Posted by: sinyoegie | November 9, 2009

Serba Gratis

Hampir dua bulan ini saat Sinyo mengantar istri berangkat kerja melihat kerumunan orang antri di depan salah satu gedung pada jalan protokol kota. Karena penasaran, Sinyo bertanya kepada istri tentang sebab apa terjadi kerumunan orang pada pagi hari begitu. Semula Sinyo berpikir orang-orang tersebut sedang antri ‘sarapan’ enak atau akan senam pagi. Namun ternyata tidak sama sekali.

Kata istri, terdapat tulisan yang berisi pemberitahuan adanya ‘pengobatan gratis dengan menggunakan batu giok’. Mungkin karena Sinyo sedang konsentrasi mengendalikan laju kendaraan dan tulisan tersebut tertutup oleh kerumanan orang sehingga terlewatkan oleh pandangan Sinyo.

Kata-kata ‘gratis’, ‘free’, ‘discount up to…’, ‘buy 1 get 1’ atau yang sejenis memang sangat ajaib. Mata kita akan sangat tergoda dan telinga kita akan terkesima begitu melihat serta mendengarnya. Bahkan beberapa kelompok orang memanfaatkannya untuk menipu sesama. Kadang kita dapat telpon atau surat berisi pemberitahuan ‘memenangkan hadiah secara free’, namun ujung-ujungnya tetap keluar duit.

Tidak semua orang memanfaatkan kata ‘gratis’ guna mengambil keuntungan pribadi semata, masih banyak orang yang benar-benar ikhlas dalam memberikan ‘bantuan’ (baik materi, tenaga, pikiran atau yang lain) karena Allah SWT. Tidak mengharapkan balasan apapun kecuali ridho Yang Kuasa. Terhadap orang-orang yang seperti ini, orang akan ‘loyal’, setia, bahkan mendoakannya agar dibalas dengan kebaikan yang lebih banyak.

Tapi tahukah anda, udara yang kita hirup dengan ‘gratis’, kesehatan badan tersaji dengan ‘free’ bahkan ‘discount 100%’ untuk pikiran dan hati kita, terlupakan untuk disyukuri? Allah sama sekali tidak ‘meminta’ balasan apapun, semua hal tersebut dimanfaatkan untuk hamba-Nya tanpa pandang rambut, bulu atau sisik. Jangankan mensyukuri…yang ada juga ‘merusaknya’.

Entah sampai kapan kita akan mendzalimi diri sendiri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: