Posted by: sinyoegie | November 24, 2011

Putri, Kau di Mana?

Sesekali dalam sepekan, Nyo mengajak putri bungsu (Kayyisah Faida Nafiiza) jalan-jalan pagi mengelilingi wilayah satu RT tempat kami tinggal. Kira-kira kami menempuh jalan sepanjang 1-2 km (loh luas banget RT-nya? Iyalah ada dua sekolah di RT kami kekekekeke :p ). Berbagai binatang dan tanaman kami jumpai, dik Kayyisah antusias banget mengejar kucing atau kupu-kupu. Hanya saja si Bungsu paling demen pantengin kucing Persia milik bu Busri (Kalau Sinyo memilih ngelihatin snack di atas meja tamu yang tidak ditawarkan bu Busri, …clegux…nyam-nyam…yummy).

Sinyo cukup puas selama ini karena telah mengenalkan berbagai macam hewan serta tumbuhan kepada dik Kayyisah, sayang masih ada satu hal yang mengganjal di pikiran Sinyo. Apakah sesuatu itu? Tidak lain adalah keberadaan Putri Malu yang susah sekali Nyo jumpai di sepanjang jalan yang kami lalui. Padahal ingin sekali mengenalkan tanaman itu kepada dik Kayyisah.

Dulu waktu Nyo masih imut, mudah sekali menemukan Putri Malu atau Mimosa pudica (sejenis perdu anggota dari polong-polongan yang daunnya dapat menutup atau ‘layu’ secara cepat jika disentuh) di sepanjang jalan sama dengan yang Nyo lewati saat jalan-jalan dengan dik Kayyisah. Memang ada tumbuhan yang mirip Putri Malu akan tetapi daun lebih lebar dengan kerapatan antar daun juga agak besar, disentuh berkali-kali pun tak mau kuncup. Nyo sampai malu dengan si Bungsu karena sudah semangat mengenalkan itu tanaman unik si Putri Malu ternyata bukan *_*.

Di mana atau ke mana si Putri Malu itu? Sudah Sinyo usahakan ‘melotot’ ke berbagai sudut termasuk gorong-gorong tak satu pun ditemukan. Apakah ini pertanda dari Allah SWT untuk menunjukkan keadaan para wanita di zaman sekarang ini? Entahlah, kupandangi putriku dan berdoa semoga dia kelak tumbuh menjadi wanita yang taat dalam jalan Rasul Muhammad SAW.

Nyo, Magelang 24 November 2011. (Dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan ialah wanita solehah)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: