Posted by: sinyoegie | March 16, 2009

Membakar Diri

Api, dalam banyak hal digambarkan sebagai pemusnah massal. Jika ada yang gemar menonton film atau main game, api sering digunakan sebagai senjata pamungkas untuk melenyapkan “penjahat”. Dalam kehidupan sehari-hari kita juga sering disuguhi berita tragis bagaimana api dapat membakar segala sesuatu tanpa ampun.

Manusia dikaruniai emosi sebagai bekal hidup. Emosi dapat ditampakkan sebagai tangisan, amarah, kecewa dll. Dalam perkembangan kosa kata Bahasa Indonesia, emosi cenderung mengalami penyempitan makna menjadi amarah saja. Sehingga jika ada orang ngomel-ngomel tak karuan kita sering bilang, “Jangan emosi begitu dong.”

Nafsu amarah identik dengan Iblis, ya…dia diciptakan oleh Sang Penguasa dari api. Iblis sudah berjanji di hadapan Allah bahwa sampai alam ini berakhir, dirinya akan selalu menggoda anak Adam untuk mengingkari Allah dan para Rasul-Nya. Tidak sekedar berbisik, bahkan nasfu amarah juga mengaliri darah kita.

Itulah sebabnya, saat kita mulai naik darah dan mengobarkan api dalam diri kita maka Rasul Muhammad menyarankan untuk mengambil air wudzu agar segera memadamkannya. Pepatah bilang, jangan bermain api karena kita akan terbakar.

Sayang, dari hari ke hari, bukan hanya dunia ini yang dibakar oleh manusia. Diri mereka sendiri juga suka mengobarkan api sesering mungkin dalam tubuhnya. Tersinggung sedikit bisa menyala-nyala dan ingin melumat apa saja yang tidak sesuai kehendak pribadinya. Padahal dia lupa, bahwa saat api tidak terkendali maka bukan hanya membakar sekitarnya tapi juga termasuk dirinya sendiri.

Wahai saudaraku, berhati-hatilah saat mengobarkan api amarahmu. Bukan orang lain yang terluka, melainkan diri kita yang akan musnah.


Responses

  1. Kalo dari hafalan hadits putriku : Janganlah marah dan bagimu Syurga.

    salam kenal,

    Komentar Sinyo

    Salam kenal mbak Irma, iya itu hadits sudah diajarkan oleh anak-anak playgroup. Terima kasih mbak atas masukannyašŸ˜‰


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: