Posted by: sinyoegie | December 7, 2011

Jejak Sang Penipu

Banyak yang bertanya pada Nyo, sebenarnya kejahatan apa saja yang telah dilakukan oleh sang Penipu yang selama ini dicari banyak orang? Berikut ini daftar kejahatannya berdasarkan laporan yang masuk kepada Nyo. Semoga bermanfaat.

Nama samaran atau alias (kemungkinan ada nama asli salah satu)

  1. Candra atau Chandra
  2. Arief Rahman Candra, S.T.
  3. Ade Candra
  4. Arifien
  5. Candra Lesmana
  6. Arha Rahman
  7. Farook Azaam
  8. Arha Ramadhan
  9. Arfa Haikal
  10. Aia
  11. Ilham
  12. Aufilham Hafiz

Alamat asli : Jl. Kesehatan No.3 Iping Bawah, Kabupaten Tanggamus Lampung

Nama ibu : Furoda dan bapak Sudibyo

Kejahatan yang terekam jejaknya oleh Sinyo adalah sbb:

  1. Tahun 2009 akhir : menipu uang dan membawa lari mobil dari kota Malang menuju kota Magelang.
  2. Tahun 2010 awal : menggunakan nama perusahaan tempat Sinyo bekerja untuk menipu orang lain. Sebuah toko komputer ditipu sekitar 40 juta. Sinyo ditipu sekitar 5 juta uang cash dan secara tidak langsung ditambah 5 juta (total 10 juta). Menipu SDN Muhammadiyah Unggulan Muntilan, dengan menyediakan tempat untuk penipuan. Hampir saja teman Sinyo (seorang wanita) ditipu untuk dinikahinya (itulah kenapa Nyo punya foto dia). Mengaku lulusan dari PT di Jogja dan kursus di Perancis.
  3. Tahun 2010 Pertengahan : menipu orang-orang muda kaya di kota Temanggung sekitar 400 juta cash untuk mendirikan sebuah perusahaan ISP. Membawa kabur sepeda motor kreditan dan mobil sewaaan. Meninggalkan hutang pada perusahaan yang dibuat pada toko di Jogja.
  4. Tahun 2010 akhir : lari ke Batam. Menipu seorang wanita dengan dinikahi dan dikuras harta mertuanya (untuk membayar hutang-hutang yang ditinggalkan di Batam kepada pihak lain). Sang istri dan merua harus kehilangan rumah dan harta benda sehingga pindah ke Jawa mencari penghidupan baru.
  5. Tahun 2011 awal : Lari ke Bengkulu. Menipu dua orang pengusaha kaya hingga 2 Miliar untuk mendirikan perusahaan, meninggalkan istri ketiga yang sedang hamil tua. Dari korban ini Nyo tahu ternyata istrinya sudah ada dua sebelumnya di kota Palembang dan Yogyakarta (anak satu).
  6. Tahun 2011 pertengahan : Lari ke Sulawesi : mengaku lulusan PT di Malaysia dan orang Malaysia. Baru dapat tipuan sedikit sudah terendus sehingga kabur.
  7. Tahun 2011 akhir: Masih mengaku lulusan PT dari Malaysia dan berasal dari Malaysia, baru akan menipu wanita-wanita cantik dan banyak perusahaan serta perguruan tinggi di kota Bandung dan sekitarnya sudah terendus dahulu dan kemudian lari kembali.
  8. Tahun 2012 – 2014 melakukan banyak penipuan di Medan dengan kerugian korban bervariasi. Materi mulai dari jutaan hingga ratusan juta, baik pribadi atau komunitas. Menikahi gadis, kemudian ditinggalkan.
  9. Tahun 2015 melakukan penipuan di Kota Malang sebesar 8 miliar.

Sebagian korban malu akan lapor polisi karena dianggap aib dan yang lain sudah lapor.

Berikut foto-foto terbaru Sang Penipu beserta FB terakhir, waspada ya. Jika belum dapat tertangkap minimal mencegah penipuan selanjutnya🙂

This slideshow requires JavaScript.


Responses

  1. Nyoooooo…. Keren banget data Sinyo… Polisi sudah menyimpan data ini kan? Semoga saja mereka dapat menangkap Chandra secepatnya, amiin.
    Selamat berjuang, Nyooo!

    Tabik,
    YN

    • Aamiin Mbah, semoga. Seharusnya sih sudah tapi Nyo tahu, polisi banyak tugas pula kekekekek ^_^

  2. Innalillah…
    dapat juga kecurian hati .
    Kirain…kena tipu harta doang. Lach….mahir kali nikah berkali-kali ga ke endus di catatan sipil… tau-tau miskin lach istri & keluarga kena tingkah sang menantu.

    #wele2… pak POLISI help-help KAMI

    • Pokoknya selama dia belum mau bertanggung jawab, akan saya kejar terus dibantu teman-teman. Insyaa Allah suatu saat akan dibantu media TV. Semoga dapat menyeretnya untuk bertanggung jawab.

  3. Di antara foto Chandra, yang paling saya sebel melihatnya (semua wajahnya nampak nyebelin), adalah yang pakai baju koko putih dan peci haji…. Najis! Najis!

    • Hahahaha masak bilang najis mbah? Kekekekkekekee

  4. muka jelek berantakan gitu emang cocok dengan perbuatannya! gak pantes pake peci haji luh!

  5. […] https://sinyoegie.wordpress.com/2011/…k-sang-penipu/ […]

  6. […] https://sinyoegie.wordpress.com/2011/…k-sang-penipu/ […]

  7. Dilihat dari wajah, dia emang doyan menipu dan banyak akal. Gaya bertutur kata pun dia terlihat sangat manis membuat orang akan mudah percaya. Dia tidak akan berhenti sebelum dia bertemu orang atau suatu kejadian yang bisa merubah dia jadi sadar dengan sendirinya. Insya allah begitu.

    • Sudah tiga bulan ini belum ada kabar lagi, berarti dia semakin berhati-hati untuk menipu di dunia Internet. Semoga dia kembali pada jalan yang lurus🙂

      • Kok nggak asing ya brow…kapan hari ada yg nawari produk2 IT dari luar negeri dgn harga miring, mirip banget wajahnya kaya dia, dan dia punya rekan namanya Andrias. Wah musti ati2 nih…!!!!

      • Kalau memang benar, laporkan polisi saja mas, data-data sudah ada kok di polisi🙂. Atau ketika dia menawarkan, dikasih link ke blog ini pasti dia akan ngacir ^_^

  8. Apa Kabar Mas, gimana kabarnya si penipu apa sudah ada jejak yang baru lg mas….

    • Belum ada yang lapor lagi🙂

  9. Mei 2014….
    Terakhir penipu ini menyamar sebagai Ilham Hafiz… Bekerja di perusahan IT… Mengaku sebagai rekanan Pemko Medan… Banyak korban di kota medan.. Dia menawarkan proyek dan meminta uang terlebih dahulu utk proyek ke pemko medan…
    Dia masuk ke komunitas komunitas utk mencari org yg punya uang lebih utk dijadikan korban… terakhir dia masuk ke komunitas sepeda di medan… Dan saat melarikan diri dia membawa sepeda mtb hardtail carbon adrenaline warna hitam kuning… Kemungkinan dia bergabung ke komunitas sepeda ke kota lain… Atau menjual sepeda nya…

    • Semoga suatu saat tertangkap, aamiin. Sabar ya Pak.

      • Iya pak…

        Sangat disayangkan temen temen disini terlambat mengetahuinya….

        Apakah orang ini sudah dimasukan ke dalam DPO oleh pihak Kepolisian Pak ?

      • Di Malang, Temanggung, dan beberapa tempat sudah masuk DPO setahu saya Pak.

  10. iya benar sekali pak.
    sekitar awal 2012 dia beraksi di medan. dia menguras harta gadis kaya dan menikahinya. yang akhirnya berujung cerai. pandai merayu wanita.
    saya selaku teman akrabnya di medan tak menyangka dan terkejut membaca kenyataan ini. saya juga telah tertipu. dia berbicara mengaitkan ke agama seolah-olah faham betul. dia jago jaringan di bidang IT dan pengguna linux. dan sekarang awal juni dia kabur entah kemana. kasihan sekali nanti itu la di akhirat. tapi iya la. kata dia mamaknya seorang hafidzah. ada jaminan dia.

    • Semoga kelak bisa tertangkap, jika tidak di sini kelak di akhirat.

  11. #awal juni 2014 dia kabur

    • Semoga segera tertangkap.

  12. 4 Juni 2014, melarikan diri dari Medan, menipu komunitas sepeda senilai 400 juta rupiah.

    • Astaghfirullah, seharusnya sudah masuh TV nasional agar mudah ditangkap.

  13. menurut gw klo manusia penipu dibiarkan hidup maka aka
    rgnya tembak mati aja langsung atau tabrak aja ….. karena percuma nunggu2 polisi…..polisi cuma bergerak klo di kasih duit….sama aja gk ada otaknya…..

    • Cuma siapa yang akan mengeksekusinya Kak? Bagaimanapun ini negara hukum, biarlah para penegak hukum yang menilai. Jika urusan di sini belum selesai, kelak di akhirat akan diadili kembali. Semoga suatu saat tertangkap.

  14. Ternyata masih berkeliaran nih orang….

    • Masih memakan korban -_-

  15. Apes, itu mantan bos ane di malang. Buka PT Baru dengan nama pt duta cipta karya yg bergerak dibidang kontraktor. Buka maret 2015 eh abis dpet dp buat proyek kabur buang uang 3M lebih. Proyek nguber2 deh skrng. Semoga cepat mati tu orang, udah bikin susah bnyak orang.

    Di malang pakek nama aufilham Hafiz
    Dengan istri a/n deswita trus pnya istri lgi d cibubur bu kiki yg notabene model.

  16. seriuz???

    • Yang terakhir di Malang kak, bawa uang 3 M kalau gak salah. Ada laporan di FP FB

  17. Demikian lah keadaan kita sebagai manusia sesungguh nya, lemah dan tidak berdaya,,,,,Apalagi ketika penipu sudah bersekutu dengan Jin, dengan sangat mudah nya memperdayai semua orang. Cukup lah Alloh Subhanahu wa Ta’ala sebagai penolong kita, hasbunalloh wa nikmal wakil.

    Mulai Beraksi masuk komunitas Batam (LAGI) Awal pertengahan Oktober 2015
    menghilang dan kabur lagi 31 Januari 2016.

    Entah Berapa kerugian yang di alami oleh sahabat saya.
    Semoga Alloh membalas semua amalan keburukan Dia (SI ILHAM HAFIZ, ngaku nye gitu) dengan balasan yang sempurna, Sungguh Alloh Azza wa jalla sebaik baik pemberi balasan.

    • Semoga lekas tertangkap kak.

      • Jazaakallahu khair Cak Sinyo, semoga Alloh Membalas kebaikan anda dengan kebaikan yang banyak atas di buat nya web ini……update terus perkembangan jejak sang penipu ulung, semoga cepat ketangkap.

      • Aamiin, aamiin, siap kak

  18. Ko mirip suami artis(bs) yg mau cerai ni….

  19. Temen ngaji Ane kena 600jutan Gan. Nyamar jadi ikhwan ngaji. Sudah gak takut neraka sepertinya ni orang!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: