Posted by: sinyoegie | November 2, 2009

Alhamdulillah, Naskah Buku Kelar

Alhamdulillah, ya Allah. Akhirnya dapat juga terselesaikan naskah buku Sinyo (rencana merupakan buku kedua eh malah kemungkinan besar menjadi buku pertama). Ternyata banyak sekali hikmah yang dapat Sinyo petik karenanya.

Perubahan Niat
Tahun 2008 Sinyo merencanakan membuat naskah buku dengan beberapa tema pilihan. Awal mulanya buku yang berhubungan dengan kemampuan dan skill Sinyo selama bekerja di ISP, yaitu dalam bidang Internet kemudian ditambah novel (fiksi).

Ramadhan tahun 2008, Sinyo membatalkan tulisan fiksi (walau sudah selesai beberapa bab dan mendapatkan apresiasi yang lumayan dari rekan-rekan) karena adanya ‘perbedaan pendapat’ mengenai hukum membuat cerita fiksi (bukan berdasarkan kisah nyata). Daripada ‘ragu-ragu’ maka Sinyo putuskan beralih kepada sesuatu yang pasti saja yaitu tema non-fiksi.

Sinyo tetap meneruskan menulis naskah buku tentang Internet sambil mencari informasi mengenai tema lainnya. Akhirnya didapatkan dua tema non fiksi yaitu kehidupan komunitas muslim Indonesia di Internet yang mempunyai SSA (Same Sex Attraction) (diawali dari akan mengikuti lomba KISAH-Erlangga) dan tentang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Entah fenomena apa, apresiasi teman-teman sangat bagus untuk tema komunitas lelaki muslim dengan SSA (menyusul PAUD) daripada tema Internet. Hal tersebut memacu Sinyo berkonsentrasi secara full terhadap tema tersebut.

Niat awal menulis buku guna menyalurkan hobby menulis dan mencari tambahan ‘masukan’ dapur keluarga sirna sudah saat mengetahui dari para nara sumber (para lelaki muslim dengan SSA) betapa ‘mereka sangat menderita’, sehingga Sinyo sepakat dengan istri bahwa khusus buku-buku (jika kelak terbit) yang berhubungan dengan ‘dakwah Islam’ secara langsung akan kita dedikasikan untuk mendirikan sekolah PAUD (amiin semoga terlaksana ya Allah).

Kendala
Tentu saja masalah utama yang harus Sinyo hadapai adalah membagi waktu serta tenaga antara keluarga, pekerjaan di kantor dan menulis. Putra Sinyo masih balita tentu saja sangat membutuhkan perhatian yang berkualitas dan intensif. Sementara itu Kantor membutuhkan seorang ‘pimpinan’ komplit sebagai penghubung pihak managemnet dan para karyawan. Sedangkan naskah tulisan harus dikerjakan dengan ketelitian, kecermatan dan semangat juang yang tinggi.

Kadang keluarga komplain atas ‘asyik’nya Sinyo meninggalkan waktu bagi mereka, tak jarang management pusat ‘ngomel’ dari Utara ke Selatan dan sering kehilangan mood untuk menulis naskah. Harus pandai-pandai mengatur waktu dan tenaga guna ‘memuaskan’ kepentingan banyak pihak.

Selain waktu dan tenaga, kendala kedua yang cukup berat adalah modal materi. Sinyo ingin buku yang Sinyo hasilkan ‘bersih’ sedari awal. Tabungan sangat minim, itupun dipersiapkan menyabut kelahiran anak kedua. Tetapi…jika tidak keluar modal juga akan berhenti begitu saja, maka dengan niat ‘Bismillah’ tidak apalah duit yang ada dimanfaatkan dahulu. Urusan rizky, asal kita mau usaha insyaa Allah akan didapatkan.

Memangnya butuh uang berapa sih untuk menulis? Karena Sinyo tak mempunyai uang berlebih maka cukuplah besar jumlahnya untuk ukuran kantong Sinyo. Beli OS Original (bisa saja pakai open source, namun harus sering-sering update dan itu yang tidak Sinyo sanggup jalani), laptop baru (pc sudah ada, hanya sayang kalau sudah lumayan jadul diberi OS ori), Office Works (plus Open Office gratis), pulsa (saat wawancara), cover buku (yang ini permintaan pak Nurudin, tidak kuat beli CorelDraw yah pesan saja ke designer) dll. Itupun, masih saja Sinyo tidak 100% bebas dari bajakan, karena kadangkala mengerjakan di komputer milik orang lain.

Apakah selesai? Tidak..masih membutuhkan izin dari pihak management. Loh koq? Iyalah, bagaimanapun kalau mengerjakan di kantor (meski waktu luang) bukankah itu waktu adalah hak milik kantor. So Sinyo secara resmi meminta izin kepada management pusat kalau ‘nyambi’ menulis di sela-sela kesibukan pekerjaan kantor, Alhamdulillah diizinkan dengan syarat pekerjaan kantor harus diutamakan dan selesai tepat waktu.

Alhamdulillah Kelar
Sekitar satu tahun Sinyo mengerjakan naskah buku ini. Dulu saat masih draft sudah dimintai oleh teman Sinyo yang jadi ‘broker’, tapi Sinyo urungkan memberikan naskah tersebut kepadanya (hmm..dengan berbagai alasan yang tak bisa disebutkan). Kala naskah masih 50%, Sinyo mulai mencari calon endorser salah satunya pak Nurudin Usman (Ustadz sekaligus penulis). Saat bertemu dengan beliau, Sinyo diminta sekalian membuat cover naskah (hihihihi…mau dicarikan penerbit kali ya). Alhamdulillah sudah Sinyo laksanakan, sekarang meneruskan naskah buku dengan tema Internet, semoga bermanfaat dunia dan akhirat amiin.

Untuk cover yang Sinyo ajukan dapan dilihat:DI SINI )


Responses

  1. Hohoho…
    Selamat ya…
    Q mau pindah gawe bang.
    Gak enak krja disini..

    Komentar Sinyo
    Heuhuehueh….menyusaikan diri memang susah, tapi kan ente kemarin sudah pinjam pulsa temen di situ untuk telpon kekekek masak langsung mau resign…ngawur ja :p

  2. Gpp…

    Kalo msalnya krjaannya ‘jelas’,adaptasi g jd masalh..
    Tp ini tu krja’nny tu bnr2 g k direct bang..jd kerjanya tu ngawur g jelas..
    Orang bos nya jga gak profesional..

    Alhasil,resign lah saya.hehe…

    Bang,cover nya g jelas.resolusinya kecil y?!

    Komentar Sinyo
    Hm..berarti mau mengatakan serabutan begitu ya hehehe, maklum kan perusahaan baru bro? Tuh sempat digaji tidak?

    Cover naskah? Iyalah kecil saja soalnya kan belum tentu juga dipakai tuh cover, kalau memang diminati penerbit boleh jadi diganti dengan yang lebih bagus. Berprasangka baik saja tah hueheuhue..

  3. 12 hr,d kash 200rb.hwahaha..

    O gitu,pntsn kcil…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: