Posted by: sinyoegie | March 2, 2010

Jambu Biji

Setiap hari libur Sinyo dan keluarga biasa mengadakan acara spesial, entah itu jalan-jalan keliling kampung, bermain hal-hal baru, mengunjungi saudara seiman atau kadang mendatangi taman bermain di pusat kota. Kegiatan dipilih secara sederhana namun melibatkan semua personil keluarga, diusahakan jauh dari pengeluaran biaya, kalaupun ‘harus’ maka penghematan tetap menjadi prioritas utama.

Ahad kemarin kita membuat acara mini yaitu membakar file-file milik Sinyo yang cukup penting dari kantor lama agar tidak disalahgunakan oleh orang apabila Sinyo lalai menyimpannya dengan baik.Kegiatan ini kami pilih karena putra kami yang bersekolah di PAUD sedang belajar elemen dan unsur alam seperti air, udara, tanah dan api. Jadi satu kegiatan mendapatkan dua manfaat.

Tempat pelaksanaan tepat berada di kebun depan rumah. Kami bersyukur, walau tinggal di kota namun rumah yang kami tempati masih berdekatan dengan cukup banyak ruang terbuka yang sejuk, rindang dan ‘adem’ untuk sepasang mata ini. Dulu waktu Sinyo masih kecil, kebun tersebut dijaga oleh Mbah Kholil yang sangat rajin menanam berbagai jenis umbi-umbian, jambu, mangga dll. Sayang, setelah beliau wafat keturunannya kurang ‘care’ sehingga kebun tidak maksimal pemanfaatannya.

Acara pembakaran file dimulai, karena asab cukup banyak putra kami kurang berminat dan bahkan menyingkir jauh-jauh menuju rumah penjaga kebun. Istri tampaknya juga enggan ‘berpanas-panas’ ria dengan api,yah…berantakan dah acaranya. Saat sedang asik menghanguskan berkas-berkas yang ada, Sinyo jadi tertarik dengan tindakan istri yang mulai mengambil buah jambu biji dengan bambu pengait. Masyaa Allah, baru ‘sadar’ Sinyo kalau begitu banyak jambu biji di kebun itu, jatuh busuk dan bertebaran di mana-mana.

Padahal selama ini Sinyo gemar membeli jus jambu dan sawo. Harga bervariasi mulai dari 3.000 sampai 7.000 rupiah tergantung jenis pemanis yang digunakan (gula buatan atau asli). Ah…kenapa baru terpikir sekarang kalau dapat membuat jus sendiri? Blender ada, air banyak, gula tersedia, tenaga berlebih…yang minus hanyalah niat. Akhirnya setelah selesai membumihanguskan berbagai berkas kantor, Sinyo ikut terlibat mengambil jambu biji termasuk putra kami. Kata penjaga kebun, jarang ada orang memanfaatkan jambu-jambu tersebut, padahal kalau mau diolah dapat menghasilkan pemasukan yang lumayan (lan penjaga kebun tersebut juga tidak memanfaatkannya heuheuheuheu)

Kadang hal-hal kecil di sekitar kita begitu terabaikan, padahal potensi untuk menjadi lebih bermanfaat sangat tinggi. Tampaknya Sinyo harus belajar lebih keras lagi menghargai berbagai potensi tersebut.


Responses

  1. ooh…..Magelang tuh “Kota” ya????!!
    gkgkgkgkgk…….

    bang,,kirim jambune po….
    :p

    Komentar Sinyo
    Woooo…pelajaran Geografi dapat berapa sih ente iks…Magelang kan terbagi menjadi dua yaitu Kabupaten Magelang dan Kotamadya Magelang. Nah…kalau yayang ente tuh tinggal di Kabupaten Magelang, tepatnya terbagi menjadi 21 Kecamatan yang mengelilingi kotamadya Magelang. Kota Magelang sendiri terbagi menjadi 2 kecamatan dan sekarang dimekarkan menjadi 3 kecamatan. Dulu dikatagorikan sebagai kota kecil namun karena semakin padat jumlah penduduk maka dinaikkan menjadi kota sedang.

    Nah kalau Sinyo termasuk di pinggiran kota Magelang, mendekati perbatasan dengan kabupaten Magelang di sebelah Utara, begitu bro ;p. Jambu biji kan di rumah ente banyak?

  2. gkgkgkgk….
    penjelasannya panjang bangat,nilai geografinya berapa sih?!!šŸ˜€

    pengene tko magelang ik jambune!!
    :p

    Komentar Sinyo
    Hmm nilai geografi dulu berapa ya lupa hehehe.., ya yayang suruh sini tah ntar tak carikan jambu biji, biar dijadikan oleh-oleh kalau ain tempat ente ;p

  3. jkaaaakakakak….

    ojo mbang,,sakno,,,areke lagi kere, g punya duit buat beli bensin tuh.,,..šŸ˜€

    Komentar Sinyo
    Hm…beluam dapat kerjaan ya? Ayo lebih semangat lagi jadi wirausaha saja, jual lothek/rujak/lutis hehehe ;p

  4. lotek siapa yang ngeloteknya???
    masa harus saya..

    Komentar Sinyo
    Huf…dasar anak sekarang susah diajak kerja keras dikit, maunya serba santai dan enak serta bergaji besar. Ya Entelah lang meramu lotheknya, tuh banyak warung sukses penjualnya cowok semua ;p

  5. bang,,,comment yang diatas g sngaja kepencet ctrl+V…..šŸ˜€

  6. belalti daelah payaman ya ommm?

    Komentar Sinyo
    Ya Allah keponakanku, tanya babe donk hehehe…masak Payaman, Payaman mah masuk kabupaten dhe. Alamat om sudah jelas tuh di CV, belakang SMAK Pendowo, pertigaan Kupatan masuk ke arah Barat. Batas kota Magelang sebelah Utara kan SambungšŸ™‚

  7. nice artikel…visit our blog:
    dipoteknikmagelang.blogspot.com

    Komentar Sinyo
    Semoga laris manis jualannya, cocok tuh di Magelang masih banyak yang membutuhkan. Sukses selalušŸ˜‰

  8. salam..
    saat ini saya menjual CD cara berkebun jambu biji yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya
    langsung di lapangan. dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: