Posted by: sinyoegie | November 30, 2011

Persiapan Buku Terbaru

Alhamdulillah, walau Sinyo terhitung baru meniti karir kepenulisan secara profesional (terbit buku DWR bulan Februari 2011), tetapi Allah SWT memudahkan jalan untuk setahap demi setapak melangkah lebih jauh dengan cara yang baik. Keputusan untuk menekuni bidang ini bukanlah hal mudah karena Nyo sudah berkeluarga, sehingga dapur harus ngepul terus setiap hari.

Kenapa bidang kepenulisan? Karena Nyo sejak kecil gemar membaca mulai dari Khoo Ping Ho, Bharatayudha, Mahabharata, Wiro Sableng, Matra, HAI, Tintin, SARINAH, Tiger Wong, Tapak Sakti dll. Semua bacaan itu merupakan ‘hiburan’ satu-satunya karena Nyo terkena musibah ‘Pelecehkan seksual’ saat SD dan SMP, tidak ada yang tahu waktu itu kecuali Yang Kuasa dan si pelaku. Kebutuhan membaca terpenuhi secara optimal karena paman membuka taman sewa buku, Bunda berlangganan banyak majalah yang dijilid rapih dan Nyo gila membeli buku (seingat Nyo dulu buku agama ada 200-an judul hasil dari mengumpulkan uang saku, sekarang tersebar ke mana entahlah…). Berbagai tulisan yang masuk otak itu campur aduk tak ada manfaatnya jika hanya dipendam saja.

Sinyo salurkan dengan mulai menulis puisi dan catatan kecil di buku saku tentang ‘gelapnya duniaku’. Mencoba ikut lomba cerpen hanya dapat juara III di sekolah saat SLTA, sekali saja dimuat pada majalah MOP Edisi Desember 92 tanpa dikirim honornya. Setelah itu matilah kemampuan menulis yang dimilki karena sibuk mencari jati diri.

Tahun 2005, setelah mapan bekerja di sebuah ISP (Indonet) Nyo mulai menulis kembali. Ya, tanpa dibayar karena lewat forum penggemar game Winning Eleven. Rupanya HotGame (Gramedia) tertarik denan tulisan Nyo dan dijadikan kontributor tetap majalah HG dan WE sampai tahun 2008, tetapi itu hanya sambilan karena fokus tetap pada pekerjaan utama. Lumayan, kalau dirata-rata dapat 800 ribu sebulan dari menulis.

Galau menjadi pegawai orang lain dengan berbagai alasan, maka Nyo meninggalkan karir di bidang IT (terakhir kepala cabang) untuk menekuni pekerjaan yang Nyo sukai, sebagai penulis pada tahun 2010. Job pertama menulis adalah pembuatan e-book Internet Marketing dibeli 5 juta untuk pemakaian 1 semester di sebuah Perguruan Tinggi sekalian mengajar di sana. Dapur keluarga diusahakan dari sumber lain yang lebih baik, wiraswasta dengan kucuran dana pinjaman dari Bunda tercinta muachhhh :*

Buku selajutnya, DWR, banyak yang bilang bagus termasuk penerbit major tetapi karena dianggap ‘aneh’ pangsa pasarnya maka banyak yang menolak untuk memperbanyak. Setelah terbit lewat IP (Jakarta), eh ada penerbit menengah menawarkan diri menerbitkan DWR, padahal Sinyo sudah terlanjur cetak banyak ^_^, maaf ya pak yang di Semarang sana terpaksa Nyo tolakšŸ˜‰.

Lewat buku DWR, Nyo ditawari sebuah penerbit major untuk membuat ‘kelanjutan’ DWR yang lebih lengkap dan bermanfaat. Hm 15 hari deadline yang diberikan (sungguh berguna dulu menulis di majalah, sudah biasa dikejar DL redaksi kekekeke, 15 hari mah kelamaan heeee…). Insyaa Allah buku terbaru Nyo akan terbit bulan Januari 2012 (unik, menarik dan satu-satunya ne…belum ada saingan ^_^)

Ide-ide dan langkah yang selama ini sudah Nyo susun dikuatkan setelah membaca buku tAoSI (buku apa tuh? Lihat di sini:Ā  http://www.facebook.com/note.php?note_id=2498064259902 ). Ternyata Nyo hanya butuh dorongan untuk menggaliĀ  ide-ide lama yang sudah ‘membusuk’, langsung dituangkan dalam tulisan walau sekedar draft. Kurang dari Sebulan Nyo membuat draft 6 naskah (3 naskah non fiksi yang tidak kalah unik dengan DWR dan 3 naskah novel based on true story).

Allah memang adil, 3 naskah non fiksi Nyo langsung menemui acara memikat pada acara tgl 17-18 Desember di Jogjakarta. Tentu ‘seru’ naskah kita dibaca langsung mas Bambang Trim, syukur sekalian diterbitkanĀ  kekekekeke ^_^Ā  (lihat link berikut ini : http://manistebu.wordpress.com/2011/11/22/2012-haruskah-menulis-lagi-buku-ecek-ecek ).

Jika Nyo dulu tidak ‘dilecehkan seksual’ mungkin tidak akan suka membaca, jika ogah membaca belum tentu gemar menulis. Kalau tak ‘doyan’ menulis, tidak ada naskah-naskah Nyo. Allah Maha Adil dan Bijaksana, percayalah ^_^. Apa pun musibah dari Allah, bersabar ambil hikmahnya.

Mohon doa, semoga tulisan Nyo bermanfaat dunia akhirat untuk masyarakat banyak, aamiinšŸ™‚

Nyo, Magelang 30 November 2011 (15 hari menyelesaikan 3 naskah non fiksi, insyaa Allah sanggup ^_^).


Responses

  1. good luck mas sinyo…

    Aamiin ya Allah, semoga dibalas dengan kebaikan yang banyakšŸ™‚


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: