Posted by: sinyoegie | March 21, 2011

Kurus

Beberapa kali ketemu dengan teman kantor lama, kebanyakan mereka bilang kalau keadaan badan Sinyo sekarang menjadi kurus. Mungkin maksudnya tidak segemuk dulu, soalnya kalau dilihat dari tinggi badan sebenarnya berat badan Sinyo masih lebih dari berat ideal. Sinyo jawab memang sedang menjalankan pola hidup sehat.

Waktu istri mendengar cerita Sinyo tentang komentar teman-teman, istri memang sependapat dengan mereka. Kemudian istri merangkul Sinyo dari belakang, sambil menjelaskan perbedaan dulu dan sekarang. Sinyo tersenyum dengan bangga, berarti program pola hidup sehat yang selama ini Sinyo terapkan berhasil.

Entahlah, masih banyak orang yang berpandangan dan berpendapat jika seseorang dianggap berhasil dalam hidupnya (secara materi terutama) tampak terlihat dari badannya yang ‘gemuk’, tambun atau gembul. Mungkin pendapat itu ada benarnya, karena saat orang sukses, maka secara logika dalam hal gizi makanan tentu lebih dari cukup. Tapi pada kenyataannya, banyak pula orang yang secara materi biasa atau bahkan kurang badannya juga gemuk.

Secara pribadi, Sinyo lebih melihat ‘kegemukan’ badan seseorang disebabkan karena tiga hal, yaitu secara biologis (memang ada yang bakat gemuk walau makan tidak terlalu banyak, atau ibu-ibu yang ikut KB sehingga hormon meningkat), psikologis (banyak orang yang hidup dengan ‘tenang’ sehingga dengan makan secukupnya badan menjadi tambun), dan pola hidup kurang sehat (alias banyak makan secara serampangan tanpa diimbangi dengan olah raga).

Sudah satu tahun ini setelah resign dari pekerjaan lama, Sinyo berusaha hidup dengan pola sehat. Makan/minum/gizi, istirahat, olah raga, dan bekerja/berkarya dibuat secara seimbang. Karena berwiraswasta maka semuanya dapat diatur dengan lebih leluasa. Pikiran juga Sinyo usahakan rileks dan tenang, sehingga memang badan menyusut namun terasa lebih fresh dari tahun-tahun sebelumnya.

Semoga Sinyo termasuk hamba yang menjaga titipan Allah berupa fisik dan pikiran ini tetap dalam keadaan baik tanpa merusaknya. Kalaupun lapuk oleh jaman, itu sudah menjadi jalan yang harus ditempuh, bukan karena dipercepat oleh tingkah laku kita sendiri. Beberapa teman sebaya sudah banyak yang mengeluh sakit ini dan itu karena meninggalkan pola hidup sehat, Alhamdulillah Sinyo masih berasa fresh sampai dengan hari ini, semoga sampai akhir hayat kelak amiin.

Bagaimana dengan anda? Freshkah hari ini?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: