Posted by: sinyoegie | August 29, 2012

Kejutan Si Ahza

Tentu kita shock, saat mengetahui teman-teman yang dipercayai telah berkhianat. Hati menjadi panas ketika seseorang menghina diri kita secara habis-habisan. Air mata berlinang kala orang yang kita cintai berpulang. Kata orang ‘celaka dua belas’ apabila suatu hari salah satu dari kita jatuh cinta kepada teman akrab, padahal sudah berumah tangga. Astaghfirullah.

Namun, kita tersenyum waktu mendapat hadiah megah dari bos besar. Seakan dunia ini hanya milik kita takala cinta menghampiri dari orang terkasih. Luar biasa gembira jika ternyata Allah memberi seorang sahabat yang lebih baik dari 1.000 teman biasa. Alhamdulillah.

Semua kejutan tersebut hanyalah ujian dari Allah, apakah kita termasuk orang bertakwa? Resepnya hanya dua, sabar dikala kejutan itu membawa kesedihan dan bersyukur apabila ujian yang hadir membuat bahagia.

Ahza, putra sulung dari Sinyo berumur 5 tahun, bulan Ramadhan kemarin membuat kejutan yang istimewa buat keluarga kami. Awalnya Sinyo sendiri ‘tidak percaya’, tetapi fakta telah berbicara.

Ahza kami besarkan dengan pola hidup sederhana, tidak ada kemewahan karena pendapatan keluarga memang ‘pas-pasan’. Meski serba terbatas, Alhamdulillah sejak umur 2 tahun Ahza dapat sekolah di PAUD IT hingga sekarang. Umur 3 tahun telah banyak mengenal dunia teknologi dan bisnis kecil-kecilan karena memang usaha Sinyo di bidang itu. Harapan kami, kelak dia siap baik secara iman dan teknologi menghadapi tantangan hidup.

Ramadhan tahun lalu, kami ajarkan Ahza berpuasa. Alhamdulillah mendapatkan 3 hari sampai adzan Maghrib, seharusnya 4 tetapi lima menit menjelang adzan dia tergoda makanan yang disiapkan di atas meja. Bulan puasa tahun ini, ekspektasi kami tidak muluk-muluk terhadap Ahza, minimal belajar puasa saja dulu sampai adzan Dzuhur.

Hari pertama Ahza menyerah karena kehausan pada siang hari. Puasa kedua, Alhamdulillah sampai adzan Maghrib dengan hadiah makanan kesukaannya. Hari ketiga, Ahza tidak ikut sahur tetapi bersikeras tidak makan dan minum hingga Maghrib, kami jelaskan pelan-pelan aturan tentang puasa umat Islam dan dia mulai paham. Hari keempat, Alhamdulillah lancar sampai Maghrib dengan hadiah es cream. Hari-hari selanjutnya Ahza puasa Ramadhan hingga Maghrib tanpa meminta hadiah, ya kegembiraan terbesarnya adalah saat berbuka puasa. Sinyo sebenarnya tidak tega, tetapi apa mau dikata itu keinginan dia sendiri. Tercatat dua hari kami larang dia puasa karena pulang mudik dan sakit pilek, total 4 hari luput puasa.

Kejutan Ahza tidak hanya sampai itu, dia yang awalnya hanya ikut sholat Maghrib ke masjid sejak pertengahan Ramadhan mulai ikut pada sholat-sholat lainnya. Memang di masjid kadang sholatnya masih acak kadul, tetapi keinginan hatinya menuju masjid menggembirakan hati kami. Kadang Sinyo tutupi dirinya dengan sarung agar tidak tersengat panas terik matahari, namun dia tidak mau sambil tertawa riang gembira berlarian di jalanan.

Allah Maha Adil, dikala ujian krisis financial yang sedang kami hadapi menerpa satu tahun ini, Dia mendatangkan hiburan berupa anak-anak yang saleh dan sahabat terbaik dalam hidup.

Dear Ahza dan Kayyisah, Abi dan Umi belum dapat membesarkan kalian dengan ekonomi yang serba kecukupan, yang kami mampu saat ini hanyalah menunjukkan jalan takwa dengan cinta. Muach.

Nyo, Magelang 29 Agustus 2012. Apa kejutanmu hari ini? (Pemanasan akhir tahun ^_^)


Responses

  1. insya Alloh mas ahza dan dek kayyisah akan tumbuh menjadi insan yang bertaqwa dan ‘pandai’ dalam kehidupannya nanti. ujian semoga menjadi tempaaan yang menghasilkan hikmah luar biasa dari Alloh subhana wa ta’ala.

    #suara hati penggemar ahza.net dan keluarga.. ^^)

    • Aamiin ya Allah, aamiin, semoga dibalas dengan kebaikan yang lebih banyak ya Allah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: