Posted by: sinyoegie | November 1, 2011

Sungguh Dia Tidak Gila

Apa yang ada dalam pikiran anda, jika seseorang menghabiskan masa hidupnya selama 15 tahun untuk mencapai cita-citanya penuh dengan darah dan air mata? Ah..mungkin apa yang ada dalam bayangan otak anda sama dengan yang tergambar di memori saya, sungguh luar biasa sabar dan kuatnya orang tersebut. Nyo sendiri baru merintis cita-cita yang diimpikan setelah dewasa sekitar satu tahun sudah merasa tertekan dan menjelang depresi karena berbagai halangan dan rintangan menghadang. Saya benar-benar tersadar bahwa apa yang sedang Nyo perjuangkan ini belumlah apa-apa jika dibandingkan dengan orang tadi.
Inilah ringkasan kisah nyata orang tersebut, kita panggil bapak F, yang saya wawancarai untuk naskah buku terbaru saya pada hari Sabtu, 29 Oktober 2011.

Awalnya kami berdua hanya mengenal satu sama lain pada pertemuan rutin rapat RT di wilayah kami. Orangnya kocak, ramah dan easy going. Penampilan pak F biasa-biasa saja, hutang di kas RT juga tidak sedikit, pokoknya tiada daya tarik yang kuat untuk berbicara dengannya kecuali hanya sekedar ‘bercanda’.

Hingga suatu hari, dia datang ke warnet yang Sinyo punyai untuk scan berbagai macam foto. Dari kejadian itulah kemudian kami terlibat pembicaraan serius, ternyata bapak F mempunyai segudang prestasi baik secara nyata di masyarakat ataupun penghargaan dari lembaga resmi negara atau swasta, luar biasa!!!

Bapak F berhenti dari pekerjaan sebagai PNS hanya karena tersentuh hatinya melihat ‘kemiskian yang luar biasa’ di salah satu daerah NTT. Dengan tekad bulat dia mengejar berbagai macam mikroba lokal yang bermanfaat (prebiotik) untuk diaplikasikan pada tanaman dan hewan. Bayangkan, 15 tahun kemudian barulah jadi penangkaran mikroba bermanfaat tersebut dan sukses diaplikasikan pada kehidupan rakyat.

Selama 15 tahun dia dianggap ‘gila’ oleh banyak orang, bahkan hingga sekarang pun masih dianggap begitu karena penemuan yang dihasilkan bernilai milyaran tetapi dia tidak mau menjualnya, memilih hidup sederhana. Bapak F hanya ingin kemampuannya berguna untuk kepentingan masyarakat, demi ketahanan pangan. Dia mendirikan sebuah yayasan untuk mengabadikan penemuannya agar bermanfaat untuk penduduk Indonesia. Menurut Nyo, harusnya dia menjadi seorang Menteri🙂.

Alhamdulillah karena satu misi dan visi, walau Sinyo berjuang di dunia kejiwaan, maka dia mau membuka kisah hidupnya secara lengkap hanya kepada Sinyo untuk dibukukan termasuk nanti cara-cara aplikasi pertanian dan peternakan yang 100% organik tanpa zat kimia buatan apa pun🙂.

Sinyo bahkan dilibatkan dalam pilot project untuk desa wisata dalam hal ketahanan pangan. Sinyo sungguh salut dengan dedikasi dan pengabdian hidupnya pada masyarakat. Mungkin Sinyo tidak dapat menyamainya namun minimal dengan menuliskannnya akan menjadikan dia abadi untuk menjadi sumber inspirasi banyak orang. Bagi Nyo, bapak F bukanlah orang gila, malah dialah ‘orang paling waras di tengah-tengah orang gila akan nafsu dunia.’

Tunggu bukunya di tahun 2012 ya🙂 lagi Nyo tulis bulan ini…..

Nyo, Magelang 01 November 2011


Responses

  1. luar biasaaaaa…ditunggu bukunyaa..

    Komentar Sinyo
    Siapppppppp tahun 2012 banyak ne buku ane terbit mbak🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: