Posted by: sinyoegie | August 25, 2011

Sepuluh Menit Terakhir

Alhamdulillah, tahun ini putra sulung kami Ahza genap berusia empat tahun, tepatnya pada bulan Maret 2011. Pertumbuhan dan berkembangan fisik serta jiwanya sesuai dengan yang kami harapkan selama ini. Kami juga bersyukur bahwa dia dapat berangkat belajar dan bermain di PAUD untuk usia 4-6 tahun karena sungguh tidak mudah mencari PAUD di kota Magelang untuk usia tersebut. Kebanyakan PAUD menampung anak usia 2-4 tahun, setelah itu ortu lebih memilih TK sebagai penerus program belajar anak-anak mereka.

Sebetulnya di tempat istri bekerja, PAUD Aisyiyah Kreatif, juga terdapat TK sehingga kami akan mendapatkan keringanan biaya, tetapi kami sengaja memilih PAUD agar pembelajaran yang selama dua tahun diikuti Ahza tidak berubah secara drastis. Memang antara PAUD dan TK konsep pembelajarannya jauh berbeda, sehingga lebih baik Ahza tetap belajar dengan konsep yang selama ini sudah dikenalnya dengan baik.

Segala tindakan dan keputusan yang diambil Ahza adalah keputusan dia sendiri, kami sebagai orang tua lebih banyak memberi masukan lewat diskusi dan contoh. Sehingga apapun hasilnya, dia harus berani menerimanya entah baik atau buruk.

Termasuk keinginan Azha ikut puasa pada bulan Ramadhan kali ini. Dia yang meminta dibangunin sahur agar ikut puasa. Beberapa kali dibangunkan dia tak berkutik, konsep puasa juga masih buta baginya. Asal senang ikut makan rame-rame bersama keluarga. Awalnya kami menanggapi santai keinginan Ahza tersebut, tetapi karena kesungguhan hatinya akhirnya kami paksa dia bangun untuk sahur pada sepuluh hari menjelang Ramadahan tahun ini berakhir.

Awalnya dia kuat puasa sampai Dzuhur, masih sering tergoda melihat makanan dan minuman. Suatu hari, Sinyo menjanjikan akan menghadiahi es krim jika dia kuat puasa sampai Maghrib. Dia senang sekali dan Alhamdulillah lumayan kuat. Dua jam mejelang Maghrib dia tergoda selondok manis medas yang digoreng nenek buyutnya, ya….batal dah >__<.

Keesokan harinya, Sinyo menjanjikan hadiah terakhir tetapi juga lebih menggiurkan yaitu burger dan es krim sekaligus jika dia kuat puasa sampai Maghrib. Ahza sedemikian girang bukan kepalang. Kulihat dia semangat dan aku yakin bahwa hari itu adalah hari pertama dia puasa sampai Maghrib.

Sore menjelang buka puasa, Umi Ahza sudah membelikan burger dan es krim untuk buka puasanya, tidak lupa cemilan kecil buat anak bungsu kami Kayyisah. Inilah 10 menit yang benar-benar membuatku tegang, rupanya Umi Ahza memberi snack kepada Kayyisah di hadapan kakaknya, kemudian ditinggal pergi. Dia lupa bahwa Ahza masih perlu pendampingan untuk puasa, dan terjadilah apa yang memang harus terjadi. Ahza ikut mencicip snak adiknya tercinta.

Saat kami tahu, Ahza menangis menyesal dan meminta maaf. Umi Ahza juga merasa bersalah kepadaku, aku terdiam membisu. Apa mau dikata, yang sudah terjadi tidak dapat ditarik kembali. Ahza juga meminta maaf kepadaku, tetapi aku jelaskan bahwa puasa urusannya langsung kepada Allah, jadi tidak perlu meminta maaf. Dia memohon maaf sampai malam, tetapi aku tetap teguh untuk tidak memberi maaf, karena memang tidak ada yang perlu dimaafkan. Sinyo juga menjelaskan kepadanya bahwa burger dan es krim tadi adalah hadiah terakhir buatnya, selanjutnya terserah Ahza akan berpuasa sampai Dzuhur atau Maghrib.

Hari ini, Kamis 25 Agustus 2011, Ahza aku tanya dia akan berpuasa sampai Dhuzur atau maghrib, dia memilih yang terakhir dengan syarat minta izin main game setelah sholat Dzuhur. Baiklah, aku izinkan karena masih libur sekolah. Kulihat tadi dia sholat Dzuhur cuma dua rekaat, waduh koq discount begitu ya?

Entah apakah hari ini dia akan kuat puasa sampai Maghrib, semoga saja, amiin ya Allah. Kalaupun tidak, kami sudah senang karena kata guru kelas di PAUD cuma Ahza di kelasnya yang belajar puasa. Sinyo prihatin mendengar hal itu….Wallahu'alam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: