Posted by: sinyoegie | November 19, 2013

Mbak Sri dan Buku Barunya

Ibu Rumah Tangga & Penulis

Sinyo dan Mbak Sri Widiyastuti berkenalan di Komunitas Penulis-Bacaan Anak, beliau sudah merintis karier menulis di bidang fiksi anak-anak sejak tahun 2011. Beberapa buah karyanya sudah diterbitkan baik dalam bentuk antologi, duet atau solo.

Pasti banyak orang tidak akan percaya jika mengetahui bahwa selain seorang penulis, Mbak Sri adalah seorang ibu rumah tangga dengan lima buah hati. Bagaimana akan percaya jika aktifitas Mbak Sri, selain kepentingan rumah tangga, banyak sekali melebihi seorang yang belum menikah. Bahkan Sinyo mengira masih mahasiswi🙂

Beberapa contoh kesibukan beliau yaitu aktif di Ibu-ibu Doyan Nulis, Forum Lingkar Pena Malaysia, Mizan Dian Semesta, Penulis-Bacaan Anak dan lainnya. Semua dilakukan Mbak Sri sambil ‘mengasuh’ lima putra-putrinya yang masih dalam masa pertumbuhan. Bukan hanya itu, Mbak Sri juga melayani kebutuhan suami yang bertugas sebagai dosen di negeri Malaysia (Johor). Nah…dapat Anda bayangkan betapa ‘super’ kemampuan emak kita yang satu ini dalam membagi waktu.

Kemampuan menulis Mbak Sri semakin terasah, terbukti dengan meluncurnya beberapa buku baru pada tahun 2013. Bahkan kemarin ‘membisiki’ Sinyo mulai merambah naskah non-fiksi, benar-benar patut diancungi jempol dah🙂

pic-mbak-sri

Mbak Sri & Keluarga

Anak Muslim Cerdas

Nah, beberapa waktu yang lalu Sinyo mendapatkan salah satu buku terbaru Mbak Sri berjudul Anak Muslim Cerdas, duet dengan Mbak Nelfi. Buku terbitan Mizan ini jangan ditanya soal covernya yang keren, sangat menarik minat pembaca terutama anak-anak.

Buku berisi 30 cerpen pilihan kedua penulis untuk mengenalkan ayat-ayat Al-Qur’an kepada para pembaca-anak-anak. Urusan desain gambar pada setiap kisah Nyo agak kecewa karena ilustratornya hanya mendesain satu model ‘tema’ saja yaitu klasik. Padahal di cover depan tampak ‘cool’, akan lebih baik jika setiap kisah diberi model ‘tema’ pic yang berbeda sehingga pembaca bakal memasuki dunia yang ‘penuh warna’ pada setiap cerita.

Isi cerita rata-rata mempunyai tema ‘detektif cilik’ agar anak-anak terbiasa berpikir sebelum bertindak. Sebagian besar menarik, hanya saja kedepan kedua penulis perlu mempertimbangkan kedalaman tulisan jika berkenaan dengan sesuatu yang belum diketahui secara pasti.

Nyo beri contoh untuk cerita Bendungan Misterius (halaman 16) dengan tema hewan berang-berang. Penulis belum memahami bahwa berang-berang yang ada di Indonesia bukanlah berang-berang yang membangun bendungan. Orang Indonesia salah kaprah karena sebenarnya hewat tersebut berbeda dengan sebutan ‘berang-berang’ di Amerika dan Eropa.

Adalah Otter (orang Indonesia sering menyebut berang-berang) merupakan hewat semi-aquatik. Meskipun merupakan mamalia tetapi Otter berbeda jauh dengan Beaver (diterjemahkan juga dengan berang-berang walaupun sebenarnya kurang tepat, yang merupakan hewan pengerat) pada tingkat Ordo. Beaver tidak hidup di Indonesia, lebih banyak di kawasan Amerika dan Eropa. Sedangkat Otter dijumpai diseluruh dunia kecuali Australia.

Otter yang dikisahkan dalam cerita pendek di atas tidak membangun bendungan tetapi rumahnya di dalam lubang-lubang. Bentuknya memang mirip dengan Beaver (yang membangun bendungan untuk membuat sarang) tetapi secara keseluruhan sangat berbeda.

Terlepas deri beberapa kekurangan yang ada, buku ini sangat bagus untuk anak-anak yang sudah fokus dalam membaca dengan pengetahuan cukup (sekitar kelas IV SD ke atas). Nyo memberi nilai 8 untuk buku ini dari 10 poin. Sangat baik dijadikan bahan cerita pengantar tidur sambil mengenalkan ayat-ayat Al-Qur’an.

buku-sri

Nyo, Kota Magelang, 19 Novermber 2013


Responses

  1. Mas Sinyo, makasih sudah meresensi buku saya dan mbak Nelfi, alhamdulillah lewat resensi ini, saya jadi tahu kelemahan dalam menulis sebuah fakta, moga ke depannya kami bisa menulis lebih baik lagi .. lagi dan lagi🙂

    Oiya, terima kasih juga sudah memberikan nilai untuk buku kami. Ehmm … nilai 8 bukan karena nilai pertemanan kan ya heuheu

    Btw, makasih banyak ya mas ^_^

    • Ditunggu buku-buku selanjutnya Mbak🙂 , maju bersama ^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: