Posted by: sinyoegie | August 14, 2009

Obrolan Bunda VII: Penolakan Jasad Ibrahim

Harimau mati meninggalkan belang, Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama, begitu kurang lebih ungkapan pepatah lama.

Saat Ibrahim, tersangka kasus teroris bom Kuningan, ditembak mati di Temanggung dan kemudian diumumkan pada masyarakat, sungguh banyak yang tidak percaya bahwa dia seorang teroris. Kelakuan hidup yang santun dan ramah ternyata bukan jaminan seseorang tidak melakukan tindakan kekerasan (atas nama apapun). Setiap manusia, selalu berpotensi untuk dapat melakukan tindak kekerasan, entah itu dianggap benar atau salah.

Prilaku orang saat hidup, boleh jadi melanggar aturan yang ada (agama, pemeritah dll). Kita mungkin saja ‘membenci’, ‘mencaci’, ‘mengutuk’ dan sumpah serapah lainnya atas perbuatan pelanggaran tersebut. Akan tetapi, apakah setelah orang yang kita anggap ‘melanggar’ tersebut meninggal kita juga berhak menolak jasadnya untuk dikubur? Wallau’alam.

Kemarin Bunda curhat kepada Sinyo, sungguh ‘keterlaluan’ sekali orang-orang yang merasa mempunyai bumi ini menolak pemakaman Ibrahim, si tersangka teroris. Alasan yang dikemukakan sungguh ‘tidak masuk akal’, mereka takut akan di’cap’ sebagai teroris juga. Kemanakah hati nurani mereka? Jasad orang meninggal sama sekali tidak ada hubungan langsung dengan prilaku orang saat masih hidup, iya jasad tersebut dijadikan alat oleh si empunya saat masih hidup, namun saat ruh terlepas dari raga, salahkan jasad mati itu?

Entah apa jadinya jika setiap individu di Indonesia ini mempunyai pemikiran yang sama, bahwa jasad orang yang dianggap ‘penjahat’ tidak boleh dikubur dekat dengan orang-orang yang merasa lebih ‘suci’. Tanya kenapa?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: