Posted by: sinyoegie | November 19, 2009

Katanya Salah Makan

Hari Selasa, tgl 17 November 2009 pagi hari sekitar jam 08.30-an saat Sinyo sedang asik-asiknya menulis mail di rumah tiba-tiba mati listrik. Waktu itu orang di kantor pasti segera ngidupin jenset untuk ruang server dan sibuk meneliti semua link agar berjalan baik-baik saja. Perkiraan Sinyo listrik akan padam hanya sebentar seperti biasa, tak tahunya dapat kabar dari kantor bahwa pemadaman akan sampai jam 17.00-an (berarti giliran seperti dulu lagi ne…)

Sinyo mungkin hanyalah salah satu pemakai listril PLN yang ‘kecewa’ dengan layanan penyediaan listrik, namun apalah daya. Kita hanya dapat membantu dengan menghemat listrik sebanyak mungkin (walau belum tentu semua orang mau melakukannya). Di kantor, untuk warnet bawah, AC sudah dimatikan dan dibelikan kipas angin serta pintu dibuka (untung Magelang termasuk sejuk…coba di Jakarta atau Semarang..bisa-bisa diamuk user). Kadangkala saja AC dihidupkan saat betul-betul memerlukannya. Khusus kantor atas para teknisi sudah rela tidak memakai kipas angin, hawa dingin didapatkan dari ruang server yang mau tak mau harus full AC. Kala kantor tutup, maka semua lampu dimatikan kecuali yang terletak di luar, biar para ‘penjaga malam’ bergelap-gelap ria (malah asik kali ya heuheuhuehue).

Di rumah juga Sinyo sudah berusaha berhemat, putra Sinyo hanya hari Jum’at boleh nonton cd anak-anak atau main game mobil. TV tidak full, hanya saat berita, film anak-anak atau siraman rohani. Kadang-kadang Bunda dan Nenek nonton sinetron secara acak atau infotainment sambil bekerja. Malam hari hanya lampu luar dan penerangan dalam seperlunya saja.

Sayang, setelah membaca dua artikel ini ( DI SINI dan DI SINI) Sinyo benar-benar kecewa berat dengan PLN dan tentunya pemerintah (entah presiden yang mana?). ‘Penderitaan’ rakyat tidak dibantu oleh kebijakan yang mendukung perbaikan. Geram dan panas, namun…apalagi yang Sinyo dapat lakukan kecuali berdoa dan tetepppppppppp berhemat.

Semoga kedepan nanti pembangkit listrik PLN tidak salah makan lagi agar kita semua dapat berhemat dengan energi yang maksimal. Amiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: