Posted by: sinyoegie | October 28, 2011

Penjual Koran

Kamis, 27 Oktober 2011 menjelang sholat Dzuhur. Sinyo keluar rumah dengan kaos dan celana pendek menutup lutut, tidak lupa sarung serta peci Arab mengiringi langkah kaki menuju masjid. Sebagian awan mulai menutup langit, ah…mungkin nanti sore akan hujan pikirku. Perjalanan dari rumah ke masjid memakan waktu sekitar tujuh menit. Kulihat orang-orang masih sibuk dengan usaha kerja masing-masing, ada counter HP, fotocopy, warnet, tambal ban dan deretan warung makan mulai bakso hingga penjual soto.

Memang tidak mudah menegakkan sholat di masjid tepat waktu, aku pun kadangkala masih berlubang-lubang melakukannya. Alhamdulillah sampai juga ke masjid, rupanya sudah ada yang adzan. Saat memasuki teras kulihat seorang penjual koran sedang asik menghitung jumlah koran yang dijual. Kulihat dari belakang, serius banget dia satu per satu meneliti barang dagangannya. Kulewati bapak penjual koran sampai pintu masuk masjid, dia masih belum kelar menghitung jumlah tumpukan koran tersebut. Ah, lama sekali hanya menghitung jumlah koran yang tidak terlalu banyak itu?

Kemudian Sinyo berpikir, jangan-jangan barang dagangannya hilang? Nyo memang pernah jualan koran di terminal lama Jogjakarta sehingga tahu betul untung dari penjualan koran tidaklah banyak. Jika hilang satu saja tentu sudah mendekati tekor. Ah Sinyo tidak sempat bertanya karena iqamah sudah terdengar.

Selesai sholat aku pulang terlebih dahulu karena pekerjaan sudah menunggu. Apa pun yang terjadi pada bapak penjual koran itu semoga dia dimudahkan dalam urusannya. Minimal kelak saat menghadap Allah, karena ketika yang lain sibuk dengan urusan dagang, sang bapak ikhlas menyerahkan waktunya menghadap sang Pencipta.

Nyo, 28 Oktober 2011, Magelang sehabis hujan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: