Posted by: sinyoegie | July 27, 2009

Tawaran yang Mengejutkan

Dulu, saat motor masih langka dan hanya dimiliki oleh sedikit orang, jalanan di kota Magelang cukup lega untuk para pejalan kaki. Sepeda kayuh adalah salah satu kendaraan favorit waktu itu.

Kadangkala saat kita berjalan di satu jalur yang sama, sering rekan-rekan atau bahkan orang tak dikenal menawari tupangan sepeda kayuh, hanya saja kebanyakan dari kita cenderung menolaknya karena tentu kasihan dengan pengendara sepeda kayuh karena bertambah beban beratnya.

Sekarang ini, saat sepeda motor berjubel dan memadati jalan, boro-boro tawaran untuk ikut membonceng (ada sih, tapi ojek :p ) yang ada hanyalah rasa was-was takut kena senggol atau bahkan tertabrak. Tahu sendiri, begitu banyak orang memakai sepeda motor tapi ‘buta’ sopan-santun dan peraturan lalulintas.

Herannya, beberapa waktu yang lalu saat Sinyo pulang dari kantor dengan berjalan kaki, tiba-tiba dihampiri oleh seseorang dengan bersepeda motor. Dia membawa sedikit barang yang ditaruh di depan dan menawarkan Sinyo tumpangan (karena dia mengira Sinyo akan berjalan lurus jauh ke arah yang sama dengan dirinya, padahal Sinyo harus belok tidak jauh dari tempat berdiri). Sinyo pandangi sebentar orang tersebut (yang sudah berhenti di depan Sinyo) ternyata sama sekali tidak mengenalnya. Sinyo jelas terkejut, di jaman seperti ini masih ada orang yang mau menawarkan tumpangan kepada orang yang tidak dikenal (ingat ini di kota, bukan di desa). Sinyo ucapkan terima kasih kepadanya dan menolak secara halus karena memang sudah dekat dengan rumah (semoga pengendara sepeda motor itu dibalas dengan kebaikan yang lebih banyak amiin)

Sinyo sering rindu dengan pelajaran di SD yang menyatakan bahwa bangsa ini ramah tamah dan suka tolong menolong, walaupun terus terang saat ini susah menemukan suasana seperti dalam pelajaran tersebut, namun ternyata masih ada juga kebaikan yang terselip walau mungkin jumlahnya tak seberapa.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: