Posted by: sinyoegie | November 29, 2010

Iseng

Jenis tanaman pandan banyak sekali, salah satu yang begitu dikenal oleh masyarakat adalah pandan wangi, digunakan untuk penyedap aroma berbagai masakan seperti kolak, jenang atau yang lain. Karena pandan mudah tumbuh dan berkembang, biasanya ditempatkan pada pekarangan rumah agar para tetangga sekitar yang membutuhkan dapat mengambilnya setiap saat.

Pekarangan di rumah Sinyo sangat minimalis dan pandan adalah salah satu penghuninya selain daun sirih. Saat abu vulkanik Merapi melanda kota Magelang, tanaman pandan wangi ikut rubuh karena akarnya tidak kuat menahan beban berat. Sebagian tanaman lain ada yang mulai menguning dan membusuk pada ujung-ujung daunnya.

Selama kurang lebih dua pekan Sinyo menambah jadwal bersih-bersih pada malam hari guna meredam abu vulkanik agar tidak terlalu berhamburan di udara. Waktu melihat tanaman pandan, Sinyo pesimis tumbuhan yang sangat bermanfaat itu akan dapat bertahan hidup. ‘Iseng-iseng’ Sinyo ambil ember bekas cat untuk mengembalikannya dapat tegak kembali.

Beberapa hari berganti, tanpa terasa abu merapi sudah mulai ‘luntur’ bersama air hujan. Kala Sinyo mengambil ember yang dijadikan penyangga pandan wangi untuk mencuci kain pel, Alhamdulillah ternyata tenaman tersebut dapat tegak kembali seperti sedia kala. Sinyo hampir saja ‘menangis’ melihatnya, bukan karena tanaman pandan kembali tegak, namun tentang perbuatan ‘iseng’ yang Sinyo lakukan ternyata bermanfaat.

Begitu banyak perbuatan ‘iseng’ yang telah kita kerjakan entah itu dalam kebaikan atau keburukan. Menolong seekor semut yang masuk dalam air boleh jadi akan membawa kita dalam Surga-Nya atau berkata ‘ah’ kepada seorang pegemis dapat menjadi sebab kita terseret dalam Neraka Jahanam. Mari kita selalu berhati-hati dan waspada atas segala tingkah laku perbuatan sehari-hari. Jangan sampai kelak kita menyesal gara-gara satu tindakan ‘kecil’ yang sepele dalam pandangan manusia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: