Posted by: sinyoegie | December 11, 2011

Menuju ALINEA, Tak Selalu Sesuai Rencana

Sejak masih SMP, Nyo sudah biasa membuat daftar rencana kegiatan yang akan dilakukan agar menjadi pengingat pribadi sekaligus fokus pada pencapaian yang dituju. Jadwal yang telah disusun seringkali tidak berjalan sukses, Allah menetepakan banyak hal berlainan dengan keinginan Nyo.

Salah satu rencana Nyo yang cukup berantakan adalah hasrat ikut bergabung dengan ALINEA (Akademi Penulis Indonesia) tanggal 17-18 Desember di Yogyakarta. ( lihat link : http://manistebu.wordpress.com/2011/11/20/gabung-di-akademi-penulis-indonesia/ ). Kenapa Nyo ‘ngotot’ ingin bergabung? Karena:

  1. Selama Nyo meniti karier menulis, inilah pelatihan menulis terdekat dengan tempat domisili Nyo (kota Magelang, hanya berjarak 45 km dari Yogyakarta). Kapan lagi ada pelatihan kepenulisan sedekat ini?
  2. Murah ‘pakai banget’. Menurut Nyo, dengan Rp 300.000,- (selama dua hari dari jam 08.00-14.00) maka sama saja si fasilitator (dalam hal ini mas Bambang Trim) berbagi ilmu secara gratis, biaya yang keluar sekedar ongkos transport. Coba hitung secara matematis, Rp 300.000,- dikali 20 orang (jumlah ideal pelatihan massal), maka Nyo dapat memperkirakan berapa ‘uang saku jalan’ mas Bambang. Padahal selaku profesional, beliau biasa mendapat ‘lebih’ banyak dari itu semua. Niat baik ‘mencerahkan’ para penulis pemula ini yang membuat Nyo semakin ‘terkesan’ dengan acara tersebut.
  3. Nyo berharap mendapatkan lebih banyak hal bermanfaat dari seorang Bambang Trim yang sudah ‘buluken’ dalam dunia buku dan penerbitan. Bayangkan saja, hanya memberi masukan ‘sedikit’ tentang buku DWR maka Nyo langsung mampu mengolah DWR menjadi 100% lebih baik, tak lama kemudian diterima di penerbitan major. Sinyo singkat masukan dari mas Bambang Trim dalam kepenulisan menjadi formula ‘3 M’ (Menarik/misteri – menjelaskan/mengeksplorasi – Menyelesaikan/memberi solusi). Ilmu yang didapat mas Bambang puluhan tahun dapat Nyo petik lebih cepat lewat pertemuan langsung (insyaa Allah) dan tulisan-tulisanya yang bermanfaat seperti:

Bagaimana rencana Nyo berantakan? Ya panitia menyarankan agar peserta membawa laptop agar mudah dalam pelaksanaan praktik penulisan metode TRIM, serta menyiapkan naskah-naskah yang siap dikawal menembus penerbit (bukan self publishing). Sinyo segera mengerjakan saran dari paitia, namun Allah menggariskan kejadian lain dari rencana Sinyo hampir 90%:

  1. Laptop Sinyo yang masuk ‘bengkel’ karena gangguan pada layar hingga hari ini belum kelar diperbaiki. Jika mengganti lcd baru habis sekitar 2 juta (>_<), kalau ingin model ‘kanibal’ menunggu ketersediaan lcd yang ‘matching’ dengan biaya sekitar 900-an ribu. Plihan kedua paling masuk akal dengan kantong Sinyo, tetapi kapan selesainya masih belum ada kabar berita. So kalau pekan ini laptop belum juga selesai mungkin Nyo satu-satunya peserta yang bakalan menulis manual, haiya……..tidak apalah.
  2. Lima belas hari, waktu yang Sinyo sediakan untuk menyusun tiga naskah non fiksi (sebagian tulisan-tulisan lama yang masih berantakan) dapat dikatakan ‘gatot’ (gagal total). Bukan karena Nyo malas, tetapi ada kejadian lain yang mampu menggeser rencana semula, antara lain:
  • Bapak Fence (salah satu nara sumber yang akan Nyo bukukan kisah hidupnya) bertemu ibu Dewi Motik dan diminta membuat proposal tentang PKK SMART. Karena hanya Nyo, teman dia yang ‘mampu menulis’ maka berhari-hari habis waktu Nyo untuknya. Mulai dari scan data-data penting, menyimpan foto-foto, browsing mikroba, hingga membuat konsep PKK SMART untuk bu Dewi. Tidak hanya naskah Sinyo yang berantakan, pola tidur juga berubah karena pak Fence dapat mendampingi Sinyo hanya pada malam hari saja. Kemarin Sabtu tgl 10 Desember 2011, Nyo melihat senyum puas  mengembang di bibir pak Fence memandang hasil porposal yang telah selesai, itu semua sudah ‘melunasi’ jerih payah hampir 10 hari berkutat dengan sesuatu yang baru Nyo pelajari termasuk soal mikroba.
  • Mulai Sabtu malam Nyo ingin menulis naskah, 6 hari tersisa tidak apalah untuk satu naskah dan lainnya berupa ide saja. Allahu Akbar, ada sesuatu yang berdenyut-denyut di mata kanan Sinyo, kemudian dilanjutkan dengan gatal-gatal dan merahlah mata, ya Allah, mata ini terkena ‘belekan’. Perih rasanya, Sinyo langsung memproteksi semua hubungan terhadap anak-anak dan keluarga dengan mengisolasi diri agar penyakit ini tidak menyebar. Rasa penasaran melihat gerhana bulan pun lenyap pula karena mata semakian memerah dengan denyutan bertambah kuat. Ah kasihan sohibku dhe Gembul yang hingga larut malam rela menunggu Rembulan Merah untuk diabadikan, salah satu alasannya karena ingin menyenangkan hatiku. (Statusmu bikin ane terharu Mbul T_T, ternyata rembulannya tertutup awan ya? Kekekeke masuk dalam buku DWR hehehehehee).
  • Hari ini, Ahad 11 Desember 2011, Nyo full bed rest mengisolasi diri di kamar sambil setiap jam memberi obat di mata. Dalam istirahat Nyo paham inilah semua yang terbaik dari Allah, setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Bahkan jika besuk tgl 17 dan 18 Desember 2011 Nyo gagal berangkat karena ada urusan lain yang lebih penting, yakin itulah yang terbaik untuk semuanya.

Mumpung sepi tidak ada orang, Nyo membaca status-status teman di FB dan menulis catatan ini. Kacamata hitam dapat kubuka sebentar, lumayan agak ‘cerah’ rasanya. Semoga esok hari, Nyo masih dibolehkan hidup oleh Allah SWT untuk menorehkan naskah-naskah yang bermanfaat untuk sesama, aamiin ya Allah.

Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakkal.” (QS Al-Taubah : 51)

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS Al-Baqarah : 216)

Nyo, Magelang 11 Desember 2011 (Segera kupakai kacamata lagi, biar mirip pahlawan “The Matrix” halah…, buat Gembul salut lo nungguin si “Srigala Merah’ hingga dini hari. Itu sudah membuat mas senang dan bangga ^_^)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: