Posted by: sinyoegie | December 3, 2010

Obrolan Bunda XIV: Bocor

Desember adalah bulan identik dengan derasnya hujan (dalam bahasa Jawa diartikan ‘gede-gedening sumber’ atau besar-besarnya sumber air). Tidak hanya hujan yang deras, kebocoran rumah juga bertambah pada bulan Desember. Entah disebabkan sebagian genting yang berseger karena tiupan angin disertai hujan lebat, atau karena lain hal. Itulah kenapa di bulan-bulan ini para ‘tukang’ cukup laku untuk pembetulkan genting, cat pelapis anti bocor pun ikut mengalami kenaikan penjualan.

Beberapa hari yang lalu (Senin 29 November 2010) rumah yang Sinyo tempati boncor di bagian dapur. Biasanya Bunda meminta tolong tetangga sebelah atau pak Yanto tukang sampah. Sayangnya sampai hari Rabu, pak yanto tidak ada waktu, dia baru dapat membetulkan genting kamis siang. Sementara itu tetangga sebelah juga sibuk karena harus menunggui salah satu kerabatnya yang sedang sakit. Sinyo kebagaian memperbaiki tapi lupa terus *_*.

Dua hari dapur kebanjiran karenanya, Rabu pagi Bunda berdoa supaya hari itu tidak hujan. Duh…takut lupa lagi akhirnya Sinyo ‘berusaha’ membetulkan sendiri walau bukan ahlinya. Ternyata ada satu genting melorot sehingga lubang besar menganga, ya pantas saja ‘air hujan luber’ ke mana-mana.
Alhamdulillah dengan skill seadanya Sinyo berhasil membetulkan letak genting walaupun belum sempurna. Sampai di bawah Bunda berdoa agar hari itu turun hujan saja. Bunda ingin tahu masih bocor apa tidak?

Dalam hati Sinyo, lah koq ganti permintaan?

Tentu permohonan Bunda syah-syah saja, memang manusia berhak untuk memohon sesuai dengan ‘keinginananya’. Namun seringkali, apa yang baik di hadapan manusia belum tentu begitu adanya di hadapan Allah. Alangkah baiknya, setiap berdoa selalu diakhiri ‘berikanlah yang terbaik bagi hamba-Mu ini’. Sehingga apapun yang terjadi, kita tidak akan pernah lupa akan bersyukur kepada kenikmatan yang didapat atau sebaliknya beristighfar atas shabar yang dibutuhkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: