Posted by: sinyoegie | November 25, 2012

Gadis Nekat (Based on True Story)

Foto: hasil karya Eyang Soga Soegiarto

Di luar gerimis masih setia membasahi bumi, kopi sudah habis. Kuambil tas untuk segera beranjak pergi, ah..ada SMS. Mbak terima kasih, insya Allah pinjaman modal akan saya kembalikan Januari, bibir tersenyum membaca pesan dari kawan. Semoga sedikit bantuan itu dapat meringankannya dari kesulitan, kubuka pintu cafe tercium aroma khas musim hujan. Saat hendak mengambil payung kulihat gerombolan kecil gadis menyeberang jalan menuju mall ini. Wajah mereka tampak ceria dan bersemangat membangkitkan kenangan manis itu.

Empat tahun lalu, seorang gadis desa dari Jawa timur nekat datang ke Jakarta demi kerja. Ya, aku membohongi Ibu seakan sudah mendapat pekerjaan di kota Metropolitan. Padahal sama sekali diri ini buta akan ibu kota, jangankan pekerjaan, uang di saku hanya cukup untuk hidup satu pekan. Di otakku hanya satu, setelah lulus sekolah jangan sampai merepotkan orangtua.

Datang pertama kali di terminal aku bingung tetapi tidak takut, manusia punya usaha dan aku pasti bisa. Kubeli koran dan mencari sudut sepi mushola terminal. Setelah sholat mata mulai menyasar lowongan pekerjaan, jadi pembantu rumah tangga tidak menjadi soal yang penting halal. Ada tiga kesempatan yang sesuai dengan syarat yang kupunya, tapi..tempatnya aku sendiri masih tidak tahu. Selain itu, tidak mungkin melakukan wawancara sambil menenteng tas besar berisi keperluan satu minggu.

Otak berputar cepat, Alhamdulilah ada wartel di terminal. Kutelpon salah satu tempat yang membuka lowongan pekerjaan, deal, harus datang sendiri sambil membawa data pribadi nanti siang jam 12.00 WIB, rute menuju tempat juga kudapatkan. Mandi? Tidak mungkin di mushola ini, kubuka buku notes siapa tahu ada kenalan di Jakarta. Kuhubungi salah satu kawan lama, ternyata aku bisa menumpang sebentar di tempat kostnya.

Aku tidak banyak bercerita kepada teman soal kedatanganku, dia sudah memberikan sedikit tempat merupakan berkah tersendiri, jangan menjadi beban baginya. Tidak sempat istirahat aku bergegas menuju lokasi, ternyata ruwet dan susah harus tanya berkali-kali kepada orang. Sampai di tempat aku terlambat, kantor sudah tutup. Si pemilik, sorang ibu yang cantik, hendak keluar menutup pintu. Melihat kesungguhanku beliau menelpon anaknya yang ada di kantor cabang, di sana buka sampai sore dan aku diminta meluncur ke kantor yang lagi-lagi tidak mudah ditempuh.

Alhamdulillah, sampai di tempat sudah ada 6 orang calon pelamar pekerjaan. Kita dipanggil satu per satu sesuai urutan datang, tiba giliran diri ini ingat Ibu, rasanya ingin menangis tetapi segera kuteguhkan diri agar lancar semuanya. Semua sudah pulang, tinggal aku sendiri karena belum mempunyai ponsel. Mau atau tidak harus menunggu keputusan sore itu juga, hari menjelang gelap entah bisikan dari mana yang menjadikanku nekat masuk ke dalam ruangan wawancara untuk menanyakan apakah diterima atau tidak.

Maafkan aku Bu, telah berbohong tetapi niatku hanya satu demi kebahagian Ibu. Pasti karena doa Ibu aku akhirnya diterima bekerja langsung saat tiba di Jakarta. Sekarang karierku cukup mapan di salah satu agensi BS dan HN terkenal sekaligus tertua di Jakarta. Alhamdulillah wa syukurillah, doa Ibu selalu menyertai perjalanan ini hingga dimudahkan segalanya.

Kadangkala hidup ini perlu sedikit ‘nekat’ guna mengambil kesempatan halal ^_^

Nyo, November selalu kelam selamanya, 2012. (Salam buat narasumber di jakarta sana, semangat ya)


Responses

  1. Ngebaca tulisan yang ini…….. pingin aku share ke seluruh dunia. #Huuk. batuk-batuk kecil.

    • Akan saya buat versi novelnya, semoga tahun ini kebagian waktunya ^_^ , aamiin🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: