Posted by: sinyoegie | November 22, 2009

Merasakan Banjir

Sinyo bersyukur kepada Allah SWT, karena sampai dengan hari ini kota Magelang masih bebas dari musibah banjir. Sedih dan ikut prihatin melihat berita di tv atau Internet sudah ada beberapa daerah di Indonesia yang tergenangi oleh banjir. Tingginya cukup ‘mengerikan’ (rata-rata sekitar 1 meter) karena tentu akan sangat berbahaya.

Sinyo pernah merasakan ‘kebajiran’ beberapa kali salah satunya saat menginap di tempat Kakak, kota Serang. Bukan banjir sesungguhnya seperti dalam berita, namun karena sebab saluran pembuangan air yang ‘mampet’. Tingginya mungkin hanya sebatas mata kaki, namun benar-benar sudah membuat ‘repot’ seisi rumah.

Lumpur dan air menggenangi seluruh lantai rumah dengan potensi merusak perabotan yang ada. Belum kalau ada kotoran yang berbau busuk atau hewan ‘asing’ yang tidak diundang ikut ‘berkunjung’. Setelah surut, membutuhkan waktu cukup lama untuk membersihkan lantai dan perabotan yang telah ‘ternoda’. Bagaimana apabila hal tersebut terjadi setiap hari selama musim hujan, apalagi dengan ketinggian yang cukup berbahaya bagi kehidupan manusia.

Siapa sebenarnya yang salah dalam musibah banjir sehingga terjadi secara berkala kala musim hujan datang? Apakah orang-orang yang ‘bandel’ tinggal di kawasan banjir? Pemerintah yang belum sanggup mencari solusinya? Mungkin terlalu banyak masalah dalam hal ini, menjadikannya susah terselesaikan.

Dikala hujan turun dengan deras, sebagian kita masih dapat minum teh hangat dan ‘mencicip’ pisang goreng yang legit. Bercengkrama dengan keluarga berbalut kehangatan suasana, semoga masih ada doa tersisip untuk semua saudara kita yang ‘kedinginan’ di luar sana.


Responses

  1. Ya semua orang punya andil kesalahan itu!

    Kok gak pernal nongol di kopdaran?

    Komentar Sinyo
    Maaf kang, bukannya apa-apa…Sinyo benar-benar tak berkutik ne habis waktu di kantor dan rumah. Salam wae kagem temen-temen ya.šŸ˜‰


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: