Posted by: sinyoegie | November 17, 2011

Gigi Putriku

Aku biasa memanggilnya dik Kayyisah (anak ke II) , agar mas Ahza (anak ke I) terbiasa memanggil dirinya dengan kata ‘Dik’. Nyo berharap agar kelak jika mereka sudah dewasa akan terbiasa menyapa tanpa menyebut nama langsung. Bukan sesuatu yang ‘penting’ namun Nyo merasa nyaman jika putra-putriku akrab dengan saling menyayangi lewat sapaan ‘Adik’ dan ‘Mas’ (panggilan kakak dalam bahasa Jawa).

Umur dik Kayyisah saat ini sudah sampai 18 bulan (1 tahun 6 bulan), giginya mulai muncul satu per satu. Saat bercanda dengannya kuamati secara seksama gigi-gigi mungil itu. Waktu gigi tersebut masih ‘hamil’ (menjelang tumbuh) dik Kayyisah tidak merasakan sakit sama saat gigi bungsu milik Nyo nongol ke permukaan. Mungkin karena masih muda dan gigi belum lengkap sehingga tidak ada pergesaran letak gigi. Hanya kadang dia gemes-gemes sedikit yang dilampiaskan lewat acara gigit-menggigit.

Nyo juga baru paham ternyata kemampuan bicara dik Kayyisah semakin terasah dengan munculnya gigi. Karena beberapa ucapan suku kata memerlukan sentuhan antara lidah terhadap gigi atau bibir, makanya orang dengan kelainan bibir dan juga gigi terkadang susah mengujarkan kata-kata tertentu. Kalau tidak percaya, coba ucapkan kata ‘tolong’ dengan posisi kedua bibir ‘melongo’ (terbuka)….kekekekek…jangan ketawa ya hihihhihi (loh malah Nyo yang ketiwi sih kekekekeke).

Perlu waktu sekitar 2 hingga 3 tahun seorang anak dapat berbicara lancar serta jelas, menunggu gigi yang dimiliki lengkap. Berarti masih menunggu sekitar 1 sampai 1,5 tahun lagi dik Kayyisah dapat berbicara seperti kita semua orang dewasa. Nyo berharap serta berdoa semoga kelak, setelah dengan susah payah dia belajar berbicara (bahkan kita yang dewasa sering tertawa melihat/mendengar perjuangan mereka belajar ‘ngomong’), mulut serta lidah dik Kayyisah dan mas Ahza serta putra-putri umat muslim lainya dapat terjaga dengan baik. Bukan untuk ghibah (gosip), namimah (adu domba), atau ucapan-ucapan tak bermanfaat lainnya, mungkin seperti yang kita lakukan selama ini terutama di DuMay (Dunia maya) walau hanya lewat ketukan jari ini……….Astaghfirullah.

Nyo, Jum’at 18 November 2011, (mulai mengerjakan naskah lagi setelah rehat dua hari ^_^)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: