Posted by: sinyoegie | October 19, 2009

Obrolan Bunda IX: Pusat Ghibah

Hidup bertetangga di suatu kampung atau perumahan ‘biasa’ memang harus membawa konsekuensi tersendiri. Kadangkala ada suatu kasus yang sebenarnya kita tidak ada sangkut pautnya secara langsung, karena bertetangga, maka kitapun akan terlibat dengannya.

Sering setelah Bunda pulang belanja, beliau cerita betapa ‘ganasnya’ mulut ibu-ibu saat belanja. Di kampung kami ada 3 pusat belanja sayur-mayur namun yang terkenal letaknya dekat dengan lapangan voli. Di situ ada 3 penjual sayur dan kebutuhan sehari-hari secara temporary (tidak menetap). Otomatis setiap pagi hampir semua ibu-ibu kampung melakukan transaksi belanja guna melayani keluarga di tempat itu.

Berbagai macam keburukan mulut seperti ghibah atau namimah selalu terjadi, kadangkala Bunda jengkel sendiri. Inginnya sih menutup telinga untuk tak mendengarkan, namun mau tak mau harus ‘meresap’ dalam otak juga. ‘Celakanya’ Bunda (sebagai pelampiasan emosi) juga bercerita apa yang didengar tadi kepada Sinyo. Sekeras apapun Sinyo menolak, otak tetap saja ikut ‘berprasangka buruk’ atas berita-berita yang miring.

Sungguh hebat sekali ya kekuatan mulut, dia bisa meruntuhkan kerajaan, menyengsarakan rakyat, bahkan memasukkan kita dalam ‘neraka’. Entah kenapa susah sekali guna mengeluarkan sesuatu yang baik lewat mulut ini..apalagi saat di pasar atau pusat keramaian ‘dunia’ lainnya.

Ampuni kami ya Allah, peliharalah mulut kami hanya untuk hal yang baik saja amiin.


Responses

  1. hihihi. . . diajak mengobrol IT saja pak!!
    bukan ghibah to. . ?
    🙂

    Komentar Sinyo
    Huehuheuhue… ntar namanya jadi saresahan atau diskusi IT :p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: