Posted by: sinyoegie | December 21, 2011

Sekilas ALINEA Batch I

Jumat malam, 16 Desember 2011 Sinyo batal pergi ke Yogya karena mata masih sakit ditambah istri ingin berlibur pulkam dengan anak-anak. Sinyo minta mereka istirahat lebih awal dan minum vitamin agar sehat dalam perjalanan besuk hari. Nyo masih bertahan hingga jam 00.00 mem-packing oleh-oleh serta tas perlengkapan istri dan anak. Sebenarnya Nyo ragu-ragu apakah sanggup datang dalam acara Book Writing Revolution hari Sabtu tgl 17 Desember di Yogyakarta, mata masih perih, pedih serta berair terus-menerus. Berdoa semoga mata ini lekas sembuh.

Sabtu pagi hari, setelah sholat Nyo masih meragu apakah mampu mengikuti training dari ALINEA, ah pokoknya semangat, biarlah yang penting berangkat dahulu sampai di Yogya. Selama sepekan Nyo tidak dapat mencium putra-putri tersayang, apalagi istri hadeuh…T_T, padahal harus berangkat mendahului mereka karena acara ALINEA jam 08.00 WIB. Sedih pasti berpisah tanpa dapat mengungkapkan rasa ‘sayang’, semoga ilmu yang akan Nyo dapatkan kelak bermanfaat untuk mereka juga, aamiin. Berdoa semoga mereka akan baik-baik saja di perjalanan menuju Nganjuk Jatim.

Alhamdulillah, walau harus mengusap mata berkali-kali dengan tissu sampai juga di tempat dengan selamat. Awalnya sebagian peserta mengira Sinyo ‘sok gaya’ dalam ruangan memakai kaca mata hitam segala, tetapi setelah tahu sakit mata mereka cuma tertawa cekikikan halah….Alhamdulillah lancar dapat banyak ilmu. Satu penginapan dengan orang-orang luar biasa, termasuk mas Bambang Trim. Nah supaya tidak penasaran apa itu ALINEA, ini dia ulasannya.

ALINEA

Dibentuk oleh mas Bambang Trim (praktisi Perbukuan) dan mas Heri (motivator) untuk menjaring penulis-penulis yang mempunyai karakter tersendiri. Dibekali dengan kemampuan komplet tentang dunia perbukuan (mulai dari skill menulis, editing, publishing hingga pernak-pernik ‘rahasia’ dalam dunia perbukuan secara global).

Setiap peserta diberi kesempatan, kebebasan dan ekspresi yag sama untuk didampingi secara total oleh mas Bambang Trim guna mewujudkan ‘cita-cita’ menuliskan buku yang sudah ada dalam diri setiap insan. Mulai dari orang yang ‘buta’ sama sekali sampai beberapa peserta yang sudah semi-pro dalam tulis-menulis, mereka  dilayani dengan ramah serta sabar. Tujuannya agar semakin banyak orang gemar menulis untuk dijadikan buku (dalam berbagai bentuk media) sehingga budaya membaca akan meningkat di negeri ini.

Keberhasilan setiap peserta ditentukan oleh niat, kemauan dan kemampuan yang dimiliki, sehingga ‘effort’ sangat berpengaruh apakah seorang peserta ALINEA akan berhasil nantinya.

Sang Manajer

Mas Bambang Trim termasuk salah satu makhluk langka dalam dunia perbukuan di Indonesia, mungkin 100 tahun sekali baru muncul orang-orang seperti ini. Coba Anda bayangkan, mas Bambang tidak hanya berkecimpung dalam menulis buku non-fiksi, fiksi, berbagai artikel, namun juga seorang editor profesional, mantan manajer berbagai penerbitan, wirausaha, trainer dan sekaligus motivator. Sudah mengorbitkan beberapa penulis terkenal, salah satunya bapak Parlindungan Marpaung dengan buku Setengah Isi Setengah Kosong (selanjutnya Sinyo hihihiiiiii @_@).

Dia yakin dan percaya bahwa pada diri setiap orang terdapat ‘buku-buku unik’ yang dapat dikembangkan secara maksimal, jika yang bersangkutan memang ingin mengeksplorasinya. Melalui ALINEA, mas Bambang berbagi ilmu dasar perbukuan agar banyak orang semangat menulis hal bermanfaat. Dengan ilmu yang sama akan memudahkannya mencarikan jalan para penulis bertemu penerbit yang cocok. Kalau ingat Ahmad Dhani, nah semacam itulah dalam dunia artis (kalau mas Bambang Ahmad Dhani, terus Sinyo siapa donk…? Masak Briptu Norman, hadeuh……*_* )

Batch I

Angkatan pertama ALINEA sudah dilepas pada hari Ahad tgl 18 Desember 2012 dengan membawa asa masing-masing di dada. Nyo tidak mau ‘hawa murni’ yang sudah ditularkan oleh mas Bambang hilang lenyap tak berbekas karena alasan ‘kesibukan’ bisnis.

Walau mata masih ‘sakit’ Nyo segera bertindak cepat membuat jadwal penulisan naskah sesuai dengan kemampuan yang Nyo miliki. Semoga dengan terus berkarya lewat tulisan akan membuat ‘mikroba positif’ dari mas Bambang berkembang biak dengan cepat serta bertahan lama, berevolusi menjadi mikroba baru yang lebih bermanfaat. Mau tahu naskah yang sudah dan akan Nyo susun?

  1. November 2011 : naskah Muslim Homoseksual? (terbit di TS, bulan Januari 2012) – penelitian 3 tahun
  2. Desember 2011 : naskah Internet Mencetak Penipu? (sudah 80%) – penelitian 8 tahun
  3. Januari 2012 : naskah Dari Tanah, oleh Tanah, demi Tanah (sudah 40%) – biografi-wawancara
  4. Februari 2012 : naskah Meniti Karier Kepenulisan via Internet – tips dan trik-pengalaman pribadi
  5. Maret 2012 : naskah novel based on true story Kau Tetap Pemimpinku – nara sumber asli buku MH
  6. April 2012 : naskah novel based on true story Aku Bukan Lesbi – nara sumber asli buku MH
  7. Mei 2012 : naskah buku based on true story Rahasia – kisah hidup Sinyo (korban pelecahan seksual)
  8. Juni 2012 : naskah Pilih Karyawan atau Pengusaha? – tips dan trik- pengalaman pribadi

Insyaa Allah sambil menggali ide-ide lainnya nanti😉. Enak kan, Nyo tinggal menulis sebaik-baiknya sesuai dengan dasar ilmu dari mas Bambang Trim, serahkan padanya dan terbitlah, aamiin🙂. Eits buat MoU dulu ya, masak mas Bambang tidak dikasih apa-apa kekekekeke…kasihan kan?

Nah, denger-denger kemarin akan ada ALINEA batch II, III, IV dan seterusnya hm….siapa saja neh yang bakal jadi adik kelas Sinyo hehehehe ^_^.

Ingat, masih ada program kepenulisan lain untuk dapat menjadi penulis yang berkarakter, ALINEA hanyalah salah satu contoh saja. Nyo tidak sedang mengajak Anda ikut ALINEA, hanya menjelaskan siapa tahu tertarik dimanajeri oleh mas Bambang Trim. Pesan Sinyo, siapa saja manajer Anda (bahkan jika ingin dimanajeri oleh diri sendiri), masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Hanya memang Nyo berjodoh dengan mas Bambang Trim, seperti yang dikatakannya waktu menemukan Sinyo (emang anak hilang pow…kekekekeke).

Semoga bermanfaat, mari maju bersama😉

Magelang, 21 Desember 2011, menjelang hari Ibu, semoga para Ibu diberkahi selalu, aamiin🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: