Posted by: sinyoegie | January 9, 2014

Generasi Penipu – Buku Terbaru Sinyo

generasi penipu_cover final-01

Saat ini sebagian masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, semakin “melek” teknologi Internet karena dorongan dari para penggiat Internet (baik itu institusi resmi maupun bukan). Berbagai program pengenalan teknologi seperti “Internet Masuk Desa” atau yang lainnya banyak diadakan. Sayangnya, jumlah warga yang buta atau minim pengetahuan tentang Internet jauh lebih banyak, terutama orangtua atau masyarakat yang enggan mengenal Internet dikarenakan beberapa alasan utama, misalnya:

1. Masalah umur yang tidak muda lagi untuk belajar Internet. Jangankan mengenal Internet, sekadar menggeser kursor mouse pada komputer saja belum tentu bisa.

2. Pandangan sepihak dan tidak berimbang tentang Internet sebagai salah satu penyebab kemalasan anak-anak. Contohnya pornografi dan permainan (game) yang melalaikan waktu.

3. Minimnya akses Internet yang murah, mudah, serta informatif bagi orangtua.
Ketidaktahuan sebagian besar masyarakat akan teknologi Internet sering disalahgunakan anak-anak dan remaja untuk kegiatan yang melanggar peraturan. Berdasarkan pengalaman penulis yang telah menjadi praktisi di dunia Internet sejak tahun 2003, penipuan di kalangan anak-anak dan remaja semakin bertambah banyak. Bahkan penulis kenal serta ikut “mengejar” orang yang benar-benar mengandalkan Internet untuk menipu banyak orang hingga menimbulkan kerugian miliaran rupiah. Karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, otomatis banyak bermunculan penipu-penipu baru di kalangan kaum muslim.
Jika keadaan tersebut dibiarkan secara terus-menerus, maka tanpa kita sadari akan terbentuk generasi muslim penipu akibat teknologi Internet. Betapa mengerikan dampaknya jika kejujuran sudah tidak dikedepankan sehingga kebohongan menjadi ciri khas sebuah bangsa. Bayangkan puluhan tahun ke depan negara kita dipimpin oleh generasi yang sudah biasa menipu atau berbohong, apa jadinya?
Prihatin akan keadaan itu, maka penulis menyusun buku ini guna menambah wawasan tentang dunia Internet dari sudut berimbang bagi orangtua muslim sekaligus mencegah putra-putrinya menjadi generasi penipu. Buku ini pun dilengkapi dengan dalil dari Al-Qur’an dan hadits sebagai penguat bahaya ketidakjujuran.

Buku ini dibuat sebagai pendorong agar orangtua atau setiap individu yang peduli akan “kesehatan mental” generasi muda muslim mau berperan aktif membimbing mereka dalam memanfaatkan Internet dengan tujuan yang baik.

Semoga buku ini berguna terhadap masyarakat agar generasi muda penerus bangsa ini terbiasa hidup secara jujur serta memperhatikan norma Islam lewat pemanfaatan teknologi dengan tepat dan benar. Teknologi bersifat netral, baik atau buruk tergantung dari orang yang menggunakannya.

Nyo

Agustus 2013

Beredar Minggu/Ahad tgl 12 Januari 2014
> Penerbit Qibla (Lini buku Islam Bhuana Ilmu Populer)
> Ukuran: 13 x 19 cm
> Halaman: xii+80 hlm (total 92 halaman)
> Bookpaper, hitam putih
> Softcover
> Rp 27.000,- (discount 15% di gramediaonline.com)
generasi penipu_cover final

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: