikkkkkk. Tank’s

    Komentar Sinyo
    Wa’alaikum salam wr wb
    Thx atas masukannya😉 , soal KAG sudah lewat koq. Kagak usah dibahas lagi. Biarlah orang lain yang menulisnya. Sudah cukup Sinyo menulis tiga artikel untuk mengenalkan KAG. Wassalam.

  7. Q pny suami asli kyu agung…
    & skr dah pisah!
    Apa yg d katakan duta n’tu,m’ang bener!
    Bhkn mertua Q,,mantan Duta d malaysia..& sdh t0bat stlh keluar dr penjara d malaysia!
    & mantan suami Q ugha s’0rg Duta!
    Wlw pun cemua ms lalu,,tp Q ttp rindu kyu agung,k0ta kecil yg beragam adat & istiadat..& s’tiap Dusun mempunyai bahasa yg berbeda2!
    K unikan lain nya,,
    adat menikah d kyu agung,,stakatan atw menikah belari!
    Bg Q,,kayu agung ttp k0ta yg indah…
    N’tah kpn Q bs k k0ta itu lg?
    K0ta seribu k unikan & kenangan!

    Komentar Sinyo
    Salam kenal dhe, saya juga kangen dengan KAG😉

  8. ada sipitung,zoro,robinhood,sama KAG OF DUTA

    Komentar Sinyo
    Kalau kata orang 3 nama pertama membela kepentingan rakyat banyak, nah satu yang terakhir no comment dah ntar disalah2in lagi hihihihihi

  9. Assalamualaikum Wr Wb,
    Salam kenal,
    Saya punya suatu pengalaman yg mau saya share. Saya dari kota Solo namun bekerja d Duri, Riau. Waktu itu sekitar bulan April 2010 saya naik bus yg turun d Depan Polres Kayu Agung(kalo ga salah). Saya janjian untuk menjenguk sahabat yg sedang sakit, namun ternyata tidak berjumpa karena HP ybs ttidak bisa saya hubungi. Saya sudah coba bertanya2 kepada banyak orang d sekitar itu dengan hanya sebuah foto dan nama namun tak ada yg mengenalnya. Dan sampai dengan sekarang saya lost contact dengan sahabat saya tersebut…
    Kiranya Bapak dapat membantu memberikan informasi tetntang sahabat saya tsb, beliau bernama saudari Angel Marchin….

    tks b4

    Komentar Sinyo
    Apakah itu nama asli? Kenal dari mana pak? hm….coba nanti saya tanyakan kepada teman-teman yang di sana🙂

  10. Iya benar nama asli Pak. Angel tinggal bersama keluarga besar ( ada om, nenek, Dokter pribadi beserta suami dan anak ( Irene) yg diboyong dari Bandung, serta satu keluarga tetangga dari Bandung yang diajak tinggal di rumah untuk bantu-bantu urusan rumah dan usaha ayahnya). Sang Ayah sedang menderita stroke. Ibu dan kakak ( Adelin Marchin ) Angel sudah meninggal. Angel itu berparas cantik, kalo artis seperti Titi Kamal begitu. Jikalau Bapak ataupun teman2 yang tahu kabar & keberadaan sahabat saya tsb kiranya dapat memberi kabar ke email saya [sigit_pratz(at)yahoo.com].

    regards

    Komentar Sinyo
    Oke mas, beberapa teman sudah saya hubungi tetapi tidak mengenalnya. Hm coba kita pasang di sini saja sambil menunggu kalau sewaktu-waktu ada pengunjung yang kenal dapat menghubungi mas Sigit. Alamat e-mail saya ubah agar tidak kena spam😉 semoga berhasil ya mas menemukan sahabat tersebut. Maaf membantunya belum maksimal🙂

  11. Saya kenal dari yahoo messenger, dari sejak tahun 2007 kami berkomunikasi namun baru tahun 2010 kemarin saya sempat ke Kayu Agung untuk menjumpai namun tidak bertemu. Ternyata beberapa hari setelah itu Dokter pribadinya sms mengatakan hari tsb Angel sedang koma, dan hp ditinggal begitu saja. Semenjak itu tidak ada kabar lagi dan kedua nomer HP nya tidak bisa dihubungi. Begitulah ceritanya Pak…

    Komentar Sinyo
    Oke mas, semoga nanti ada yang membantu ya🙂

  12. Terima kasih sebelumnya mas

  13. ass..
    sumpah q jadi kangen dg KAG,,,
    emg shi q sring pulng 6buln sX,tp msh aj q kngn dg kota kelahiran ku,,,
    malah ntr q pngn motor q gmbr ny taman kota kayuagung,n insya allah q ikutin kontes di jogja,,,
    doa”in ny..
    hohohohoho

    Komentar Sinyo
    Saya juga kangen ama KAG. Semoga menang ya kontesnya, amiin ya Allah.
    Wassalam
    Sinyo ^_^

  14. Ikut penasaran

    Komentar Sinyo
    ^_^

  15. Ass Mas Sinyo salam kenal nama saya M,yusuf asli orang kayuagung kampung saya diseberang sungai kalau dari pasar tepatnya kalau dulu namanya Dusun Kedaton kalau skrang udah jadi kelurahan saya kebetulan tidak sengaja membuka Blog tentang kayuagung Oh ya posisi sekarang saya dirantau saya meninggalkan kampung halaman setelah tamat SMA NEG I KAG dulu satu2nya SMA yg ada Di KAG Thn 1982 jadi SD saya dulu SD 7 didepan Telkom SMP Neg I juga satu2 yg ada di KAG Nah kembali kita mengulas tentang Duta jadi saya dulu pernah terpikir utk membuat berita / cerita tapi tdk kesampaian krn sibuk dibangku kuliah kemudian ditambah lagi sibuk sdh kerja PNS padahal waktu zaman saya di SMA itu lagi TOPnya Duta2 KAG jadi PNS waktu itu kalah dng duta jadi kalau masalah Duta saya banyak bahan dan perlu diketahui keluarga saya keluarga Duta mau saya sebutkan namanya Ok kalau mas Sinyo pernah dengar Haji Mudo itu adalah kakek saya belum lagi paman saya belum lagi adik saya he he jadi saya mengharapkan agar mas Sinyo dpt meneruskan rencananya utk menyelesaikan cerita masalah duta itu betul2 asik jangan takut mas itu yg kontra2 orang iri dan masalah nya hanya tau setengah2 hanya saja dirubah judul saja saya siap membantu demi kampung halaman yg tercinta

    • Wa’alaikumussalam mas M Yusuf
      Ya ya saya tahu, sering main je ke Kedaton ^_^, Saya kayaknya pernah mengajar bhs.Inggris di sebuah SD (saya lupa SDN berapa, kayaknya sih dekat Telkom itulah) kelas VI (dua kelas).

      Tentang Duta, iya saya tahu mas, hanya saja saya terus terang saya ‘kurang beruntung’ maksud hati ingin mengangkat KAG yang unik dan menarik, tetapi ada sebagian yang salah tafsir.

      Mmm begini saja, kisah mas Yusuf kita jadikan novel saja yuk. Kalau mau ntar saya beritahu caranya, tetapi mungkin saya kerjalan bulan Agustus 2012, karena padatnya saya menulis dan kerja (halah, sok sibuk kekeke, tapi memang benar, Nyo tidak mau mengorbankan salah satu. Ya pekerjaan, keluarga dan sosial harus seimbang kan?). Kalau memang serius, mas kirim email ke alamat sinyoegie(at)gmail.com . Ntar novelnya based on true story ^_^. Nyo tunggu ya, semoga mau🙂

  16. Trimksh Mas atas tanggapannya nanti kita lanjutkan lagi kebetulan saat ini jadwal saya agak sibuk juga

    • Siap mas, sukses selalu ya ^_^, aamiin ya Allah.

  17. Saya asli anak kayuagung. Om saya Bapak Dra. Adam Ibrahim Indrawijaya, MPA, pernah menjabat sebagai kepala STIA LAN Bandung, kepala sespanas dan terakhir sebelum pensiun pangkatnya eselon I dan saya kerja di kementerian lingkungan hidup.
    Intinya Kayuagung bukan kota penjahat atau kota bandit apalagi kota perampok.

    Saya tidak bisa berkomentar lebih jauh karena saya tidak membaca tulisan ilimiahnya. Taoi intinya

    Orang kayuagung pantang mencopet, merampok.
    Saya tidak punya waktu menulis disini. Jika ada yg bertanya tentang kota kayuagung, email saya yossehen@yahoo.com

    Saya akan memberi gambaran seperti apa kayuagung dulu dan sekarang
    Salam

    • Terima kasih atas bantuannya ^_^

  18. Memang tidak dipungkiri kalau kayaugung banyak duta/krataknya, tapi mereka tidak mencopet, tidak merampok, tidak menyakiti apalagi membunuh korbannya, mereka melalukan kejahatan hanya kepada orang orang tertentu yang memiliki uang banyak dengan cara yang sangat halus….


Leave a Reply

Categories

