Posted by: sinyoegie | April 30, 2010

Dua Kakek

Beberapa waktu ini saat Sinyo mengantar istri dan putra menjalankan aktivitas rutin, tampak seorang kakek renta duduk di salah satu sudut gerbang utama komplek UMM (Universitas Muhammdiyah Magelang). Tangannya diangkat ke atas guna menarik perhatian semua orang agar dengan ikhlas menyisihkan sebagian harta untuknya.

Sinyo tidak tahu, apakah kakek tersebut lumpuh atau tidak yang jelas tidak ada tongkat penyangga atau orang lain yang menemaninya. Setiap orang memdangnya pasti trenyuh, karena seharusnya sang kakek menjadi ‘tanggungan negara’ untuk dibantu dalam menjalani hidup minimal kebutuhan sehari-hari. Tapi entahlah, mungkin para petinggi negara ini sedang sibuk dengan kasus-kasus lain yang jauh lebih penting, sehingga orang seperti kakek tadi harus meminta belas kasih orang lain untuk sekedar bertahan agar tak kelaparan.

Tetapi beberapa hari yang lalu Sinyo dibuat terkesima oleh seorang kakek lain yang seumuran dan serenta kakek pertama. Pas juga sang kakek tadi lewat di dekat kakek peminta bersamaan Sinyo akan pulang setelah mengantar istri dan putra. Walau terlihat telah rapuh dan keriput, sang kakek masih begitu semangat menuntun sepeda kayuh dengan dua keranjang bambu di belakangnya. Sinyo bersyukur dan sangat salut dengan si kakek, mungkin dia layak dipelihara oleh negara atau ‘wajar’ jika meminta belas kasih orang lain tapi tidak dilakukannya. Harga diri sebagai makhluk Allah yang diberi akal dan budi pekerti tetap membuatnya berjuang hingga tetes keringat terakhir demi memenuhi kebutuhannya dalam hidup ini.

Ya Allah, berkahilah dan kuatkan orang-orang yang berjuang di jalan-Mu, sesulit dan sesukar apapun itu. masukkanlah kami semua sebagai hamba-Mu yang pantang menyerah untuk menjemput rizky dengan cara yang telah dicontohkan Rasul, walau barangkali harus mengeringkan keringat sampai menjadi darah, amiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: