Posted by: sinyoegie | July 13, 2009

Surabaya dan Singapura

Hari Sabtu, tanggal 4 Juli 2009 Sinyo diajak oleh budhe (dari istri) untuk jalan-jalan ke kebun binatang di Surabaya. Sebetulnya Sinyo capek karena baru tiba dari Magelang Jum’at pagi di Nganjuk, tapi demi menyenangkan putra dan istri, okelah tidak masalah. Kalau tidak salah ingat, ini kunjungan Sinyo yang ketiga di bonbin Surabaya.

Karena bertepatan dengan hari libur tentu saja penuh luar biasa, sehingga harus parkir mobil di tempat yang lumayan jauh dari area parkir bonbin. Walau tidak selengkap dahulu kala (beberapa binatang seperti jerapah, ikan duyung dll; sudah tidak ada) tapi bolehlah guna menambah pengetahuan mas Ahza yang masih berumur 2,3 tahun. Hebat dia, sama sekali tidak mau digendong (kecuali saat melihat binatang yang tidak terjangkau oleh tinggi badannya). Haus, capek dan penat tentu mendera kami semua, namun dengan adanya rerimbunan pohon dan tanaman yang ada cukup mengobati.

Sinyo berpikir, andai saja banyak bagian tempat di Surabaya mempunyai kawasan seperti bonbin, atau setiap jalur jalan diberi pagar hidup yang sejuk, tentu tidak sepanas saat ini. Salah satu guru Sinyo dulu pernah bilang, bahwa pemerintah Singapura melarang keras penduduk menebang pohon sembarangan. Sehingga beberapa bangunan yang ada ‘terpaksa’ mengikuti pola tanaman atau pohon yang sudah tumbuh sebelumnya. Berbeda dengan Indonesia, orang merelakan pohon-pohonnya yang rimbun untuk diganti dengan bangunan yang menambah panas bumi ini.

Huf…kapan, kita dapat bermain ke Surabaya atau kota besar lainnya dengan banyaknya pohon rimbun yang tumbuh teratur menjadi paru-parunya….mungkin hanya sebatas angan-angan saja.


Responses

  1. kita balik ke masing2 dulu aja nyo, tanam 4-5 pohon di rumah. kita ga bisa rubah kota , ya kita rubah tempat tinggal kita aja dulušŸ˜€

    Komentar Sinyo
    betul bro, setuju bro tapi tidak setubuh ya hehehe. Di umah ada beberapa tanaman dan juga pot (tentunya berisi tanaman juga hihi). Berdoa semoga dunia tidak semakin panas, sepanas dikau waktu berburu panda :p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: