Posted by: sinyoegie | June 9, 2009

Obrolan Bunda IV: Tabung dan Kompor Gas

Pemerintah menggelontorkan banyak tabung dan kompor gas agar masyarakat yang masih memakai minyak tanah dapat beralih menggunakan gas. Sayangnya dalam praktek di lapangan masih banyak penyalahgunaan.

Baru tahun ini kampung kami mendapat tawaran bantuan konversi minyak tanah menjadi gas. Ada data-data yang harus diisi, intinya bantuan dari pemerintah tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang masih menggunakan minyak tanah dengan berbagai alasan (tentunya alasan terbesar karena tidak mampu membeli kompor dan tabung gas).

Bunda berusaha ‘jujur’ mengisi apa adanya bahwa beliau menggunakan minyak tanah saat gas habis saja. Walhasil dari sekian warga hanya sedikit yang tidak kebagian tabung dan kompor gas (termasuk Bunda tentu saja). Uniknya tidak sedikit warga yang jelas-jelas sudah lama mempunyai tabung serta kompor gas tetap mendapatkan bantuan juga. Di beberapa RT menurut Bunda malahan semua warga mendapatkannya.

Sinyo jadi teringat dengan teman sekerja dulu (sekarang sudah keluar) namanya Isdi. Dia berasal dari keluarga yang cukup dan setahu Sinyo juga menggunakan kompor gas. Saat tiba bantuan dari pemerintah, kata si Isdi semua warga mendapatkannya tidak pandang miskin atau kaya. Waktu itu Sinyo protes, loh koq bisa dapat semua?

Hanya Allah yang Maha Tahu, coba tengok di tempat anda atau bahkan anda sendiri, baca baik-baik apa sebenarnya maksud dari pemerintah memberi bantuan tabung dan kompor gas tersebut? Sudahkan kita sebagai warga negara mengisinya dengan baik sesuai data-data yang diinginkan pemerintah?

Jika hal sekecil itu saja kita berani berbohong, apalagi jika punya jabatan. Sungguh mengerikan adzab orang yang hanya berani menuding atau menyalahkan orang lain, sementara dirinya sama sekali tidak mau menatap meneliti dahulu apa yang telah dilakukannya. Bisa jadi lebih buruk……………


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: