Posted by: sinyoegie | June 24, 2009

Saluran Pembuangan

Setiap hari Sinyo berangkat kerja dari rumah cukup dengan berjalan kaki sekitar 5 menit saja. Kala melewati jalan Perintis Kemerdekaan (di depan SMA Pendowo Magelang) terdapat deretan bagian belakang dari beberapa rumah di Armada Estate yang membentuk tembok panjang.

Karena merupakan sisi yang sering dijadikan tempat pembuangan, maka sepanjang tembok deretan rumah tersebut ditemukan berbagai macam saluran pembuangan kotoran ke arah got atau bahkan badan jalan Perintis Kemerdekaan.

Ada saluran pembuangan yang ditutup rapi mengarah ke got sehingga air kotor yang terbuang tidak mengganggu pejalan kaki yang lewat. Namun, tidak sedikit pula yang cuek bebek mengarahkan saluran pembuangan asal-asalan sehingga saat air kotor keluar bakalan mengguyur badan jalan atau bahkan mungkin orang yang lewat.

Beberapa saluran pembuangan akhirnya dirapikan oleh para penjual berbagai macam makanan yang muncul di sepanjang pinggir jalan tadi. Walaupun terkesan kumuh dan kotor, nyatanya tetap saja ada yang beli dan laku juga.

Nah yang terakhir ini, ada salah satu bagian belakang rumah telah selesai diperbaiki. Alih-alih para pejalan kaki berharap agar saluran pembuangan dirapikan, yang ada bahkan mengabaikan sama sekali kepentingan orang banyak. Bayangkan saja, paralon untuk saluran air bekas mandi dibiarkan terbuka dengan jarak cukup jauh antara ujung paralon dan got (itupun tidak tepat mengarah ke tengah got akan tetapi di pinggir got) sekitar 2 meter. Saat ada orang mandi di dalamnya, maka air bisa memancar ke mana-mana bahkan jika kita tidak waspada bisa-bisa pulang lagi untuk ganti baju.

Sinyo sampai sekarang tidak paham, apakah sang pemilik rumah tidak tahu, tidak mau tahu atau tak peduli? Sayang memang, kita hidup di bawah matahari dan bulan yang sama namun sering mengabaikan kepentingan dan hak orang lain. wallau’alam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: