Posted by: sinyoegie | October 24, 2011

Buku ‘Wajib’ Penulis (Pemula)

Mas Bambang Trim, mulanya sosok penulis produktif ini tidak begitu Sinyo kenal dengan baik. Hanya saja setelah menjadi teman lewat Facebook, Nyo selalu berusaha memperhatikan update statusnya. Kebanyakan stat mas Bambang berupa kesibukan dalam dunia ‘perbukuan’ Indonesia. Hingga suatu hari kubaca sebuah ‘note’-nya yang kuanggap unik dan menarik dengan judul INSAFLAH WAHAI PARA PENULIS.

Rupanya artikel istimewa itu merupakan sub bab buku barunya berjudul The Art of Stimulating Idea. Jauh hari sebelum terbit Nyo sudah berharap ingin membeli karena sungguh penasaran dengan isinya. Alhamdulillah, ketika terbit Sinyo termasuk beruntung karena mendapatkan tanda tangan dengan nama SINYO tertera kekekeke, suwun ya mas🙂.

Secara fisik, buku ini keren abiezzzz dan nyaman di mata (sama dengan bukuku hehehehe). Isinya..wow sayang kalau dibeberkan di sini hahaha, beli saja sendiri ya :p

Sebagai pembaca kita akan disajikan beberapa fakta atau kenyataan bahwa ide untuk menulis banyak sekali beredar di sekitar kita, bahkan berkat kecanggihan teknologi sekarang ini seakan dunia ada dalam genggaman termasuk ide-ide menulis tersebut.

Tujuan kita sebagai penulis disindir oleh beliau, harus sadar dan insaf apakah sudah ‘baik’ niat kita melakukan kegiatan tulis-menulis atau hanya sekedar ‘uji coba’ belaka. Harus total dan tidak ada kata ‘main-main’, dalam hal ini peristiwa atau kejadian ‘anomali’ dalam kepenulisan tentu saja dikesampingkan. Usaha maksimal adalah logika paling masuk akal agar ‘sukses’ sebagai penulis.

Tidak sekedar piawai dalam mengompori kita sebagai penulis, mas Bambang juga memberikan contoh-contoh ide penulisan yang jumlahnya sangat amat banyak sekali (buset hiperbola amat hehehehe). Nyo yakin para penulis pemula seperti menemukan sebongkah berlian, emas atau benda berharga apa pun dalam setiap otak manusia (kalau saya ibaratkan gadis nanti kasihan yang masih jomblo hehehehe).

Menurut Sinyo, buku ini ‘wajib’ dibaca para penulis pemula atau calon penulis, pengalaman bertahun-tahun mas Bambang yang kalau dirupiahkan atau di-dollar-kan akan berharga tinggi, di sini dibagikan secara gratis, buku yang dibeli hanya ganti cetak kan? Murah lagi ^_^. Mas bambang hanya meminta doa agar kelak masuk surga (yang ini asli ide Nyo sendiri loh ya kekekeke).

Alhamdulillah apa yang disampaikan mas Bambang sudah Sinyo lakukan selama sekitar setahun ini, tinggal berusaha lebih keras lagi agar tulisan Nyo bermanfaat untuk banyak orang.

Membandingkan mas Bambang dan Sinyo tentu jauh sekali, Nyo baru setahun berusaha menjadi penulis buku sedangkan beliau sudah berpuluh tahun bergelut dalam kepenulisan. Tetapi sejak membaca buku tAoSI miliknya, saya yakin, optimis dan mantap dalam bidang tulis-menulis sebagai karir hidup saya yang menyenangkan sekaligus menggembirakan.

Satu hal yang amat sangat disayangkan dalam buku ini yang patut dicatat mas Bambang, nama Sinyo belum tercantum sebagai salah satu contoh kekekekeke peace ah🙂

Magelang, 24 Oktober 2011
Nyo


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: