Posted by: sinyoegie | October 30, 2011

Tumpukan Sampah

Ahad, 30 Oktober 2011, menjelang Maghrib. Nyo tidak sempat menutup warnet karena keburu ke masjid, suara adzan sudah mulai terdengar sehingga takut terlambat. Sinyo berpesan kepada istri agar menutup usaha Nyo sehari-hari sekaligus membersihkanya.

Awan masih tebal dan sedemiian kelabu, hari ini sudah dua kali turun hujan dengan deras dalam jangka waktu lama dan kemungkinan masih akan datang lagi nanti malam karena gerimis masih menyapa. Kuhirup udara segar dengan riang gembira, masyaa Allah fresh sekali rasanya. Tapi rasa senang dalam hati Sinyo terganggu dengan pemandangan yang benar-benar aneh.

Ya bagaimana tidak, di depan salah satu rumah yang Sinyo lewati terdapat tumpukan sampah yang cukup banyak, kira-kira kalau satu tempat sampah sedang berarti kurang lebih lima sampai enam hari sampah itu dikumpulkan. Tetapi setelah Sinyo perhatikan dengan teliti, tumpukan sampah itu tidak dikumpulkan oleh orang dengan sengaja. Rupanya air hujan membuat got/gorong-gorong sepanjang jalan meluap sehingga sebagian besar tersangkut pada jembatan kecil dari besi yang menghubungkan jalan dengan pekarangan rumah tersebut. Sungguh luar biasa, ternyata orang yang membuang sampah sembarangan banyak amat, itu pun tentu tidak semua sampah ‘terjaring’ jembatan besi tersebut.

Ah..Sinyo yakin, jika orang yang membuang sedikit sampah itu melihat tumpukan berbagai macam barang yang dianggap sia-sia itu mungkin tidak akan percaya jika sedemikian banyaknya apabila dijadikan satu. Sungguh sama dengan perbuatan sia-sia yang kita lakukan, karena remeh dan temeh maka kita anggap angin lalu saja. Padahal kelak jika dikumpulkan di akherat dan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah mungkin kita sendiri tidak akan percaya betapa ‘menggunung’ perbuatan sia-sia yang kita lakukan semasa di dunia.

Astagfirullah.

Nyo, Magelang 30 Oktober 2011, sehabis sholat Maghrib hujan deras mengguyur kembali ^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: