Posted by: sinyoegie | January 4, 2012

Mengetuk Hati Alumni Spenaga Magelang

Jika Anda lulusan Spenaga (SMPN 3) Magelang sekitar tahun 80 sampai 90 – an pasti ingat dengan guru PSPB (pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa) bapak Andreas Jamal. Tubuhnya tidak terlalu tinggi, badan sedang dengan senyuman khas ala ‘Mr. Bean’. Setahu Nyo, pak Jamal adalah guru yang tidak pernah marah atau sewot, kalau beliau sedang tidak nyaman di hati paling ‘banter’ hanya menunjukkan muka masam.

Tidak sedikit dari kita yang kadang mengolok-olok pak jamal walau bercanda, baik tentang pelajaran yang diampu atau kondisi fisiknya. Waktu berlalu sedemikian cepat, tak terasa sebagian dari kita sudah menjadi ‘orang’. Banyak yang sukses, tidak kurang yang ‘the have’ meskipun sebagian besar teman-teman masih berjuang hanya sekedar untuk bertahan hidup.

Coba Anda perhatikan apa saja yang masuk dalam perut Anda sekeluarga dari pagi kemarin sampai hari ini? Kemudian tengok kondisi bapak Jamal, guru kita yang dulu jenaka. Sudah 4 tahun beliau berjuang hidup susah lagi payah karena terkena stroke, kondisi ekonomi dan rumahnya sungguh memprihatinkan. Kita tidak akan pernah terbayang, bapak Jamal yang dulu ceria sekarang begitu kurus dengan keadaan rumah gelap-gulita (kemungkinan listrik kena segel PLN, karena belum tunggakan pembayaran).

Anda tentu akan merasa ‘enggan’ menyentuh hidangan istimewa makan siang hari ini, jika mengetahui bahwa guna bertahan hidup, istri pak Jamal sampai harus melakukan hal yang melanggar hukum (maaf tidak dapat Nyo ceritakan di sini) sehingga sempat kena bui. Mungkin ribuan mantan siswa beliau, boleh jadi hanya 10% saja yang sukses secara materi (Nyo yakin lebih dari 10%), semoga dengan membaca note Sinyo ini terketuk hatinya untuk meringankan beban pak Jamal dan keluarga.

Alumni Spenaga angkatan 90 dikoordinir oleh saudara Budi Supriyanto (08562933315) terakhir kelas IIIA, atau jika Anda bukan alumni Spenaga angkatan 90 namun ingin membantu pak Jamal dapat mengirim tali kasih ke:

  • Agung Sugiarto, BCA Magelang No 1220720388
  • Setelah itu mohon SMS ke no Agung/Sinyo : 085727686015 (format: Nama_jumlah_D4MRJAMAL)

Lebih baik kalau setiap angkatan mempunyai perwakilan untuk datang langsung ke rumah beliau. Kami hanya berdoa semoga bantuan Anda mendapatkan balasan yang berlipat dari Allah SWT, semoga bermanfaat dunia akhirat, aamiin.(Mohon tag-in di alumnus Spenaga angkatan lain, terima kasih).

Nyo, Magelang 04 Januari 2012 (Kita tak hidup sendiri)

Catatan : ini kunjungan pertama alumni Spenaga angkatan 90 ke rumah bapak Jamal serta pic lama saat masih aktif mengajar.


Responses

  1. http://www.facebook.com/pages/Pengikat-Dari-Masa-Ke-Masa-Smp-N-3-Mgl/394639590573280?sk=info

  2. Speechless Om….Ada berita terbaru…mungkin momen mudik pada mau anjangsana ke rumah beliau lagi…?

    • Saya sudah lama tidak dengar kabar beliau, coba mas hubungi di alumni SMPN3 Magelang (Facebook), mohon maaf dan semoga membantu🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: