Posted by: sinyoegie | February 20, 2009

Harga Mati

Menjadi pegawai negeri sipil banyak didambakan oleh banyak orang. Tapi entah kenapa dari muda Sinyo tidak ingin menjadi PNS. Mungkin banyak pemikiran saya yang menginginkan berusaha sendiri (wirausaha/wiraswasta) sehingga keinginan menjadi PNS sudah terpadamkan sejak masih remaja.

Kala SLTP Sinyo sudah mulai berusaha dagang kecil-kecilan walau hanya membantu kegiatan sosial untuk Masjid, hasil keuntungan dagangpun untuk masjid. Pernah menjual pisau monel, kerupuk tengiri, pakaian bekas, kalender sampai menjual bulletin (waktu itu yang terkenal Wa-Islama).

Mahasiswa, beberapa kali usaha kolaborasi dengan teman namun menunjukkan hasil yang tidak memadai (baik dari sisi syariat islam maupun materi). Karena sampai saat ini belum menemukan bentuk yang pas, maka Sinyo akhirnya masuk menjadi karyawan swasta.

Walau belum sesuai harapan, namun jalur swasta termasuk “cukup bersih”. Karena kita harus fight mati-matian untuk dapat tetap eksis. Tentu dengan cara yang bersih dan diusahakan sesuai aturan Islam. Mulai merintis kerjasama wirausaha dengan saudara sepupu istri, dan cukup banyak belajar dari usaha tersebut.

Namun dalam hati, harga mati untuk kehidupan kedepan tetaplah wirausaha atau wiraswasta. Segala hal dapat kita atur sendiri disesuaikan dengan syariat islam. kalaupun ada sisi gelap yang harus dijalani itu karena keadaan global yang mau tidak mau kita tak dapat menolaknya secara fisik, hanya sanggup dengan hati.

Semoga Allah kelak dapat membukan kemudahan bagi saya dan saudara-saudara sekalian yang ingin hidup dengan jalan yang lurus, diridhoi Allah SWT, amiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: