Posted by: sinyoegie | September 5, 2013

Aku Pernah Durhaka (Coming Soon)

01-eyang-soga-001

Foto hasil karya Eyang Soga Soegiarto

 

Naskah Non Fiksi

Sebenarnya Nyo lebih berbakat menulis fiksi, namun waktu mengawali kegemaran menulis masih bimbang tentang hukum menulis fiksi maka diputuskanlah fokus pada naskah non fiksi. Secara otodidak Nyo belajar menulis lewat Internet, tidak perlu pakai teori langsung praktik saja modal tampang doank. Lewat forum di berbagai website, Nyo uji nyali dengan membuat tulisan berdasarkan izin dari moderator atau sang empunya. Dari sinilah tulisan-tulisan Nyo mulai dikenal, bahkan salah satu majalah ternama terbitan Gramedia tertarik hingga menjadikan saya sebagai kontributor utama.

Selama 3 tahun bosan menulis di majalah, Nyo memutuskan hengkang dan memulai karier menulis secara profesional. Alhamdulillah pesanan mulai datang satu per satu walau skala kecil.

 

Pada Ahlinya

Sejak tahun 2010, terbit buku dari tangan Sinyo per tahun, mulai dari yang duet sampai yang model indie. Tetapi terus terang Nyo belum puas jika tidak belajar secara formal pada ahlinya, maka dengan tekat bulat lagi nekat Nyo ikut kelas penulisan salah satu master non fiksi, mas Bambang Trim. Bahkan saya rela menginap di kantor beliau selama satu bulan demi menuntut ilmu secara langsung, eh kok malah Sinyo dibayar wkekekeke ^_^ .

Hasil didikan sang maestro tidak tanggung-tanggung, hasilnya 2 buah buku non fiksi terbit khusus pendidikan agama Islam, Alhamdulillah.

 

Aku Bukan Ustaz

Pengembangan ide-ide naskah non fiksi Nyo arahkan ke dunia Islam. Memang saya bukan ustaz agama Islam, tetapi nilai-nilai Islami sudah ditanamkan dan dipraktikkan sehari-hari. Kenyataan menjalani hidup inilah yang Nyo bagikan kepada khalayak, bahwa menjalani Islam tidaklah akan sia-sia, bahkan penuh suka cita. Biar kata dulu sering diolok-olok teman karena tidak merokok, ogah pacaran, anti mencontek dan hal positif lainnya, hikmahnya sekarang baru terbuka. Nyo dapat mengajak orang berbuat baik karena telah melakukannya secara langsung.

Alhamdulillah, kegemaran membaca ratusan buku Islami dan mengaji di lingkungan Salafy, Muhammadiyah, NU, Persis (campur-campur ya kekeke) menguatkan Nyo dalam mengambil dali-dalil dalam tulisan.

 

Aku Pernah Durhaka

Aku Pernah Durhaka adalah salah satu naskah Sinyo yang akan segera terbit di BIP (Gramedia Grup). Berisi tentang bagaimana menyiapkan dan mendidik diri sendiri agar kelak jangan sampai anak kita durhaka. Kenapa Nyo berani menulis ini? Karena saya pernah durhaka kepada kedua orang tua, Nyo juga mengajak dik Sayfie Alby sebagai penulis kedua karena kisah hidupnya mirip dengan Nyo. Semua sudah saya praktikkan kepada buah hati Nyo dan Alhamdulillah hasilnya sesuai doa serta harapan saya dan istri dalam koridor Islam.

Naskah ini pernah mendapat masukan dari salah satu editor terkenal di penerbit besar dan penulis senior kami mbak Irma Irawati, mereka berdua bilang ‘keren’. Semoga memang begitu adanya🙂 , aamiin. Mohon doanya agar proses terbit lancar dan menjadi ‘best seller’ ^_^.

 

Tak Berhenti Sampai Mati

Kini naskah-naskah non fiksi Sinyo yang lain sedang dalam proses pengerjaan. Ada naskah dengan judul Generasi Muslim Penipu, Nasihat Bapak Rumah Tangga, Karier Menulis via Internet dan Nasihat Dunia Abu-abu, semua Nyo harapkan akan terbit pula.

Tidak lupa Nyo aktif belajar menulis fiksi (novel) anak kepada master Ary Nilandari pada bulan September 2013. Pokoknya, yang Nyo pahami dari berbagai sumber, kalau menulis fiksi jangan mengatasnamakan kejadian ‘fiktif’ adalah takdir Allah, karena itu sama saja berbohong atas nama-Nya atau Rasulullah, itulah yang dilarang. Selebihnya naskah fiksi seperti hal keduniaan lainnya, boleh asal tidak melalaikan.

Semoga Nyo terus dimampukan belajar menulis dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi umat hingga maut menjemput, aamiin.

Thx to : Adik Alby, mbak Irma Irawati, mas Bambang Trim🙂

Nyo, Kota Magelang 05 September 2013


Responses

  1. Subhanalloh,barakallohu fikk semoga semua yg dik Ogik lakukan tercatat sbg mujahadah fillah,tercatat sbg amal sholih yg terus mengalir pahalanya aamiin x3, wih penasaran dik hasilnya, blum tau bukunya aja aq siapp mjd marketing buku n seminar terkait materi dlm buku,اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ تعالى🙂

    • Aamiin ya Allah. Ditunggu ya mbak Maya🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: